... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Mau Tahu Luas Wilayah Kontrol Taliban di Afghanistan? Ini Petanya

Foto: Amir-amir Taliban

KIBLAT.NET, Kabul- Selama hampir 16 tahun, Amerika Serikat bersama pemerintah Afghanistan berusaha untuk melawan Imarah Islam Afghanistan. Namun, selama itu pula hasil yang diterima tidak sesuai dengan apa yang dikorbankan.

Kerugian bagi Amerika Serikat bukanlah rahasia lagi. Negara adidaya dunia itu memang mengalami kerugian yang cukup signifikan mulai dari sisi biaya perang hingga besarnya jumlah tentaranya yang pulang dalam peti mati.

Sementara Afghanistan, kerugian yang dialami bukan sebatas biaya atau jumlah tentaranya yang tewas saja. Melainkan, kerugian yang benar-benar dirasakan oleh Afghanistan ialah wilayahnya yang satu per satu mulai raib dan diambil alih oleh Taliban.

Menurut data peta geografis yang dikutip Kiblat.net dari laman Long War Journal pada Selasa (07/11/2017), ada 45 wilayah (warna abu-abu) yang menjadi kendali penuh Imarah Islam Afghanistan saat ini. Sedangkan di 115 titik (warna merah) masih terjadi perebutan wilayah antara Taliban vs Afghanistan dan AS. Sementara itu, ada sekitar 24 wilayah (warna oranye) yang belum dikatahui, apakah telah dikuasai oleh Taliban atau sebaliknya. Akan tetapi, data ini akan berubah sewaktu-sewaktu bila terjadi kembali perebutan wilayah.

 

“Ini adalah peta hidup. FDD Long War Journal akan sering melakukan pembaruan karena penelitian dilakukan untuk mengamati perubahan kontrol. Setiap distrik yang telah diklaim kontrol oleh Taliban, namun belum dikonfirmasi berwarna oranye. Karena belum diketahui benar, tidaknya dan dapat diverifikasi secara independen oleh penelitian Long War Journal FDD,” ungkap Long War Journal dalam lamanya.

 

Sumber: The Long War Juornal
Redaktur: Syafi’i Iskandar

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Anton Tabah: Cara Banser Bubarkan Kajian Felix Siauw Harus Dihentikan!

Anggota Komisi Hukum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anton Tabah Digdoyo mengkritik cara Banser membubarkan kajian Felix Siauw.

Selasa, 07/11/2017 19:49 0

Indonesia

KOKAM: Pembubaran Pengajian Tidak Cerminkan Generasi Pancasilais

Ketua Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM), Mashuri Masyhuda menegaskan bahwa pihaknya mengecam pembubaran kajian Felix Siauw.

Selasa, 07/11/2017 19:15 0

Indonesia

Tolak Pembatalan, KOKAM Garut Siap Amankan Kajian UBN

Pengurus Daerah PP Muhammadiyah Garut, mengatakan bahwa jajarannya akan mengikuti dan menjaga keberlangsungan tausyiah Ustadz Bachtiar Nasir dan KH. Ahmad Sobri Lubis

Selasa, 07/11/2017 18:45 0

Indonesia

Tolak Felix Siauw, GP Ansor Bantah Bubarkan Pengajian

Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor membantah telah membubarkan pengajian Ustadz Falix Siauw di Bangil.

Selasa, 07/11/2017 17:45 2

Video Kajian

Jarak Antara Tidur dan Kematian – Ust. Zaid Royani, S.Pd.I

KIBLAT.NET – Kematian adalah sebuah kepastian yang akan datang pada setiap makhluk hidup yang ada...

Selasa, 07/11/2017 15:39 0

Indonesia

HOTS IPTIJ, Geliat Komunitas Penghafal Al Quran di Negeri Matahari Terbit

Komunitas Penghafal Al Quran Ikatan Persaudaraan Trainee Indonesia di Jepang (IPTIJ) di Negeri Matahari Terbit telah ada seajak pertengahan tahun 2016

Selasa, 07/11/2017 14:44 0

Indonesia

Bukan soal Terorisme, AS Bahas Kontrol Senjata dan Gangguan Mental Pasca Penembakan Texas

Kelompok hak asasi manusia, politisi dan pengguna media sosial di seluruh AS menyeru kepada pemerintah untuk melakukan tindakan nyata setelah terjadi sejumlah aksi penembakan massal di negara itu.

Selasa, 07/11/2017 13:07 0

Indonesia

Pengajian Dibubarkan, Bachtiar Nasir: Jangan Mengorbankan Persaudaraan Kita

Ustadz Bachtiar Nasir mengingatkan untuk tidak putus asa untuk bersatu, dan tidak pernah berputus asa untuk mempersatukan

Selasa, 07/11/2017 11:49 0

Indonesia

Saudi: Rudal Balistik Syiah Hutsi Dipasok Iran

Hingga saat ini, Hutsi biasanya menargetkan Jeddah. Rudal balistik yang ditujukan ke ibukota menjadi sebuah pesan bagi Saudi dari proxy Iran.

Selasa, 07/11/2017 10:33 0

Indonesia

Asykar Kauny Gelar Pelatihan Duta Guru Tahfidz, Nenek-nenek Pun Ikut

Sebuah lembaga non profit bergerak di bidang pengembangan Al Quran, Askar Kauny mengadakan Pelatihan Duta Guru Tahfizh se-Nusantara guna mengajarkan perwakilan daerah ini metode menghafal Al Quran menggunakan otak Kanan.

Selasa, 07/11/2017 05:42 0