Satu NIK dan KK Tidak Dibatasi untuk Tiga Kartu Prabayar

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan pengguna ponsel melakukan registrasi kartu SIM memakai nomor induk kependudukan (NIK) KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Dalam hal ini, Plt. Biro Humas Kominfo, Noor Iza memberikan keterangan terkait jumlah kartu yang dapat divalidasi dengan satu NIK dan KK. Menurutnya pengguna bisa mendaftar di beberapa kartu SIM, hanya dengan satu NIK dan KK.

“Registrasi secara mandiri menggunakan SMS, dibatasi 3 nomor tiap operator,” kata Noor kepada Kiblat.net pada Senin (30/10/2017).

Noor mengatakan tiga nomor dalam satu NIK dan KK bukan menjadi jumlah maksimal. “(Satu) NIK maksimal 3 nomor untuk setiap operator apabila registrasinya pakai SMS. tetapi untuk kartu yang keempat kelima, gimana caranya? Kita datang ke gerai milik provider,” jelasnya.

Lanjut Noor, registrasi baru ini formatnya berbeda-beda dari setiap operator meskipun mirip. Ia mengimbau agar pengguna memahami SMS yang dikirim oleh operator. “Pokoknya kita ikuti saya sesuai dengan permintaan mereka,” imbuhnya.

“Jadi nanti untuk registrasi baru, semua kartu perdana untuk mengaktifkan per 31 Oktober ini harus menggunakan registrasi baru format SMS. Yang menggunakan NIK dan KK yang saat ini sedang berjalan,” imbuhnya.

Terakhir, ia menunjukkan tata cara registrasi baru ini. “Caranya SMS ketik NIK pagar nomor data pagar kirim ke 4444. Untuk operator seperti Telkomsel ini beda, dia caranya adalah ketik reg spasi NIK pagar nomor KK pagar kirim ke 4444,” tutupnya.

BACA JUGA  Din Syamsuddin Nilai Pemanggilan Anies Oleh Polisi Tak Wajar

Reporter: Afriza
Editor: M. Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat