... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Whatsapp Akhirnya Hapus Konten Asusila

KIBLAT.NET, Jakarta – Beberapa waktu lalu, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengancam memblokir aplikasi WhatsApp dalam 2×24 jam apabila notice kementrian kominfo terkait konten GIF asusila tidak diindahkan.

Menindak lanjuti hal itu, Kementerian Kominfo kembali menggelar konferensi pers pada Rabu (08/11). Dalam konferensi yang diadakan di kantor Kemkominfo Jakarta, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan (Semmy), menyampaikan bahwa pihaknya secara intensif telah berkomunikasi dengan manajemen Whatsapp dan telah mendapatkan respon positif.

“Pihak WhatsApp bekerjasama dengan penyedia konten GIF di platformnya yaitu Tenor dan Giphy (setuju) untuk menghilangkan konten yang bertentangan dengan peraturan perundangan di Indonesia,” kata Semmy.

Dirjen Aptika itu menjelaskan bahwa tenggat waktu 2×24 jam yang diberikan sudah dipenuhi sehingga ketentuan untuk pemblokiran tidak berlaku lagi.

“Jadi, apabila pengguna aplikasi Whatsapp di Indonesia menuliskan kata kunci yang berisikan konten asusila dalam fitur GIF, sudah tidak akan bisa lagi,” terangnya.

“Dari Giphy dan Tenor, kalau kita lihat GIFnya pun mereka sudah membuat batasan. Sudah tidak ada konten-konten yang dilarang di Indonesia,” tambah Semmy.

Pada Konferensi Pers tersebut, Dirjen Aptika memperlihatkan pada layar bagaimana sistem searching dari Giphy dan Tenor telah memenuhi apa yang telah diminta oleh Kementerian Kominfo.

Menurut Semmy, kedepannya pemerintah tidak akan berhenti di sini saja. Pemblokiran 100% terhadap konten asusila di internet akan sulit terjadi tanpa peran aktif dari masyarakat yang turut serta melaporkan kepada Tim Aduan Konten.

BACA JUGA  Kementerian Agama Tengah Siapkan Regulasi Turunan UU Pesantren

“Selanjutnya, Kementerian Kominfo berencana untuk terus berkomunikasi dengan para pihak penyedia platform untuk membersihkan konten-konten yang tidak sesuai dengan perundangan-undangan di Indonesia.” tutur Dirjen Aptika tersebut.

“Mereka yg memiliki konten itu di platformnya harus tunduk dengan peraturan kita,” tegasnya.

Reporter: Qoid
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Tahrir Al-Syam Serahkan Pelayanan Publik ke “Pemerintah Darurat”

Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) menyerahkan seluruh Administrasi Pelayanan Sipil di wilayah yang sudah dibebaskan di Suriah utara kepada “Pemerintah Penyelamat Suriah”, yang dibentuk pekan lalu. Seluruh pelayanan publik di Idlib khususnya selama ini dipegang oleh HTS, sebagai kelompok oposisi paling dominan.

Kamis, 09/11/2017 08:33 0

Eropa

Warga Suriah Tuntut Rezim Assad di Jerman

Berbicara pada sebuah konferensi pers di Berlin, pengacara Suriah Anwar al-Bunni mengatakan bahwa tindakan hukum yang diajukan ini akan membuktikan kekejaman rezim Assad.

Kamis, 09/11/2017 07:46 0

Qatar

Qatar Buka Kantor Penghubung Militer di Kuwait

Pemerintah Qatar dikabarkan telah membuka kantor penghubung militer baru di Kuwait untuk menguatkan kerjasama di bidang pertahanan

Kamis, 09/11/2017 06:46 0

News

Pasca Putusan MK, Mendagri: Penghayat Kepercayaan Boleh Dicantumkan di Kolom Agama KTP

Tjahjo mengatakan bahwa orang-orang penghayat kepercayaan dapat mencantumkan keyakinannya tersebut di KTP.

Rabu, 08/11/2017 20:45 0

Asia

Pembantaian Muslim Jammu, Pemicu Krisis Kashmir yang Terlupakan

Sejarawan mengatakan bahwa pembantaian yang dilakukan oleh pasukan penguasa Hindu dan tentara Sikh adalah "genosida yang disponsori negara" untuk membawa perubahan demografis di Jammu - sebuah wilayah dengan populasi Muslim yang sangat besar.

Rabu, 08/11/2017 20:00 0

Malaysia

Soal Permintaan Ekstradisi Zakir Naik ke India, Begini Kata Malaysia

Wakil Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi kembali menegaskan bahwa Malaysia tetap menerima dai terkemuka Zakir Abdul Karim Naik selama bersedia mematuhi hukum yang berlaku di negara tersebut

Rabu, 08/11/2017 18:47 0

Suriah

Haiah Tahrir Syam Netralisir Empat Sel ISIS di Idlib

HTS meluncurkan operasi keamanan besar untuk membersihkan sel-sel ISIS di Idlib dan pedesaannya pada bulan Juli. Dari operasi itu sepuluh orang anggota ISIS berhasil ditangkap, di antaranya komandan keamanan organisasi itu yang berjuluk Abu Suleiman Ar-Ruusi.

Rabu, 08/11/2017 17:00 0

Arab Saudi

(Foto) Sedihnya Pangeran Muqrin saat Pemakaman Mendiang Anaknya

Pangeran Muqrin tampak sedih. Pandangan matanya terlihat sayu. Mantan Putra Mahkota Arab Saudi ini juga ikut mengangkut langsung jasad anaknya ke peristirahatan terakhir.

Rabu, 08/11/2017 16:54 0

Asia

Ke Jepang, Trump Tekan Abe Beli Senjata Buatan Amerika

Dalam kunjungannya ke Tokyo pekan ini, Presiden AS Donald Trump tengah membuat sebuah dorongan besar untuk mengamankan berbagai kesepakatan jual beli senjata bagi produsen-produsen utama senjata Amerika.

Rabu, 08/11/2017 14:45 0

Arab Saudi

Arab Saudi Bekukan 1.200 Lebih Rekening Pribadi terkait Korupsi

Bank-bank Arab Saudi telah membekukan lebih dari 1.200 rekening milik individu dan perusahaan sebagai bagian dari kampanye anti-korupsi.

Rabu, 08/11/2017 13:26 0

Close