... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Benarkah Turki Suap AS agar Mengekstradisi Dalang Kudeta?

Foto: Fetullah Gulen, pemimpin organisasi oposisi Turki, FETO.

KIBLAT.NET, Ankara – Turki menolak disebut telah menawarkan jutaan dolar kepada Amerika Serikat untuk mengekstradisi Fethullah Gulen yang disebut sebagai dalang di balik kudete tahun lalu.

Sebelumnya media AS melaporkan bahwa para penyelidik di Washington sedang menyelidiki, apakah penasihat keamanan nasional Gedung Putih Michael Flynn berencana “mengusir” Fethullah Gulen dengan imbalan secara rahasia.

Ankara sendiri telah meminta AS untuk mengekstradisi Gulen setelah peristiwa kudeta yang gagal 15 Juli 2016. Gulen, yang memiliki pengikut besar di Turki membantah tuduhan tersebut.

“Semua tuduhan bahwa Turki akan menggunakan undang-undang di luar peraturan undang-undang karena ekstradisinya benar-benar salah, menggelikan dan tidak berdasar,” kata kedutaan Turki di Washington di Twitter Sabtu (11/11/2017).

NBC News dan Wall Street Journal mengatakan pada hari Jumat bahwa jaksa khusus AS Robert Mueller sedang memeriksa sebuah pertemuan yang dilakukan Flynn dengan pejabat senior Turki beberapa minggu setelah Donald Trump memenangkan pemilihan presiden tahun lalu.

Pertemuan tersebut diduga membahas pembayaran rahasia yang mencapai $ 15 juta, dengan jaminan Flynn akan merancang sebuah deportasi Gulen ke Turki dan juga membantu membebaskan pengusaha Turki Reza Zarrab dari penjara.

NBC dan WSJ mengutip beberapa orang yang mengetahui penyelidikan Mueller, terkait apakah anggota kampanye Trump berkolusi dengan campur tangan Rusia dalam pemilihan.

WSJ mengatakan bahwa tidak jelas sejauh mana proposal tersebut diajukan dan tidak ada tanda-tanda bahwa pembayaran dilakukan. Sementara itu, Pengacara Flynn telah menyebut tuduhan itu “keterlaluan” dan “salah”.

Pengusaha Turki Ekim Alptekin juga menolak tuduhan itu, dan menggambarkan klaim tersebut “dibuat” seolah dikeluarkan Media Anadolu yang dikelola negara. WSJ menyebut Alptekin lah yang mengadakan pertemuan antara perwakilan Flynn dan Turki pada 2016.

“Turki dan kemungkinan hubungan bilateral dengan AS – dan tidak ada yang ilegal – dibahas dalam pertemuan tersebut,” kata Alptekin, yang juga ketua Dewan Bisnis Turki-AS.

“Satu-satunya tujuan untuk memberikan tuduhan palsu ini adalah untuk merusak reputasi Turki. Saya menyesal melihat beberapa media yang dihormati mengkreditkan kebohongan ini – tidak diragukan lagi, kebenaran akan keluar dan mempermalukan orang-orang yang mempromosikan kebohongan ini,” imbuhnya.

Menurut dua laporan tersebut, diskusi tersebut mencakup rincian bagaimana Gulen dapat diterbangkan secara diam-diam oleh jet pribadi ke pulau penjara Turki Imrali yang terisolasi, tempat tahanan Abdullah Ocalan, pemimpin Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.

Sumber: Middle East Eye
Redaktur: Ibas Fuadi

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Tabligh Akbar Garut: Persatuan yang Dirindukan

Persatuan, sebuah kata yang sangat dirindukan setiap umat Islam. Kata ini memang mudah diucapkan, tapi sulit untuk dilaksanakan. Perlu ada rasa saling memahami, yang untuk mencapainya saja terkadang harus 'bertengkar' dengan saudara sendiri.

Ahad, 12/11/2017 15:59 0

Indonesia

Munas PBNU akan Bahas RUU Status Anak di Luar Nikah hingga Ujaran Kebencian

Munas PBNU akan Bahas RUU Status Anak Di Luar Nikah hingga Ujaran Kebencian

Sabtu, 11/11/2017 21:04 0

Indonesia

Pertemuan Forum Zakat Dunia di Surabaya Bahas Good Amil Governance

Indonesia kembali menjadi tuan rumah pertemuan Forum Zakat Dunia (World Zakat Forum/WZF)

Sabtu, 11/11/2017 20:14 0

Indonesia

DPR Minta TNI Segera Bebaskan Sandera OPM

Penyanderaan ribuan warga oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) bukan lagi soal kelompok kriminal, tapi telah menciderai kedaulatan NKRI

Sabtu, 11/11/2017 19:08 0

Indonesia

Pesan Persatuan Habib Rizieq di Tabligh Akbar Garut: Pertolongan Allah pada Jamaah

Habib Rizieq Syihab berpesan kepada umat Islam untuk bersatu

Sabtu, 11/11/2017 18:16 0

Wawancara

[Wawancara] Pengamat Intelijen: Tuduhan Pengajian Anti NKRI Aneh

Pengamat intelijen Jaka Setiawan menilai pembubaran pengajian bagian dari upaya pelemahan terhadap politik umat Islam

Sabtu, 11/11/2017 17:27 0

Indonesia

Inilah Tiga Problem Genting di Indonesia Menurut Ketua MPR

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan memaparkan beberapa problematika yang terjadi di nusantara

Sabtu, 11/11/2017 15:01 0

Indonesia

DPP IMM Desak Jokowi Turunkan Luhut, Kenapa?

Sekretaris Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM), Aris Munandar mendesak pada pemerintah agar Menteri Luhut Binsar Panjaitan dilengserkan dari jabatannya.

Sabtu, 11/11/2017 14:10 0

Indonesia

Ustadz Bachtiar Nasir Juluki Garut sebagai ‘Bumi Persatuan’

Terik matahari terasa menyengat di lapangan Kerkoff, Jalan Tarogong Kidul, Garut. Sebuah lapangan yang digunakan untuk tabligh akbar Ustadz Bachtiar Nasir dan ketua Front Pembela Islam (FPI), KH. Ahmad Sobri Lubis.

Sabtu, 11/11/2017 13:45 0

Opini

Saudi Telah’Berakhir’

KIBLAT.NET- Ketika menemui Donald Trump di Amerika Serikat bulan maret lalu, menteri pertahanan Arab Saudi...

Sabtu, 11/11/2017 13:15 0