... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Yang Pasti Bukan di Lantai Tujuh

Foto: Lantai tujuh (ilustrasi)

Dalam perjalanan dakwahnya, Rasulullah SAW kerapn menjanjikan satu hal; yaitu surga. Ketika menyaksikan keluarga Yasir yang disiksa oleh kafir Quraisy, beliau hanya bisa berkata, “Bersabarlah wahai keluarga Yasir! Karena sesungguhnya tempat yang dijanjikan untuk kalian adalah surga.

Barangkali, jika Ammar bin Yasir adalah pemuda zaman now, kurang lebih dia akan berujar begini, “Sempet-sempetnya liat orang lagi disiksa malah ngomongin surga, kami gak butuh wacana, kami butuh yang riil riil saja!!!

Tetapi Ammar adalah pribadi yang luar biasa, jauh dari pemikiran-pemikiran kerdil semacam itu. Dia termasuk dari orang-orang yang memeluk Islam pada generasi awal atau assabiqunal awwalun. Beliau termasuk sahabat yang mengikuti Nabi SAW ketika berhijrah ke Habasyah dan ke Madinah.

Namun bukan Ammar yang ingin saya bahas di sini. Mari kita lanjutkan pembahasan mengenai janji surge Rasulullah SAW. Tidak hanya kepada kaum teraniaya seperti keluarga Yasir. Kepada kalangan elit pun Rasulullah SAW “tak bisa” menjanjikan apa-apa selain surga.

Ketika beliau menyampaikan dakwahnya kepada Bani Amir bin Sha’sha’ah, ada salah seorang di antara mereka yang bernama Buhairah bin Farras berdiri seraya berkata, “Bagaimana jika kami berbaiat kepadamu atas urusanmu, kemudian Allah memenangkanmu atas orang-orang yang menentangmu, apakah urusan itu akan menjadi milik kami sesudahmu?”

Rasulullah SAW menjawab, “Perkara itu milik Allah, Dia menempatkan di tempat mana pun yang dikehendakiNya.”

BACA JUGA  Wabah Corona dan Lemahnya Komunikasi Pemerintah

Ya, Rasulullah SAW tak bisa menjanjikan kekuasaan dan kedudukan untuk mereka, pada akhirnya Bani Amir pun menolak ajakan beliau. Beliau pun tak lantas meralat jawabannya agar Bani Amir mau bergabung, meskipun pada saat itu Rasulullah SAW sejatinya benar-benar membutuhkan pertolongan mereka.

Begitu pun ketika peristiwa Bai’atul Aqabah kedua berlangsung, beliau pun hanya bisa berkata seperti ini kepada kaum Anshar: “Aku membaiat kalian agar kalian melindungiku seperti halnya kalian melindungi istri-istri kalian dan anak-anak kalian.

Mereka pun bertanya, “Apa yang kami dapatkan, ya Rasulullah, jika kami penuhi baiat tersebut?

Beliau menjawab, “Surga.

Semua itu semata-mata karena di dalam Al Qur’an memang benar-benar tidak ada balasan hakiki yang dijanjikan Allah SWT bagi orang-orang yang menyambut seruan Rasulullah SAW selain surga.

Allah SWT berfirman: “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).

Katakanlah: “Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?”. Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.”(Ali Imran : 14-15)

BACA JUGA  Wabah Corona dan Lemahnya Komunikasi Pemerintah

Jadi ternyata bukan salah Rasulullah SAW jika “hanya” menjanjikan surga. Tetapi yang salah ya orang-orang yang diajak Rasulullah, mengharap dan menuntut kok nanggung, hanya kepada hal-hal yang fana saja dan kalau dipikir agak lama ternyata manfaatnya terlalu bersifat sementara.

Sejatinya Rasulullah SAW hanya ingin mengedukasi kita, agar jangan menjadikan harta, kedudukan, dan kefanaan-kefanaan lainnya sebagai tujuan.

