... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Data Nomor Seluler Dilindungi UU, Pemerintah Pun Tak Boleh Salahgunakan

Foto: Ilustrasi kartu prabayar.

KIBLAT.NET, Jakarta – Muncul keresahan menyusul kebijakan kewajiban registrasi Kartu SIM telepon seluler dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Sebenarnya, undang-undang telah melindungi pengguna nomor seluler dari penyalahgunaan, termasuk oleh pemerintah.

“Sudah ada regulasinya pemerintah untuk melindungi data para konsumen,” kata pengurus Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Abdul Basith saat dihubungi Kiblat.net, Kamis (02/11/2017).

Meski demikian, YLKI menilai masih sering terjadi penyalahgunaan kartu perdana yang merugikan konsumen. “Misal telepon minta pulsa, atau sms nomor rekening, dan kabar kecelakaan. Kan itu sangat merugikan,” imbuhnya.

Menurut Basith bukan hanya data registrasi saja yang bisa diakses oleh provider. Lebih dari itu, rekaman suara telepon antar pengguna juga disimpan oleh provider. Namun karena ada undang-undang yang mengatur hal komunikasi seperti ini, dia menyebut data itu seharusnya tidak disalahgunakan oleh pihak ketiga, termasuk pemerintah.

“Sehingga, tidak bisa disalahgunakan oleh operator maupun pihak ketiga bahkan pemerintah sekalipun tanpa melalui prosedur hukum yang sah,” lanjutnya.

“Nomor seluler kita dengan segala isi percakapannya dilindungi dalam undang-undang,” tandas Basith.

Selama ini jaminan perlindungan data pribadi diatur dalam Undang-undang nomor 36 tahun 2009 pasal 42 dan UU nomor 23 tahun 2006 pasal 85.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan pengguna ponsel melakukan registrasi kartu SIM memakai nomor induk kependudukan (NIK) KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK).

BACA JUGA  Daripada Bahas Cadar, Menag Diminta Pastikan RUU Miras Rampung

Di tengah masyarakat, terjadi keresahan penggunaan NIK dan nomor KK. Salah satu alasan yang diungkapkan adalah apakah data privasi tersebut akan digunakan dalam pemilihan Presiden yang akan datang.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Serangan New York: Trump Minta Tersangka Dipenjara di Guantanamo

Menanggapi inisiatif Trump, Ibrahim Hooper, Direktur Komunikasi Nasional di Council on American Islamic Relations (CAIR), mengatakan bahwa mengirim tersangka ke Guantanamo adalah tindakan inkonstitusional.

Kamis, 02/11/2017 14:15 0

Video News

Kiblat Review : Ujaran Kebencian

KIBLAT.NET – Surat Edaran Hate Speech yang beberapa waktu lalu dikeluarkan oleh Kapolri Jenderal Badrodin...

Kamis, 02/11/2017 13:42 0

Suriah

Perundingan Astana Ketujuh Berakhir Tanpa Hasil

Putaran ketujuh perundingan tentang nasib Suriah di ibukota Kazakhstan, Astana berakhir tanpa kesepakatan pada hari Selasa (31/10/2017).

Kamis, 02/11/2017 13:02 0

News

Kominfo Sebut Data Pelanggan Kartu Prabayar Dijamin Aman

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemkominfo, Ahmad Ramli menjamin registrasi ulang kartu seluler prabayar aman.

Kamis, 02/11/2017 11:40 0

Video News

Melihat dari Dekat Lantai Maksiat di Alexis

KIBLAT.NET – Pemprov DKI Jakarta telah menyetop izin operasi Hotel dan Griya Pijat Alexis. Hotel...

Kamis, 02/11/2017 09:55 0

Rusia

Rusia Pakai Kapal Selam untuk Serang ISIS di Deir Zour, Apa Tujuannya?

Memanfaatkan Misil Sebelum Kadaluarsa Al-Rahal menunjukkan bahwa rudal jarak jauh memiliki tiga tingkat peluncuran. Rudal-rudal jenis ini bertujuan untuk melindungi kapal militer di laut. Biasanya, misil jenis ini ditempatkan di kelas dua (rudal menengah) karena jarak dari kelas tiga sampai kelas satu (dalam peluncuran) mungkin memakan waktu hingga delapan jam. Itu adalah jangka waktu perlindungan kapal yang relatif lama jika terjadi risiko tinggi.

Kamis, 02/11/2017 09:42 0

Iran

Putin Temui Hassan Rouhani dan Khemenei

Presiden Rusia Vladimir Putin, Rabu (01/11), menemui kolega Irannya, Hassan Rouhani. Pertemuan di Istana Presiden Saadabad di Teheran itu rangkaian kunjungan resmi Putin ke Iran untuk ambil bagian dalam pertemuan puncak tiga Negara, Rusia, Azerbaijan dan Iran.

Kamis, 02/11/2017 08:21 0

Feature

Fakta di Balik Alexis (Bag:1): Gedung ‘Surga’ yang Minim Fasilitas

Meski dijuluki 'surga', nyatanya wartawan tak diajak ke aula justru dikumpulkan ke sebuah mini bar. Selain itu, rupanya gedung 7 lantai ini tak memiliki tangga emergency

Kamis, 02/11/2017 07:04 0

Amerika

Kerap Berbohong, Klaim Pentagon Soal Jumlah Pasukan AS di Suriah Diragukan

Pentagon kerap berbohong soal jumlah pasukan AS yang dikerahkan di berbagai medan perang. Kebohongan ini terutama nampak sekali dalam perang di Iraq dan Suriah.

Rabu, 01/11/2017 18:12 0

Palestina

Hari Ini, Hamas Sudah Tidak Lagi Kelola Seluruh Penyeberangan Gaza

Pemerintah rekonsiliasi Palestina mengumumkan, Selasa (31/10), kesiapannya menerima pintu perlitasan Jalur Gaza dari Hamas. Penyerahan tersebut merupakan satu dari beberapa poin kesepahaman rekonsiliasi antara Gerakan Fatah dan Hamas. Seluruh perlintasan Gaza akan resmi diambilalihkan pada Rabu ini (01/11).

Rabu, 01/11/2017 17:00 0

Close