... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Myanmar Tangkap Dua Wartawan Media Turki

Foto: Dua wartawan media Turki yang ditahan polisi Myanmar

KIBLAT.NET, Naypidaw – Pihak berwenang Myanmar (Burma) menangkap dua wartawan asing yang bekerja untuk media Turki. Mereka ditangkap karena menerbangkan drone di atas gedung parlemen tanpa izin, untuk mengambil gambar.

Kedua jurnalis itu berkebangsaan Malaysia dan Singapura. Mereka bekerja untuk radia dan televisi Turki. Dua pendampingnya warga Myanmar juga ikut ditangkap.

Seperti dilansir dari Al-Jazeera, Jumat (10/11), pengadilan ibukota Naypidaw dalam persidangan Jumat tengah melihat pasal yang pas untuk keduanya. Setidaknya dua pasal yang bisa dikenakan kepada dua wartawan itu, pasal ekspor impor dan pasal penerbangan.

Berdasarkan UU Myanmar, jika keduanya dijerat dengan pasal ekspor dan impor karena memasukkan pesawat tanpa awak tanpa izin, ancaman hukuman yang akan dihadapi tiga tahun penjara. Sementara jika dikenakan UU tentang pesawat tahun 1934, mereka hanya diancam hukuman tiga bulan.

Di sisi lain, polisi telah menyelidiki dan memberlakukan kasus dua wartawan asing tersebut dengan undang-undang ekspor dan impor.

Pengadilan terhadap keduanya akan kembali digelar pada 16 November mendatang untuk memutuskan pasal mana yang dikenakan. Sementara kuasa hukum terdakwa mengatakan akan mengajukan petisi untuk meringankan hukuman menjadi denda.

Pada 27 Oktober, polisi Myanmar menangkap wartawan Lu Hongming dari Singapura dan Muk Shui Lin dari Malaysia, serta dua warga negara Myanmar, yang salah satunya bekerja sebagai koordinator media dan seorang sopir lainnya.

BACA JUGA  Tim PBB: Militer Myanmar Gunakan Kekerasan Seksual Untuk Teror Minoritas

Media Turki, TRT Word, tempat salah satu dari mereka bekerja mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah memberitahu Kementerian Informasi Myanmar tentang kegiatan jurnalistik itu.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Target Allah Dalam Memenangkan Umat Islam – Ust. Abu Rusydan

KIBLAT.NET – Allah SWT telah memberikan target dan prediksi kemenangan umat Islam dalam Al Quran....

Sabtu, 11/11/2017 08:00 0

Indonesia

Alasan Keamanan, Panitia Pindahkan Lokasi Tabligh Akbar Garut

Dengan alasan kenyamanan, Polres Garut mengalihkan lokasi tabligh akbar. Menurut Kapolres Garut, AKBP Novri Turangga lokasi dialihkan dari Masjid Agung Garut ke lapangan sepakbola Kerkof, Jalan Tarogong Kidul.

Jum'at, 10/11/2017 20:29 0

Indonesia

Ada Penolakan, Polisi Berikan Pengamanan Ekstra di Tabligh Akbar Garut

Kapolres Garut, AKBP Novri Turangga mengatakan bahwa kepolisian akan mengerahkan banyak personil untuk mengamankan tabligh akbar Ustadz Bachtiar Nasir

Jum'at, 10/11/2017 17:42 1

Indonesia

Tokoh Agama Himbau Warga Garut Sambut Pendatang Layaknya Muhajirin

Hal itu disampaikan oleh salah satu tokoh agama Garut, KH. Abdul Halim

Jum'at, 10/11/2017 17:12 0

Analisis

Begini Pengamat Barat Memahami Konflik Arab Saudi dengan Negara Sekitar

Awal pekan ini, Menteri urusan Teluk Thamer al-Sabhan mengumumkan kondisi “perang” terhadap Lebanon pada Senin (06/11/2017). Pengumuman itu ditindaklanjuti dengan seruan agar warga Saudi di Lebanon meninggal negara yang didominasi Syiah Hizbullah itu. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan, seberapa serius Kerajaan akan memerangi negara itu?

Jum'at, 10/11/2017 15:34 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : Sunnah- Sunnah Kecil, Berpahala Besar – Ust. Hasan Al Mubarok

KIBLAT.NET – Ada sunnah-sunnah yang sangat kecil dan mudah dilakukan namun jika dilaksanakan akan berpahala...

Jum'at, 10/11/2017 15:05 0

Indonesia

Ulama Garut: Siapapun Berdakwah sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah Harusnya Diterima

Tokoh agama Garut, KH. Abdul Halim menyesalkan adanya penolakan PCNU Garut atas tabligh akbar yang akan diisi oleh Ustadz Bachtiar Nasir dan KH. Ahmad Shabri Lubis. Menurutnya, PCNU tidak punya kewenangan untuk melakukan penolakan.

Jum'at, 10/11/2017 14:16 0

Indonesia

Pemuda Pancasila Garut Sambut Baik Tabligh Akbar UBN dan Ketua FPI

Bambang mengaku sangat menyayangkan adanya penolakan terhadap ustadz yang disapa UBN itu oleh sejumlah pihak. Padahal, isi ceramah yang akan disampaikan belum diketahui. Ia menegaskan dalam Islam tidak boleh sikap suudzon (buruk sangka.Red).

Jum'at, 10/11/2017 11:08 2

Indonesia

Panitia Tabligh Akbar: 5.000 Umat Islam Sudah Tiba di Garut

Setelah mendapat penolakan dari ormas tertentu, tabligh akbar Ustadz Bachtiar Nasir dan KH. Ahmad Sobri Lubis di Garut justru menyedot perhatian umat Islam. Hal itu terbukti dari banyaknya umat Islam dari luar Kota Dodol itu.

Jum'at, 10/11/2017 09:53 0

Indonesia

Tabligh Akbar UBN di Garut Tetap Berjalan seperti Jadwal

"Alhamdulillah, tablig akbar berjalan seperti yang direncanakan dari awal. Karena DKM Masjid Agung Garut tidak keberatan dengan diadakannya tabligh akbar," kata sekertaris panitia, Ivan Rivanora, kepada Kiblat.net Jumat (10/11).

Jum'at, 10/11/2017 09:36 0

Close