Jadikanlah surga sebagai satu-satunya tujuan !!! Lalu pertanyaannya, jika surga memang satu-satunya tujuan, di manakah letaknya?! Wallahu a’lam, yang pasti bukan di lantai tujuh…

 

Penulis: Rusydan Abdul Hadi

 

 

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Askar Kauny Cetak 130 Duta Guru Tahfizh untuk Nusantara

Perhelatan akbar Askar Kauny bertajuk "Pelatihan Duta Guru Tahfizh se-Nusantara" resmi digelar. Bertempat di Cakrawala Nuansa Nirwana, Bogor Tak kurang dari 130 guru tahfizh dilatih metode MASTER (Menghafal Alquran semudah Tersenyum) secara intensif mulai hari ini, Senin (06/11/2017) hingga Rabu (08/11/2017) mendatang.

Senin, 06/11/2017 14:31 0

Arab Saudi

Pangeran Saudi Terbunuh dalam Kecelakaan Helikopter di Perbatasan Yaman

Pangeran Saudi Mansour bin Muqrin bersama sejumlah pejabat provinsi dilaporkan terbunuh dalam sebuah kecelakaan helikopter. Kecelakaan itu terjadi dekat perbatasan kerajaan dengan Yaman.

Senin, 06/11/2017 14:09 0

Arab Saudi

Bin Salman Tangkap Pangeran dan Menteri Saudi atas Dugaan Korupsi

Penangkapan massal itu berdasarkan perintah dari komisi anti-korupsi yang terbentuk beberapa jam sebelumnya atas perintah Putra Mahkota Muhammed bin Salman.

Senin, 06/11/2017 13:49 0

Amerika

Pelaku Penembakan Gereja di Texas Seorang Pengajar Bibel

Pelaku penembakan massal saat misa di sebuah gereja di Texas pada Ahad (05/11/2017) siang diidentifikasi sebagai Devin Patrick Kelley (26 th). Kelley adalah pengajar ilmu bibel yang dipecat secara tidak hormat dari Angkatan Udara AS.

Senin, 06/11/2017 13:00 1

Indonesia

Pengamat: Siaga 1 Papua Harus Diikuti Peningkatan Keamanan dan Tindakan

"Harus ada peningkatan pengamanan, dan harus ada upaya kualitas tindakan. Kalau tidak, maka pengumuman siaga 1 itu jelas tidak efektif. Sia-sia saja. Para pelaku tidak takut oleh pengumuman, jika tanpa perubahan sistem yang nyata," tukasnya.

Senin, 06/11/2017 12:22 0

Indonesia

Zulkifli Hasan: Salah Paham Jika Taat Beragama Dinilai Anti-NKRI

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengungkapkan, bahwa saat ini bangsa Indonesia dikepung banyak salah paham, atau bisa disebut juga paham yang salah.

Senin, 06/11/2017 11:36 0

Amerika

Penembakan Massal di Gereja Texas, 26 Orang Tewas

Sedikitnya 26 orang tewas dan 20 lainnya luka-luka dalam sebuah penembakan massal di dalam sebuah gereja di Sutherland Springs, Texas. Penembakan tersebut terjadi pada hari Ahad (05/11/2017) di First Baptist Church di Wilson County pada pukul 11:00 waktu setempat.

Senin, 06/11/2017 10:47 0

Video Kajian

Tadzkirah : Larangan Bukan untuk Merampas Kemerdekaan

KIBLAT.NET – Kenapa Allah meciptakan sebuah larangan ? Untuk apakah sebenarnya tujuan sebuah larangan ?...

Senin, 06/11/2017 10:38 0

Artikel

Zakat Profesi Sesuai Fatwa Majelis Ulama Indonesia

Zakat profesi (maal mustafad) ini bukan bahasan baru, para ulama fikih sudah menjelaskan di kitab-kitab klasik, di antaranya adalah kitab al-Muhalla (Ibnu Hazm), al-Mughni (Ibnu Quddamah), Nail al-Athar (asy-Syaukani), maupun di kitab Subul as-Salam (ash-Shan’ani).

Senin, 06/11/2017 10:16 1

Afghanistan

Karena Taliban, Afghanistan Larang WA dan Tele

Otoritas Regulasi Telekomunikasi Afghanistan (TRA), pekan ini, mengeluarkan surat perintah kepada perusahaan-perusahaan provider untuk menghentikan layanan aplikasi Whatsaap dan Telegram. Namun tidak jelas apakah perusahaan-perusahaan ini telah mematuhinya.

Senin, 06/11/2017 10:00 0

Close