... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

WALHI Rekomendasikan 6 Langkah Selesaikan Persoalan Reklamasi Teluk Jakarta

Foto: Reklamasi Teluk Jakarta
KIBLAT.NET, Jakarta – Merespon polemik yang berkepanjangan terkait persoalan reklamasi Teluk Jakarta yang diliputi berbagai macam opini pejabat negara yang menimbulkan kebingungan publik. Organisasi lingkungan WALHI berpandangan agar pemerintah segera melakukan tindakan nyata menghentikan proyek ilegal yang secara nyata melawan Undang-Undang di Indonesia.
Melanjutkan proses pembangunan pulau-pulau palsu seperti Pulau C dan D yang sudah berdiri saat ini sama saja dengan melakukan pemutihan terhadap kejahatan lingkungan hidup yang sangat bertentangan dengan marwah negara yang berlandaskan pada hukum.
WALHI juga mendesak Gubernur DKI Anies Baswedan untuk segera melaksanakan janji politiknya secara tegas dan dalam tindakan nyata, sehingga tidak menimbulkan intrepretasi dan memperluas spekulasi yang tidak perlu.
”Diperlukan terobosan dari Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, berupa tindakan cepat dan nyata agar polemik tidak berkepanjangan dan semakin mengaburkan persoalan yang ada,” kata Ony Mahardika, Manager Kampanye Pesisir, Laut dan Pulau-Pulau Kecil Eksekutif Nasional WALHI, dalam pers rilisnya kepada media ini.
Menurut WALHI, setidaknya ada 6 langkah nyata yang bisa dilakukan segera oleh Gubernur dan Wakil Gubernur untuk membuktikan keseriusan mereka atas komitmen dan janji politiknya.
Langkah Pertama, Gubernur Anies Baswedan mencabut Peraturan Gubernur No.146 tahun 2014, tentang Pedoman Teknis Membangun dan Pelayanan Perizinan Prasarana Reklamasi Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta.
Kedua, Gubernur Anies Baswedan mencabut Peraturan Gubernur No.206 tahun 2016 dan Peraturan Gubernur No.137 Tahun 2017 yang mengatur Panduan Rancang Kota Pulau C, D dan G.
Ketiga, Gubernur Anies Baswedan tidak menerbitkan izin-izin yang berkaitan dengan dilanjutkannya pelaksanaan reklamasi.
Keempat, Menarik kembali Rancangan Peraturan RZWP3K DKI Jakarta, untuk dilakukan review, yang antara lain menghapus pasal-pasal yang berkaitan dengan Reklamasi Teluk Jakarta.
Kelima, Segera melakukan kajian komprehensif hulu-hilir wilayah Teluk Jakarta dan melakukan kajian komprehensif tentang dampak lingkungan hidup keberadaan pulau yang sudah terlanjur dibangun (Pulau C, D dan G) dengan melibatkan warga terdampak serta partisipasi publik yang bermakna. Proses dan hasil kajian harus dibuka ke publik.
Keenam, Melakukan pemulihan kondisi eksosistem dan lingkungan hidup di wilayah Teluk Jakarta, termasuk pemulihan wilayah yang saat ini sudah terbangun atau berubah menjadi pulau-pulau, dan melakukan rehabilitasi wilayah hidup nelayan tradisional di Teluk Jakarta secara partisipatif.
Ketiadaan langkah nyata dan segera dari Gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta akan berakibat pada berlanjutnya polemik, serta dapat menimbulkan persespi publik  dan warga DKI Jakarta secara negatif kepada pemimpin provinsi yang baru saja terpilih ini.
Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq

Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “WALHI Rekomendasikan 6 Langkah Selesaikan Persoalan Reklamasi Teluk Jakarta”

  1. wahyu wardoyo

    solusi lebih produktif

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Kolom

Maslahat Dakwah Bukanlah Segalanya

KIBLAT.NET – Ada seorang ustadz yang mempunyai jadwal rutin mengisi kajian di sebuah institusi ribawi....

Jum'at, 03/11/2017 17:39 1

Malaysia

Diadili di India, Zakir Naik Dapat Perlindungan di Malaysia

Kendati tengah dijerat hukum di negara asalnya, Zakir Naik dikabarkan mendapatkan perlindungan di Malaysia

Jum'at, 03/11/2017 16:45 0

Video Kajian

Khutbah Jumat – Ciri-ciri Orang yang Dicintai Allah (Ust. Muhajirin Ibrahim, Lc )

KIBLAT.NET – Ada beberapa ciri mereka yang dicintai Allah. Apa sajakah ciri-ciri orang tersebut ?...

Jum'at, 03/11/2017 15:59 0

Amerika

Twitter Tutup Akun Resmi Donald Trump, Ini Fakta Sebenarnya

Akun Twitter pribadi Presiden AS Donald Trump ditutup oleh Twitter pada Kamis (02/11/2017) kemarin.

Jum'at, 03/11/2017 15:49 0

Amerika

Dalam Sehari, AS Habiskan Rp 3,4 Triliun untuk Proyek Kontra-Terorisme 

Jika ditotal sejak dimulainya Perang Kontra-Terorisme tahun 2001, nilainya mencapai sekitar Rp 19,6 kuadriliun hingga pertengahan 2017.

Jum'at, 03/11/2017 14:08 0

Palestina

100 Tahun Deklarasi Balfour: Warga Palestina Protes Keberpihakan Inggris kepada Yahudi

Orang-orang di berbagai belahan dunia telah melakukan aksi protes pada seratus tahun Deklarasi Balfour yang diprakarsai Inggris. Saat itu pemerintah Inggris mengumumkan dukungan untuk "tanah air nasional bagi orang Yahudi" di Palestina ketika Perang Dunia I.

Jum'at, 03/11/2017 13:22 0

Feature

Di Balik Alexis (Bag 2): Menjelajahi Lantai Maksiat

Baik Lina dan Fadjar tak menungangkapkan kapan jadwal operasi dan tarif yang dipasang untuk pelanggan di lantai 7

Jum'at, 03/11/2017 12:46 0

Asia

India Diguncang Ledakan, 26 Orang Dilaporkan Tewas

"Sekitar 80 orang telah dilarikan ke rumah sakit perusahaan," kata operator National Thermal Power Corporation (NTPC) Limited miliki pemerintah seperti dikutip BBC, Kamis (02/11/2017).

Jum'at, 03/11/2017 11:39 0

Afrika

Pasukan Gabungan Afrika Luncurkan Misi Militer di Sahel

Tujuan misi ini untuk memerangi jihadis yang menjadikan Sahel sebagai markas. Mereka didukung AS dan Perancis.

Jum'at, 03/11/2017 09:53 0

Suriah

“Pemerintahan Darurat Suriah” Dideklarasikan di Idlib

Pemerintahan ini dibentuk untuk mengelola adminsitrasi di wilayah-wilayah yang sudah dibebaskan di Suriah utara, terutama Idlib. Entitas ini diklaim satu-satunya pemerintahan oposisi yang tak ada campur tangan asing.

Jum'at, 03/11/2017 08:38 0

Close