Kisah Hijrah Yuki Pas Band: Dari Vokalis, Pebisnis, Menuju Jalan Iman

KIBLAT.NET, Cimahi – Ketika Allah Subhanahu wa ta’ala membalikkan hati seseorang dari jalan keburukan menuju takwa, tak ada satu pun makhluk di dunia yang dapat menolaknya. Yuki Arifin Martawidjaja, mantan vokalis Pas Band ini salah satu yang mendapat anugerah tak ternilai tersebut.

Setelah diterpa beberapa persoalan hidup, dari menjadi vokalis dan rugi dalam berbisnis, pria yang dahulu akrab disapa Yuki Pas Band itu kini memilih jalan baru, yaitu jalan Islam.

“Dulu ketika saya sudah tidak ngeband lagi sempat menghilang dari teman-teman, setelah itu membangun bisnis, bisnis bangkrut dan hanya menyisakan utang,” ujarnya dalam sebuah sesi kajian di Cimahi Technopark, Jalan Raya Baros, Cimahi selatan, Kota Cimahi, Ahad (05/11/2017).

Kerasnya kehidupan membuat Yuki mencoba bangkit dengan pekerjaan lain demi menghidupi keluarga. Namun langkahnya harus terhenti akibat kecelakaan yang menimpa hingga dirinya sempat tidak bisa berjalan akibat cedera.

“Dulu setelah bangkrut dari usaha, kerja keras lagi kesana-kemari. Namun langkah harus terhenti karena cedera yang saya alami, bahkan kaki saya patah saat itu,” tutur Yuki.

Setelah sembuh dari penyakit tersebut, barulah dirinya bertemu dengan jalan Islam. Saat bertemu dengan Islam, ia mengakui bagai tersiram air hujan di saat kegersangan menerpa jiwanya. Seluruh kegelisahannya akhirnya terjawab dengan Al-Quran dan hadits yang ia dengar dari kajian-kajian yang diikuti.

BACA JUGA  MHH Muhammadiyah Nilai Info Komnas HAM Soal Penembakan Laskar Tak Seimbang

“Pada saat saya mulai belajar Islam, di situlah semua perjalanan hidup saya terjawab oleh Al-Quran dan hadits. Pada saat saya buka hadits, loh kok ini persis kehidupan saya. Saya buka Al-Quran, loh kok ini jawaban dari problem kehidupan saya,” kenang Yuki.

Ketika ditanya perihal dirinya yang kerap memberikan motivasi dari kisah hijrahnya, Yuki mengatakan hal itu menjadi ajang untuk menambah ilmu. Sebeb ketika memberikan motivasi, maka dirinya juga akan mendaptkan ilmu dari ustadz yang sama-sama meberikan tausiah saat itu. Baginya berbagi pengalaman tidak akan mengurangi ilmu yang dia miliki, melainkan semakin menambah ilmu.

“Bagi saya ketika saya memberikan pengalaman hidup saya ataupun sedikit tausiah, sebenarnya itu lebih kepada mengingatkan diri saya sendiri, dan tentunya saya juga bisa menambah ilmu,” ungkapnya.

Yuki berharap dengan seringnya berkumpul dengan orang-orang shalih, dirinya akan semakin terjaga dan tetap istiqamah dalam jalan dakwah Islam. Terlebih saat ini banyak artis yang bertaubat hanya sesaat, dan kembali lagi ke profesi sebelumnya.

“Tentunya saya berharap dengan seringnya berkumpul dengan orang-orang shalih, maka semakin terjaga dan istiqamah dalam jalan dakwah,” harapnya.

Lebih jauh saat ditanya apakah punya pemikiran untuk kembali lagi ke dunia artis, ia menjawab, “Sangat rugi jika kita meninggal kenikmatan besar ini hanya untuk mengejar kenikmatan dunia yang sesaat.”

BACA JUGA  Sejumlah Tokoh Bentuk TP3, Advokasi Kasus Penembakan Laskar

Ia pun berharap agar Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan ketetapan hati dalam jalan iman dan dakwah, hingga tiba saatnya berpulang. Yuki berharap kembali kepada Allah dalam kondisi beriman dan ketaatan kepada-Nya.

“Semoga Allah meneguhkan keimanan dalam dada ini, hingga samapai Allah berkata ‘waktunya untuk pulang’,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Reporter: Saifal
Editor: M. Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat