... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tabligh Akbar Garut: Persatuan yang Dirindukan

Foto: Rosyid Rohana dan Isterinya, Neneng dalam tabligh akbar Garut.

KIBLAT.NET, Garut – Persatuan, sebuah kata yang sangat dirindukan setiap umat Islam. Kata ini memang mudah diucapkan, tapi sulit untuk dilaksanakan. Perlu ada rasa saling memahami, yang untuk mencapainya saja terkadang harus ‘bertengkar’ dengan saudara sendiri.

Tabligh akbar di Garut agaknya perlu menjadi cermin bagi umat Islam di daerah lain untuk menjalankan perintah Allah dalam Surat Al-Imron ayat 103 tentang persatuan. ‘Dan berpegang teguhlah kalian dengan tali Allah dan jangan saling berpecah-belah’. Demikian bunyi ayat tersebut.

Siapa sangka, Garut, daerah yang jarang terdengar di telinga masyarakat pada umumnya menjadi tempat berkumpul umat Islam dari berbagai daerah. Mulai dari Sumatera, Solo, Surabaya, hingga Balikpapan.

“Seneng, saya terharu atuh dengan tabligh akbar ini. Kita umat Islam harus bersatu atuh,” kata salah satu peseta tabligh akbar asli Garut, Hj. Euis saat ditemui Kiblat.net pada Sabtu (11/11/2017).

“Umur saya 71, tapi masih semangat insyaAllah. Nanti kalau ke Jakarta juga insyaAllah mau. Pingin ibu mah,” sambungnya.

Rasa haru juga hinggap di hati Rosyid Rohana dan isteri, Neneng. Sepasang suami-isteri ini menekankan bahwa generasi muda harus melanjutkan perjuangan. Jangan sampai terpecah-belah.

“Sesungguhnya tabligh akbar ini membuat kita terharu lah padanya, kebersamaan umat Islam diadakan di daerah Garut. Semoga anak-anak Islam itu melanjutkan perjuangan, nggak boleh terpecah-belah,” ucapnya.

BACA JUGA  BPJPH: Kewajiban Sertifikasi Halal Dilakukan Bertahap Mulai Oktober 2019

Sementara itu, Muhammad Irfan, pria asal Solo, Jawa Tengah mengungkapkan alasannya datang ke Garut untuk mengikuti tabligh akbar. Bersama lima kawannya, Irfan hadir karena ada “tekanan” dalam tabligh akbar tersebut.

“Yang saya lihat di sini persatuannya luar biasa. Kedatangannya karena ada tekanan itu,” ucapnya.

Jika tempat berkumpulnya berada di wilayah strategis seperti Jakarta, mungkin masih dikatakan wajar. Tapi ini Garut, Jawa Barat, yang terkenal dengan dodolnya. Maka, Garut bisa menjadi pemantik persatuan umat Islam di Indonesia, bahkan dunia. Inilah persatuan yang dirindukan.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Hamid Karzai Desak Penyelidikan atas Kejahatan Perang di Afghanistan

Mantan Presiden Afghanistan, Hamid Karzai menyambut sebuah seruan dari jaksa penuntut dari pengadilan pidana internasional (ICC) untuk menyelidiki kejahatan perang di Afghanistan.

Ahad, 12/11/2017 14:22 0

Irak

Iraq Kehilangan Rp 1.000 Triliun Lebih dalam Perang Anti-ISIS

Perdana Menteri Iraq Haidar al-Abadi mengatakan bahwa negaranya menghabiskan $ 100 miliar atau sekitar Rp 1.355 triliun dalam perang terhadap kelompok ISIS.

Ahad, 12/11/2017 13:15 0

Amerika

Saat “Kim Jong-Un” dan Donald Trump Saling Hina karena Hal Ini

Kata-kata kasar yang dikeluarkan kedua pemimpin negara telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, setelah Korea Utara mengancam untuk meluncurkan rudal ke wilayah Guam di AS.

Ahad, 12/11/2017 11:49 0

Palestina

Hadapi Mujahidin Palestina, Israel Berlatih “Perang Terowongan”

Israel membom sebuah terowongan di Jalur Gaza yang menewaskan 12 warga Palestina akhir bulan lalu. Setelah itu, Israel mulai melatih pasukannya untuk menghadapi "perang terowongan".

Ahad, 12/11/2017 10:44 0

Arab Saudi

Koalisi Saudi Mulai Izinkan Penerbangan Komersial di Yaman

Sebelumnya, koalisi pimpinan Saudi telah menutup semua pelabuhan dan bandara di Yaman untuk menghentikan aliran senjata dari Iran ke pemberontak Hutsi.

Ahad, 12/11/2017 10:00 0

Palestina

Juluki Warga Palestina “Teroris”, Israel Minta Dana Bantuan Disetop

Dalam hal ini, parlemen Israel Knesset meminta Uni Eropa untuk menghentikan bantuannya dengan dalih bahwa warga Palestina adalah "teroris".

Ahad, 12/11/2017 09:49 0

Afrika

Ditinggalkan Tim Evakuasi, Seorang Sersan AS Dieksekusi

Sejumlah penduduk lokal mengatakan Sersan Johnson kemungkinan besar masih hidup ketika pasukan AS lainnya dievakuasi meninggalkan lokasi ambush.

Ahad, 12/11/2017 09:36 0

Yaman

Serangan Udara Saudi Hantam Sanaa, Banyak Warga Sipil Terluka

Di sepanjang hari Jumat (10/11/2017) kemarin, jet-jet tempur Arab Saudi terbang mengitari ibukota Yaman, Sanaa, dan melancarkan serangan bertubi-tubi ke kompleks Kementerian Pertahanan termasuk ke beberapa area di sekitarnya.

Ahad, 12/11/2017 09:27 0

Wawancara

[Wawancara] Pengamat Intelijen: Tuduhan Pengajian Anti NKRI Aneh

Pengamat intelijen Jaka Setiawan menilai pembubaran pengajian bagian dari upaya pelemahan terhadap politik umat Islam

Sabtu, 11/11/2017 17:27 0

Palestina

Militer Israel Serbu Anak-anak Palestina saat Jam Sekolah

Militer zionis Israel menyerbu sekolah-sekolah Palestina di Tepi Barat jelang libur Yahudi

Sabtu, 11/11/2017 16:18 0

Close