... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Saudi Mengaku Tahan 208 Orang Terkait “Korupsi”

Foto: Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Ia menjadi raja de facto kerajaan Saudi

KIBLAT.NET, Riyadh – Pihak berwenang Saudi mengumumkan, Kamis (09/11), jumlah tahanan dalam penyelidikan “kasus korupsi” mencapai 201. Saudi juga mengklaim, kerajaan rugi 100 miliar dolar akibat kejahatan korupsi dan penggelapan.

Jaksa Agung Saudi, Saud Al-Mu’jab, mengatakan bahwa 208 orang telah diinterogasi dalam penyelidikan kasus korupsi. Sedikitnya tujuh di antaranya telah dibebaskan tanpa tuduhan.

Komite Tertinggi untuk Memerangi Korupsi di Arab Saudi, yang didirikan oleh Raja Saudi Salman bin Abdul Aziz di bawah pimpinan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, telah menahan sejumlah tokoh terkemuka dalam beberapa hari terakhir, termasuk sejumlah mantan pangeran, menteri, pejabat dan pengusaha.

Di antara mereka yang ditangkap adalah Menteri Garda Nasional, Pangeran Mateeb bin Abdullah dan saudaranya mantan Gubernur Riyadh, Turki bin Abdullah (keduanya putram almarhum Raja Abdullah), pangeran milyarder Saudi Alwaleed bin Talal dan Pangeran Fahd bin Abdullah bin Mohammed, yang merupakan mantan komandan angkatan udara.

Seorang sumber resmi Saudi mengatakan kepada Reuters bahwa tuduhan yang diarahkan kepada puluhan pangeran, pejabat dan pengusaha itu berupa penyuapan, penggelapan uang, pencucian uang dan eksploitasi pengaruh.

Pihak berwenang Saudi masih memperpanjang kampanye penangkapan dan melakukan penangkapan baru yang menyasar elit politik dan para pengusaha paling berpengaruh di ekonomi Saudi, menurut sumber yang dikutip oleh Reuters. Kampanye tersebut semakin luas menyasar sepupu Putra Mahkota Salman bin Abdul Aziz, anak-anak dan keluarga mereka.

BACA JUGA  Ibadah Haji di Tengah Pandemi, Begini Protokol Kesehatan yang Diterapkan Arab Saudi

Kampanye penangkapan keluarga kerajaan oleh penguasa Saudi saat ini didahului dengan penangkapan ulama-ulama dan tokoh-tokoh kritis terhadap kerajaan. Tak heran, banyak yang menilai penangkapan atas nama memberantas korupsi itu hanya sebagai trik penguasa untuk memperkuat posisi.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Inilah Penjelasan Lengkap Panitia FUIB Terkait Penolakan Kajian Felix Siauw di Bangil

Panitia Gabungan Ormas Islam dalam wadah Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) akhirnya mengeluarkan keterangan terlulis secara rinci terkiat peristiwa penolakan Felix Siauw di Masjid Manarul Islam, Bangil

Kamis, 09/11/2017 21:59 2

Indonesia

Penghayat Kepercayaan Masuk KTP, Ustadz Fadlan: Dampak Tak Tersentuh Dakwah

Ustadz Fadlan Garamatan menilai keputusan hakim Mahkmah Konstitusi yang membolehkan penghayat kepercayaan masuk KTP karena dakwah tidak berjalan

Kamis, 09/11/2017 21:17 0

Indonesia

Aturan Menkominfo Registrasi Kartu SIM Digugat Ke MA

Permenkominfo No. 21 Tahun 2017 dinilai bertentangan dengan 4 undang-undang

Kamis, 09/11/2017 20:09 0

Indonesia

Tahun 2025 Ditargetkan Lahir 3.500 Penghafal Al Quran dari Irian

Pondok Pesantren Al Fatih Kaaffah Nusantara (AFKN) Nuu Waar, Bekasi Ustadz Fadlan Garamatan menargetkan ada 3.500 penghafal Al Quran dari Irian

Kamis, 09/11/2017 19:25 0

Video News

Penuh Haru, Pria Muslim di Amerika Ini Rela Maafkan Pembunuh Putranya

Abdul Mumin Sombat Jitmoud lebih memilih untuk memaafkan pelaku pembunuh putra kesayangannya itu. Bahkan, dalam sidang itu ia menasehati Relford dengan kata-kata yang santun dan lembut.

Kamis, 09/11/2017 18:45 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jum’at: Tiga Ciri Orang yang Dicintai Allah

Contoh dalam masalah ini adalah Saad bin Muadz Radiallahu anhu. Ibnu Al Jauzi mengisahkan ketika Saad bin Muadz sedang menderita sakit, maka beliau menangis karena melihat banyak temannya yang dekat dengan dirinya tidak menjenguk

Kamis, 09/11/2017 17:29 13

Indonesia

Mengenal Pangeran Muhammad Bin Salman, Aktor Anti Korupsi Arab Saudi

Pangeran Muhammad bin Salman mulai ramai dibicarakan. Hal itu dikarenakan aksinya selaku pemimpin 'KPK Saudi' yang menahan sejumlah pangeran dan puluhan pejabat tinggi menjadi sorotan warga dunia.

Kamis, 09/11/2017 17:16 0

Indonesia

Ponpes AFKN Nuu Waar Gelar Mukhayyam Al Quran Selama Sebulan

Menurut pengasuh Pondok Pesantren Al Fatih Kaaffah Nusantara (AFKN) Nuu Waar Ustadz Fadlan Garamatan dengan menghafal Al Quran para sanatri dari Irian jadi lebih cerdas

Kamis, 09/11/2017 17:16 0

Indonesia

Pasca Serangan Rudal ke Riyadh, Bin Salman Temui Mantan Presiden Yaman

Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman menemui mantan Presiden Yaman Abd Rabbo Mansour Hadi di ibukota Riyadh pada Rabu (08/11/2017). pertemuan itu digelar di tengah meningkatnya operasi militer koalisi Arab melawan pemberontak Hutsi di Yaman.

Kamis, 09/11/2017 14:25 0

Indonesia

KKB Papua Sandera 1.000 Lebih Warga Tembagapura

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua mengisolasi ribuan warga yang tinggal di sekitar Kimberly hingga Banti, Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika. Hal itu diungkapkan oleh Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.

Kamis, 09/11/2017 12:58 0

Close