... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Perppu Ormas Disahkan, Demokrat: Kami Penyeimbang

Foto: Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) tentang Perppu Ormas di Gedung DPR, Kamis (19/10/2017).

KIBLAT.NET, Jakarta – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Agus Hermanto menyebut bahwa dalam menyikapi Perppu Ormas fraksinya mengambil posisi sebagai penyeimbang. Yaitu menerima dengan revisi.

“Sikap Fraksi Partai Demokrat sebagai partai penyeimbang tegas dan jelas. Menerima Perppu Ormas jika dilakukan revisi dan menolak jika pemerintah tidak dilakukan revisi,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kiblat.net pada Jumat (27/10/2017).

Ia juga mengungkapkan bahwa Demokrat telah bertemu dengan pemerintah, dalam hal ini Mendagri dan Menkominfo. Dan hasil dari pertemuan tersebut Pemerintah berkomitmen lakukan revisi. “Fraksi Partai Demokrat telah menyiapkan usulan revisi tersebut,” ucapnya.

Menurutnya, ada tiga hal yang harus direvisi dalam Undang-undang Ormas. Pertama adanya proses hukum pengadilan sebelum pembubaran ormas.

“Kedua pengaturan proses tindakan pada ormas yang nyata-nyata diduga bertentangan dengan Pancasila dengan tetap memedomani ‘due process of law’,” imbuh Agus.

Yang ketiga adalah pemidanaan terhadap anggota harus berpedoman kepada KUHP dan KUHAP. Artinya, untuk anggota bersifat pasif tidak bisa dengan mudah dipenjara.

“Pengaturan pemidanaan terhadap anggota ormas yang dibubarkan tidak bisa digeneralisasi, karena berpotensi terjadi kriminalisasi,” ungkapnya.

Fraksi lain yang menyetujui pengesahan Perppu Ormas menjadi Undang-undang adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Dari total 442 suara, PKB menyumbang 32 suara dan PPP menyumbang 24 suara. Adapun Demokrat dengan 42 suara.

BACA JUGA  Psikolog Forensik: Tulisan Denny Siregar Soal Anak Calon Teroris Bentuk Stigmatisasi

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Perppu Ormas Disahkan, Demokrat: Kami Penyeimbang”

  1. Kami Penyeimbang,…penyeimbang apanya….perpu sudah di ketuk palu,…dilihat saja nanti,..soalnya demokrat masternya ambigu

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Empat Konferensi Soal Suriah Digelar November, Salah Satunya Bikinan Rusia

Rusia mengejutkan semua orang dengan menggelar konferensi yang disebut "Rakyat Suriah" di pangkalan militer Hameimim di Lattakia.

Jum'at, 27/10/2017 10:15 0

Amerika

Laporan Internasional Kembali Tegaskan Assad Gunakan Senjata Kimia

Isinya menegaskan rezim Suriah bertanggung jawab atas pembantaian yang menewaskan lebih dari 87 orang dan memicu gelombang kecaman internasional.

Jum'at, 27/10/2017 08:00 0

Lebanon

Beirut Memanas, Warga Syiah Turun ke Jalan Kutuk Hizbullah

"Warga menyebut Hizbullah sebagai penyebab kerusakan. Banyak juga yang memposting di akun media sosial mereka dan mengutuk organisasi itu dan sekretaris jendralnya," kata laporan TV setempat yang dikutip Aawsat.

Kamis, 26/10/2017 17:38 1

News

Khutbah Jumat: Inilah Tiga Karakter Muslim Sejati

Tanpa itu, seorang muslim bisa goyah. Banyak kisah menjadi pelajaran. Seseorang telah beriman dan hijrah bersama Nabi SAW ke Madinah, namun kemudian goyah oleh kuda peliharaannya di Mekkah. Ia menyalahkan jalan hijrah.

Kamis, 26/10/2017 15:36 4

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Korupsi Memicu Terorisme

Dunia mengakui, bahwa korupsi adalah ancaman utama bagi perdamaian dan stabilitas. Korupsi adalah jantung dari banyak masalah terbesar yang dihadapi dunia saat ini.

Kamis, 26/10/2017 12:37 0

Suriah

Syaikh Abu Qatadah dan Al-Maqdisi Imbau Persatuan di Tubuh HTS

Sejumlah ulama jihadis menyerukan sebuah inisiatif untuk rekonsiliasi antara Haiah Tahrir Syam dan kelompok Al-Qaidah di Suriah. Syaikh Abu Qatadah al-Filistini dan Abu Muhammad al-Maqdisi menjadi bagian dari pemrakarsa seruan itu.

Kamis, 26/10/2017 11:55 0

Manhaj

Tugas dan Kewajiban Pemimpin Umat Islam

Kekuasaan di dalam Islam adalah tanggung jawab. Kekuasaan tidaklah diberikan kepada seseorang melainkan untuk mewujudkan tujuan. Nah, tercapainya tujuan tersebut merupakan tanggung jawab bersama antara rakyat dan penguasa.

Kamis, 26/10/2017 11:20 0

Myanmar

Turki Siap Bangun Proyek Penampungan Warga Rohingya Senilai $50 Juta

Koru berharap pemerintah Naypyidaw untuk memperhatikan kondisi etnis Muslim Rohingya dan memperhatikan peringatan yang ada.

Kamis, 26/10/2017 09:43 0

Turki

AFAD dan BSM Turki Salurkan Makanan kepada 1.500 Keluarga Suriah

Dalam hal ini, Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) dan Bulan Sabit Merah Turki (Kizilay) turut berpartisipasi dalam distribusi bantuan pangan pada keluarga yang sedang berjuang di kota al-Bab dan Qabasin.

Kamis, 26/10/2017 09:30 0

Afghanistan

Operasi Taliban Kembali Guncang Markas Militer Afghanistan

Kelompok pejuang Islam Afghanistan, Taliban, dikabarkan kembali melakukan sejumlah penyerangan di provinsi Farah dan Herat.

Kamis, 26/10/2017 08:50 0

Close