... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pasukan Gabungan Afrika Luncurkan Misi Militer di Sahel

KIBLAT.NET, Niger – Pasukan gabungan Negara di kawasan Sahel Afrika mengumumkan memulai misi militer pada Kamis (02/11). Misi ini dalam rangka menghadapi kelompok jihadis yang bebas bergerak di wilayah tersebut.

Negara-negara yang dilintasi wilayah Sahel (Mali, Chad, Burkina Faso, Mauritania dan Niger) membentuk pasukan gabungan pada 28 Oktober lalu dengan dukungan penuh AS dan Perancis. Pembentukan pasukan ini seiring kembali aktifnya jihadis di Afrika, seperti kelompok yang berafiliasi dengan Al-Qaidah dan ISIS, di wilayah tersebut.

Misi pasukan ini menjaga wilayah tersebut. Dalam operasi, mereka juga dibantu 4.000 tentara Perancis yang ditempatkan di sana sejak Prancis melakukan intervensi di Mali utara pada tahun 2013 untuk menghadapi jihadis.

Dalam pernyataannya, pasukan gabungan Negara Sahel mengatakan bahwa misi pertama dinamai Houppe. Misi ini didukung ratusan tentara Mali, Niger dan Burkina Faso. Tiga Negara ini berbagai perbatasan yang menjadi titik rawan.

Pasukan tiga Negara ini akan mengendalikan perbatasan masing-masing untuk menghadapi kelompok-kelompok jihadis. Sehingga dapat member rasa aman bagi warga. Pasukan ini akan terus ditambah hingga 5000.

Pusat komando pasukan gabungan ini berada di Sivar, Mali tengah. Dalam operasi, kekuatan militer tersebut juga berkoordinasi dengan pasukan penjaga perdamaian PBB di Mali.

Di sisi lain, kekuatan baru menghadapi sejumlah tantangan, terutama pembiayaan. Amerika Serikat berjanji minggu ini membantu $ 60 juta untuk mendukung misi tersebut, namun Prancis dan negara-negara lain berharap Washington akan mendukung misinya dengan dukungan langsung dari Perserikatan Bangsa-Bangsa.

BACA JUGA  Uni Afrika Cabut Penangguhan Keanggotaan Sudan

Sahel yang luas telah berubah menjadi sebuah medan pertempuran, kekerasan dan pelanggaran hukum sejak pecahnya kekacauan di Libya pada tahun 2011, bangkitnya jihadis di Mali dan munculnya Boko Haram. Konstur wilayahnya yang bergurun dan hutan menjadi tempat aman bagi para pejuang.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Lagi, Densus 88 Tangkap Lima Orang di Bima

Karo Penmas Div Humas Mabes Polri, Rikwanto mengatakan penangkapan 5 (lima) orang di Bima merupakan tindakan lanjutan dari operasi Densus 88 sejak tanggal 30-31 Oktober. Kelima orang itu, Muhammad Ikbal Tanjung umur 28 tahun, Abdul Hamid alias Dami umur 60 tahun, Jasman Ahmad umur 28 tahun, Yaser Bin Thamrin umur 29 tahun dan Arkam umur 30 tahun.

Jum'at, 03/11/2017 08:15 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Persaudaraan yang Dibawa Sampai ke Surga

Khutbah Pertama الحمد لله الذي أصلحَ الضمائرَ، ونقّى السرائرَ، فهدى القلبَ الحائرَ إلى طريقِ أولي...

Jum'at, 03/11/2017 08:06 1

Indonesia

Maslahat Dakwah Bukan Segalanya

Maslahat dakwah bukan segalanya, karena apa yang sering kita namai maslahat dakwah sejatinya hanyalah bagian dari persangkaan manusia saja

Jum'at, 03/11/2017 06:06 0

Indonesia

Ini Kejanggalan Persidangan Tamim Pardede Versi Pengacara

"Kita akan mengajukan banding. Karena kita lihat hakim mengabaikan fakta persidangan dan juga bukti bukti. Dan itu permintaan klien kami," ujarnya saat dihubungi Kiblat.net pada Kamis (02/11).

Jum'at, 03/11/2017 06:01 0

Indonesia

Aung San Suu Kyi Akhirnya Datang Ke Rakhine, Ini Tujuannya

Setelah terjadi serangkaian pembantaian terhadap muslim Rohingya, pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi akhirnya mengunjungi Rakhine, Kamis (02/11/2017)

Kamis, 02/11/2017 22:22 0

Indonesia

Polisi Buru Penyebar Meme Setnov, Warganet: Aneh Lihat Hukum Sekarang

KIBLAT.NET, Jakarta – Sejumlah orang menjadi target pengejaran polisi setelah menyebarkan meme satire terkait Ketua...

Kamis, 02/11/2017 21:11 1

Indonesia

Vonis Hakim 2 Tahun Penjara dan Denda Rp200 Juta kepada Tamim Pardede Dipertanyakan

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 2 tahun penjara dan denda Rp200 juta kepada pegiat media sosial Tamim Pardede

Kamis, 02/11/2017 20:16 0

Munaqosyah

Surat Cinta untuk Harakah Jihad

Tulisan-tulisan para ulama mampu menjaga jihad dari pemahaman yang menyimpang. Karya-karya mereka juga mampu menjaga praktek jihad dari ghuluw, sebagaimana karya mereka juga menjaga jihad agar tidak ditinggalkan oleh umat.

Kamis, 02/11/2017 20:00 0

Indonesia

Fadli Zon Sebut Putusan untuk Buni Yani Ujian Penegakan Hukum di Indonesia

"Ini menjadi satu ujian bagi sejarah penegakan hukum di Indonesia"

Kamis, 02/11/2017 19:12 1

Indonesia

Data Nomor Seluler Dilindungi UU, Pemerintah Pun Tak Boleh Salahgunakan

Sudah ada aturan hukum yang melindungi pengguna telepon seluler

Kamis, 02/11/2017 18:12 0

Close