... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Waspada! Ini 10 Kriteria Aliran Sesat

Foto: Kriteria aliran sesat

KIBLAT.NET, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara resmi mengumumkan sepuluh kriteria aliran sesat.

MUI hari ini menggelar acara Forum Sinergitas Penanganan Pengawasan dan Pembinaan Aliran Keagamaan di Indonesia. Dalam kesempatan itu MUI juga meluncurkan buku Panduan Penanganan Pengawasan dan Pembinaan Aliran Sesat di Indonesia.

Ketua Komisi Pengkajian dan Penelitian (PP) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof. Utang Ranuwijaya memaparkan sepuluh kriteria sesat. “Aliran dinyatakan sesat bila masuk salah satu dari sepuluh kriteria tersebut,” ungkapnya di Kantor MUI Pusat Jakarta, Kamis (26/10/2017).

“Pertama, mengingkari rukun iman dan rukun Islam,” kata Utang.

Kriteria kedua, meyakini atau mengikuti akidah yang tidak sesuai dengan dalil syar’i, yakni Alquran dan Sunnah. Ketiga, meyakini turunnya wahyu setelah Alquran.

Selanjutnya ciri keempat, mengingkari otentisitas dan kebenaran Alquran. Kelima, menafsirkan Alquran yang tidak berdasar kaidah-kaidah tafsir.

Prof Utang melanjutkan, yang keenam, mengingkari kedudukan hadits sebagai sumber ajaran Islam. Ketujuh, melecehkan atau mendustakan nabi dan Rasul. Kedelapan, mengingkari Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan Rasul terakhir.

Ciri kesembilan, mengurangi atau menambahkan pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan syariah. “Kesepuluh, mengkafirkan sesama Muslim hanya karena bukan kelompoknya,” tukasnya.

Reporter: Hafidz Salman
Editor: Imam S.

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Lebanon

Beirut Memanas, Warga Syiah Turun ke Jalan Kutuk Hizbullah

"Warga menyebut Hizbullah sebagai penyebab kerusakan. Banyak juga yang memposting di akun media sosial mereka dan mengutuk organisasi itu dan sekretaris jendralnya," kata laporan TV setempat yang dikutip Aawsat.

Kamis, 26/10/2017 17:38 1

News

Khutbah Jumat: Inilah Tiga Karakter Muslim Sejati

Tanpa itu, seorang muslim bisa goyah. Banyak kisah menjadi pelajaran. Seseorang telah beriman dan hijrah bersama Nabi SAW ke Madinah, namun kemudian goyah oleh kuda peliharaannya di Mekkah. Ia menyalahkan jalan hijrah.

Kamis, 26/10/2017 15:36 0

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Korupsi Memicu Terorisme

Dunia mengakui, bahwa korupsi adalah ancaman utama bagi perdamaian dan stabilitas. Korupsi adalah jantung dari banyak masalah terbesar yang dihadapi dunia saat ini.

Kamis, 26/10/2017 12:37 0

Suriah

Syaikh Abu Qatadah dan Al-Maqdisi Imbau Persatuan di Tubuh HTS

Sejumlah ulama jihadis menyerukan sebuah inisiatif untuk rekonsiliasi antara Haiah Tahrir Syam dan kelompok Al-Qaidah di Suriah. Syaikh Abu Qatadah al-Filistini dan Abu Muhammad al-Maqdisi menjadi bagian dari pemrakarsa seruan itu.

Kamis, 26/10/2017 11:55 0

Manhaj

Tugas dan Kewajiban Pemimpin Umat Islam

Kekuasaan di dalam Islam adalah tanggung jawab. Kekuasaan tidaklah diberikan kepada seseorang melainkan untuk mewujudkan tujuan. Nah, tercapainya tujuan tersebut merupakan tanggung jawab bersama antara rakyat dan penguasa.

Kamis, 26/10/2017 11:20 0

Myanmar

Turki Siap Bangun Proyek Penampungan Warga Rohingya Senilai $50 Juta

Koru berharap pemerintah Naypyidaw untuk memperhatikan kondisi etnis Muslim Rohingya dan memperhatikan peringatan yang ada.

Kamis, 26/10/2017 09:43 0

Turki

AFAD dan BSM Turki Salurkan Makanan kepada 1.500 Keluarga Suriah

Dalam hal ini, Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) dan Bulan Sabit Merah Turki (Kizilay) turut berpartisipasi dalam distribusi bantuan pangan pada keluarga yang sedang berjuang di kota al-Bab dan Qabasin.

Kamis, 26/10/2017 09:30 0

Afghanistan

Operasi Taliban Kembali Guncang Markas Militer Afghanistan

Kelompok pejuang Islam Afghanistan, Taliban, dikabarkan kembali melakukan sejumlah penyerangan di provinsi Farah dan Herat.

Kamis, 26/10/2017 08:50 0

Afrika

Niger, Simpul Operasi Militer AS di Afrika Barat

Tanggal 4 Oktober lalu, pasukan khusus AS menjadi korban serangan ambush militan Islam di Niger, dekat perbatasan Mali. Empat tentara Amerika meregang nyawa. Setelah mencuat di publik, insiden ini kemudian mengungkap fakta lainnya bahwa ternyata AS mengerahkan hampir 1.000 pasukan darat di Niger, jumlah yang terlalu kolosal untuk sebuah negara kecil seperti Niger.

Kamis, 26/10/2017 08:15 0

Video Kajian

Bahaya Dosa Kecil (Bag 2) – Ust. Abu Rusydan

KIBLAT.NET – Seringkali kita merasa dibuat susah oleh Alalh SWT dalam berbagai hal. Tahukah kalian...

Kamis, 26/10/2017 08:00 0