Kanada Janji Salurkan Jutaan Dolar untuk Rohingya

KIBLAT.NET, Ottawa – Pemerintah Kanada menyatakan bahwa pihaknya akan menghibahkan dana senilai $9,5 juta untuk membantu etnis Muslim Rohingya yang teraniaya.

Terkait hal ini, Perdana Menteri Justin Trudeau juga memaparkan bahwa pihaknya telah menunjuk Bob Rae, mantan perdana menteri Ontario sebagai utusan khusus ke Myanmar.

“Kanada sangat prihatin dengan krisis kemanusiaan dan keamanan yang mendesak di negara bagian Rakhine, khususnya penganiayaan brutal terhadap warga Muslim Rohingya,” katanya pada Selasa (24/10/2017).

“Saya yakin bahwa pengalaman Bob Rae yang luas sebagai pengacara, penasihat, juru runding, arbiter, dan pegawai negeri akan membantu Kanada bekerja lebih efektif dengan Myanmar,” tambahnya.

Sementara itu, Bob Rae mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan berbagai cara untuk mengatasi krisis kemanusiaan di Rakhine.

“Menurut saya, sangat perlu bagi kita untuk terus menempuh jalur sebanyak mungkin untuk mengatasi krisis kemanusiaan di Myanmar,” ujarnya dalam sebuah pernyataan.

Sejauh ini, lebih dari 600.000 warga Muslim Rohingya telah melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh karena adanya tindakan kekerasan yang dilakukan pasukan Myanmar.

Selain itu, sekitar 3.000 warga Muslim Rohingya juga tewas di perbatasan ketika melarikan diri ke Bangladesh.

Sumber: Anadolu
Reporter: Dio Alifullah

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat