... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pengajian Dibubarkan, Bachtiar Nasir: Jangan Mengorbankan Persaudaraan Kita

Foto: Ustadz Bachtiar Nasir

KIBLAT.NET, Jakarta – Ustadz Bachtiar Nasir memberikan tanggapan terkait adanya pembubaran dan penolakan pengajian serta tabligh akbar yang ditujukan kepada sejumlah dai, termasuk dirinya.

Dalam sebuah wawancara dengan TvMU, Ustadz Bachtiar Nasir mengawali pernyataannya dengan pesan persatuan kepada umat Islam. “Salam ukhuwah islamiyah, dan jangan putus asa untuk bersatu, dan jangan pernah berputus asa untuk mempersatukan,” ungkapnya di AQL Islamic Center, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (06/11/2017).

“Termasuk terkait peristiwa belakangan ini seputar pembubaran pengajian dan bahkan menghalangi para tokoh atau sebagian tokoh untuk tabligh akbar di satu tempat, saya Bachtiar Nasir melihat ini adalah sebuah dinamika yang insyaaAllah punya tujuan baik dan ini untuk kebaikan Indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya hanya karena perbedaan persepsi atau karena framing-framing tertentu bisa menyebabkan terjadinya friksi. Meski demikian, UBN menekankan kepada umat Islam untuk tidak mengorbankan persaudaraan.

“Namun satu hal, apapun yang terjadi jangan mengorbankan persaudaraan kita, jangan mengorbankan persatuan kita, jangan putus asa untuk bersatu,” tegasnya.

Menurut Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama itu perbedaan adalah hal yang pasti. Tetapi, di dalam Al Quran dilarang terpecah belah, “wa laa tafarraqu”.

UBN mengingatkan kalau sudah terpecah belah maka yang terjadi pada umat Islam adalah kegagalan. Selain itu juga akan dikuasai oleh musuh, karena dengan terpecah belah umat akan kehilangan kekuatan.

“Sehingga friksi apapun tidak boleh mengalahkan semangat kita untuk bersaudara, semangat kita untuk bersatu. Tetaplah berfikir positif, bersikap positif, dan berpandangan-pandangan positif ke depan. Itu tentunya akan memebawa kepada tindakan-tindakan positif kita untuk bangsa ini,” tandasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya telah terjadi pembubaran pengajian penceramah Felix Siauw di Bangil, Pasuruan. Tak berselang lama, muncul pula penolakan terhadap Ustadz Bactiar Nasir dan KH Shabri Lubis yang akan berceramah dalam tabligh akbar di Garut.

“Saya Bachtiar Nasir berpesan jangan terprovokasi, jangan merasa terintimidasi. Keep positif dan tetaplah bersaudara. Daahulukan ukhuwah dan nomor sekiankan kepetingan pribadi dan kelompok. Untuk bangsa Indonesia, untuk Islam kita berjuang,” imbuh UBN.

“Allahuakbar, jangan pernah putus asa untuk bersatu. Bersatulah karena Allah pasti tolong kita, dan kalau Allah sudah tolong kita tidak akan ada yang pernah bisa pecah belah kita. Kita buat iblis putus asa memecah belah kita dan jangan biarkan setan berada di shaf antara kita semua. Rapatkan barisan kita buta setan-setan itu merintih,” pungkasnya.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Mesir

Negara Dilanda Krisis, Seorang Ibu di Mesir Jual Tiga Anaknya

Seorang ibu di Mesir dilaporkan telah menawarkan tiga anaknya untuk dijual. Hal itu dilakukan lantaran ekonomi negara yang memburuk di bawah rezim Abdel Fattah Al-Sisi, sementara it membutuhkan uang untuk rumah, makanan dan obat-obatan.

Selasa, 07/11/2017 11:43 0

Eropa

Belgia Bebaskan Para Pemimpin Catalan dan Tunda Ekstradisi

Perkembangan politik di Spanyol terus memanas. Pada hari Ahad (05/11/2017) pemerintah Spanyol memulai upaya untuk memaksa para pemimpin Catalan kembali ke Spanyol melalui koordinasi dengan pemerintah Belgia.

Selasa, 07/11/2017 11:11 0

Suriah

Penangkapan Jurnalis Dikabarkan Meningkat di Idlib, Ini Kata HTS

Penangkapan dan intimidasi terhadap jurnalis dan aktivis oleh kelompok tak dikenal di provinsi Idlib meningkat beberapa hari terakhir. Bersamaan dengan itu, Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) yang mengontrol mayoritas Idlib melakukan pembatasan terhadap jurnalis, sehingga memicu perdebatan.

Selasa, 07/11/2017 09:56 0

Somalia

Presiden Somalia Kumpulkan Kepala Daerah untuk Hadapi Al-Shabab

Seperti dilansir Al-Jazeera, di antaranya mengenai restrukturisasi militer untuk mengalahkan “terorisme”.

Selasa, 07/11/2017 08:17 0

Turki

Lembaga Kemanusiaan Turki Kembali Distribusikan Bantuan kepada Rohingya

Badan Koordinasi dan Bantuan Turki (TIKA) telah meluncurkan tahap kedua dari kampanye bantuan kemanusiaan di wilayah Rakhine.

Selasa, 07/11/2017 07:22 0

Afrika

Presiden Sudan Ancam Kelompok Bersenjata dengan UU Syariat

UU Al-Harabah adalah salah satu hukum UU Syariat Islam yang termaktub dalam QS Al-Maidah: 33. Hukum ini mengancam kepada kelompok pengacau di wilayah pemerintahan Islam.

Selasa, 07/11/2017 06:32 0

Arab Saudi

5 Tokoh Penting yang Ditangkap Bin Salman Atas Dugaan Korupsi

Dari sekian banyak, ada 5 tokoh penting yang ditangkap 'KPK' Arab Saudi. Siapa saja? Yuk simak artikel ini

Senin, 06/11/2017 16:49 0

Suriah

Israel Siap Lindungi Komunitas Syiah Druze di Suriah

Desa Hader dihuni oleh komunitas Druze, sebuah sekte agama turunan Syiah Ismailiyah yang berada di Suriah, Israel, Wilayah Palestina dan Lebanon.

Senin, 06/11/2017 15:30 0

Analisis

Intrik Politik di Balik Drama Penangkapan Para Pangeran Saudi

Pemerintah Arab Saudi menangkap 11 pangeran, empat menteri dan puluhan mantan menteri. Di antara yang paling menonjol adalah Pangeran Alwaleed bin Talal yang memiliki kekayaan bersih 22 miliar dolar AS (Rp297 triliun).

Senin, 06/11/2017 15:29 0

Opini

Yang Pasti Bukan di Lantai Tujuh

Dalam perjalanan dakwahnya, Rasulullah SAW kerapn menjanjikan satu hal; yaitu surga. Ketika menyaksikan keluarga Yasir yang disiksa oleh kafir Quraisy, beliau hanya bisa berkata, “Bersabarlah wahai keluarga Yasir!

Senin, 06/11/2017 15:00 0