... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Registrasi Kartu SIM Wajib Pakai NIK dan Nomor KK, Ini Alasan Kemkominfo

Foto: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemilik kartu SIM diwajibkan melakukan registrasi dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sekaligus Nomor Kartu Keluarga (KK). Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengungkapkan hal itu terkait validasi di Kementerian Dalam Negeri.

Kemkominfo mewajibkan registrasi baru kepada pemilik kartu SIM baru, juga registrasi ulang bagi kartu SIM lama mulai 31 Oktober 2017. Registrasi itu dilakukan dengan menggunakan NIK dan nomor KK.

“Ini registrasi kembali karena registrasi yang model baru, yaitu menggunakan NIK dan nomor KK,” kata Plt Humas Kemkominfo, Noor Iza saat dihubungi Kiblat.net, Senin (30/10/2017).

Menurut Noor Iza dalam proses registrasi ini akan tervalidasi dengan baik karena ekosistem KTP elektronik di Kementerian Dalam Negeri diklaimnya telah berjalan. Dengan menggunakan nomor KK dan NIK akan menjadikan data pengguna kartu SIM sah dan valid.

Saat ditanya soal alasan penggunaan NIK dan nomor KK secara bersamaan dalam regsitrasi, Noor Iza mengatakan hal itu terkait masalah teknis. NIK saja sebenarnya sudah cukup, tetapi nomor KK diperlukan untuk validasi.

“Untuk terkoneksi tervalidasi di Kementerian Dalam Negeri,” imbuhnya.

Dia menambahkan penggunaan nomor KK dalam registrasi kartu SIM diperlukan untuk memastikan yang melakukan registrasi adalah pemilik NIK sebenarnya. Nomor KK sebagai data pembanding dalam validasi registrasi. “Ini semacam username dan passwordnya,” ujarnya.

Reporter: Afriza DS
Editor: Imam S.

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

4 comments on “Registrasi Kartu SIM Wajib Pakai NIK dan Nomor KK, Ini Alasan Kemkominfo”

  1. BJ

    Jika pendatang dr luar negeri beli SIM spt apa registrasinya?

  2. Sabdo Palon

    Suruh pake KTP n KK??? KTP nya aja masih sementara korban korupsi E-KTP…… Nahhh lhooo…

  3. Vj

    Makin ribet rasanya

  4. Ilum Juwarca

    sebagian besar pengguna HP adalah anak yang berumur di bawah 17 tahun (Belum punya KTP/NIK), bagaimana untuk registrasi ulang?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Asia

Mulai Diadili, Zakir Naik Didakwa dengan Pasal Berlapis

Badan Investigasi Nasional India (NIA) mulai melimpahkan kasus yang menjerat pakar kristologi, Zakir Abdul Karim Naik ke pengadilan.

Selasa, 31/10/2017 17:16 1

Afghanistan

Profesor AS yang Ditawan Taliban Sakit Keras

Imarah Islam Afghanistan (Taliban), Senin (30/10), mengabarkan bahwa seorang akademisi AS yang ditawannya saat ini mengalami sakit keras dan membutuhkan perawatan medis mendesak. Gerakan tersebut sudah menempuh langkah-langkah medis untuk merawat akademisi itu namun karena keterbatasan, tidak sanggup lagi menanganinya.

Selasa, 31/10/2017 15:28 0

Video Kajian

Bolehkah Wanita Menawarkan Diri untuk Dinikahi ? – Ust. Dr. A. Zain An Najah, MA.

KIBLAT.NET – Pemuda yang melamar wanita itu sudah biasa. Lantas, bagaimana dengan wanita yang menghibahkan...

Selasa, 31/10/2017 13:27 0

Amerika

Solidaritas Rohingya, Muslim AS Geruduk Gedung Putih

Ratusan orang berkumpul di depan Gedung Putih untuk memprotes kekerasan yang sedang berlangsung yang menargetkan minoritas Muslim Rohingya di Myanmar.

Selasa, 31/10/2017 12:36 0

Timur Tengah

Alasan Menlu Bahrain Ingin Keanggotaan Qatar Dibekukan dari GCC

Menteri Luar Negeri Bahrain meminta pembekuan keanggotaan Qatar di Dewan Kerjasama Teluk atau Gulf Cooperation Council (GCC) sampai negara tersebut memenuhi tuntutan keempat negara Arab pemboikot.

Selasa, 31/10/2017 11:50 0

Singapura

Singapura Tolak Dua Ulama Ini Masuk Negaranya

Departemen Dalam Negeri Singapura menjelaskan, pihaknya melarang dua ulama itu mengunjungi negaranya untuk menghindari perpecahan. Kedua tokoh agama itu, kata Depdagri Singapura, dikenal dengan ceramahnya yang “intoleran”.

Selasa, 31/10/2017 09:56 0

Manhaj

Sunnah Tadafu’, Eksistensi Pertarungan antara Hak dan Batil

Jika orang kafir berkata bahwa mereka tidak membenci Islam dan kaum muslimin. Berarti ada dua kemungkinan, mereka sedang berdusta atau anda tidak berada di atas Islam yang benar.

Selasa, 31/10/2017 08:00 0

Analisis

Memahami Strategi Tito Karnavian Hadapi Kelompok Insurgensi dan Islam Radikal

Meskipun pemerintah telah memiliki Densus 88 yang disebut telah mendulang kesuksesan dalam pemberantasan kelompok terorisme, namun acaman terorisme belum sepenuhnya telah dinetralisir.

Senin, 30/10/2017 17:33 0

Prancis

Prancis: Perang terhadap “Teroris” di Timteng Belum Berhasil

Menteri Pertahanan Prancis, Florence Barley, mengungkapkan bahwa perang melawan “teroris” di Timur Tengah belum berhasil. Hal itu diungkapkannya di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada Ahad (29/10).

Senin, 30/10/2017 14:46 0

Tarbiyah Jihadiyah

Zuhud, Modal Awal Istiqomah dalam Perjuangan

Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan pandangannya secara singkat terhadap An-Nabulsi, "Dia adalah seorang yang zuhud, ahli ibadah, wara' yang selalu berkorban di jalan Allah."

Senin, 30/10/2017 14:10 0