... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pembubaran Kajian Felix Siauw Bentuk Pengekangan Hak Penyampaian Pendapat

Foto: Ketua KSHUMI, Chandra Purna Irawan

KIBLAT.NET, Jakarta- Komunitas Sarjana Hukum Muslim (KSHUMI) memberikan tanggapan soal pembubaran kajian Ustadz Felix Siauw. Ketua KSHUMI, Chandra Purna Irawan mengaskan bahwa pembubaran kajian tersebut bentuk pengekangan hak menyampaikan pendapat.

“Pembubaran kajian Ustadz Felix Siauw bentuk pengekangan hak penyampaian pendapat di muka umum,” katanya kepada Kiblat.net melalui keterangan tertulis pada Senin (06/11/2017).

Ia menegaskan bahwa konstitusi telah memberikan jaminan secara langsung dan tegas kepada setiap orang untuk menjalankan hak kebebasan untuk berserikat, kebebasan berkumpul, dan kebebasan menyatakan pendapat. Sebagaimana diatur dalam Pasal 28E ayat 3 UUD 1945.

“Maka kami menolak segala bentuk pengekangan hak menyampaikan pendapat dimuka umum, kriminalisasi terhadap ulama, aktivis dan umat Islam, termasuk terhadap ajaran Islam dan simbol-simbolnya,” tegasnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada pemerintah untuk selalu hadir dan terlibat dalam menengahi dan menyelesaikan setiap problem hukum yang ada di masyarakat. Selain itu juga berkomitmen menjunjung tinggi konsep negara hukum.

“Dan menjauhi seluruh bentuk sikap dan tindakan menyalahgunakan kekuasaan,” ucapnya.

Selain itu KSHUMI juga mendorong kepada Pemerintah dan segenap elemen umat dan bangsa untuk terlibat aktif dan membuka diri dalam berbagai dialog kebangsaan dalam rangka menyelesaikan seluruh problematika yang menimpa bangsa dan negara.

“Dan kepada para alim ulama, aktivis Islam, umat Islam dan seluruh sarjana hukum Muslim Indonesia untuk bersatu padu, bersinergi untuk membangun kekuatan dan soliditas dalam rangka memperjuangkan agama Islam agar menjadi rahmat bagi semesta alam.

BACA JUGA  Berikut Kronologi Pembunuhan Santri Ponpes Husnul Khotimah Kuningan

 

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

5 Tokoh Penting yang Ditangkap Bin Salman Atas Dugaan Korupsi

Dari sekian banyak, ada 5 tokoh penting yang ditangkap 'KPK' Arab Saudi. Siapa saja? Yuk simak artikel ini

Senin, 06/11/2017 16:49 0

Suriah

Israel Siap Lindungi Komunitas Syiah Druze di Suriah

Desa Hader dihuni oleh komunitas Druze, sebuah sekte agama turunan Syiah Ismailiyah yang berada di Suriah, Israel, Wilayah Palestina dan Lebanon.

Senin, 06/11/2017 15:30 0

Analisis

Intrik Politik di Balik Drama Penangkapan Para Pangeran Saudi

Pemerintah Arab Saudi menangkap 11 pangeran, empat menteri dan puluhan mantan menteri. Di antara yang paling menonjol adalah Pangeran Alwaleed bin Talal yang memiliki kekayaan bersih 22 miliar dolar AS (Rp297 triliun).

Senin, 06/11/2017 15:29 0

Opini

Yang Pasti Bukan di Lantai Tujuh

Dalam perjalanan dakwahnya, Rasulullah SAW kerapn menjanjikan satu hal; yaitu surga. Ketika menyaksikan keluarga Yasir yang disiksa oleh kafir Quraisy, beliau hanya bisa berkata, “Bersabarlah wahai keluarga Yasir!

Senin, 06/11/2017 15:00 0

Arab Saudi

Pangeran Saudi Terbunuh dalam Kecelakaan Helikopter di Perbatasan Yaman

Pangeran Saudi Mansour bin Muqrin bersama sejumlah pejabat provinsi dilaporkan terbunuh dalam sebuah kecelakaan helikopter. Kecelakaan itu terjadi dekat perbatasan kerajaan dengan Yaman.

Senin, 06/11/2017 14:09 0

Arab Saudi

Bin Salman Tangkap Pangeran dan Menteri Saudi atas Dugaan Korupsi

Penangkapan massal itu berdasarkan perintah dari komisi anti-korupsi yang terbentuk beberapa jam sebelumnya atas perintah Putra Mahkota Muhammed bin Salman.

Senin, 06/11/2017 13:49 0

Amerika

Pelaku Penembakan Gereja di Texas Seorang Pengajar Bibel

Pelaku penembakan massal saat misa di sebuah gereja di Texas pada Ahad (05/11/2017) siang diidentifikasi sebagai Devin Patrick Kelley (26 th). Kelley adalah pengajar ilmu bibel yang dipecat secara tidak hormat dari Angkatan Udara AS.

Senin, 06/11/2017 13:00 1

Amerika

Penembakan Massal di Gereja Texas, 26 Orang Tewas

Sedikitnya 26 orang tewas dan 20 lainnya luka-luka dalam sebuah penembakan massal di dalam sebuah gereja di Sutherland Springs, Texas. Penembakan tersebut terjadi pada hari Ahad (05/11/2017) di First Baptist Church di Wilson County pada pukul 11:00 waktu setempat.

Senin, 06/11/2017 10:47 0

Video Kajian

Tadzkirah : Larangan Bukan untuk Merampas Kemerdekaan

KIBLAT.NET – Kenapa Allah meciptakan sebuah larangan ? Untuk apakah sebenarnya tujuan sebuah larangan ?...

Senin, 06/11/2017 10:38 0

Artikel

Zakat Profesi Sesuai Fatwa Majelis Ulama Indonesia

Zakat profesi (maal mustafad) ini bukan bahasan baru, para ulama fikih sudah menjelaskan di kitab-kitab klasik, di antaranya adalah kitab al-Muhalla (Ibnu Hazm), al-Mughni (Ibnu Quddamah), Nail al-Athar (asy-Syaukani), maupun di kitab Subul as-Salam (ash-Shan’ani).

Senin, 06/11/2017 10:16 1

Close