Ini Isi Petisi IA ITB Tolak Pencabutan Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta

KIBLAT.NET, Jakarta – Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) dengan tegas menolak adanya reklamasi teluk Jakarta. IA ITB pun mengeluarkan petisi penolakan tersebut pasca nama IA ITB dicatut Menteri Kemaritiman sebagai landasan dicabutnya Moratorium Reklamasi.

Point petisi adalah membantah pernyataan Menteri Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan dan menolak penuh adanya reklamasi teluk Jakarta. Hal itu dibacakan oleh alumni ITB, Ayub Laksono dalam konfrensi pers di Hotel Sofyan, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, (24/10).

Petisi tersebut berisi dengan dilandasi keinginan luhur untuk mewujudkan keadilan sosial dan kesejahteraan rakyat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 maka kami segenap Alumni ITB menyatakan :

Pertama, Alumni ITB (Institut Teknologi Bandung) menolak keras Pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang mengesankan adanya dukungan Alumni ITB dalam kajian yang merekomendasikan pencabutan Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta.

Kedua, Sdr. Ridwan Djamaluddin adalah bawahan langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) maka pendapat dan rekomendasi sdr. Ridwan Djamaluddin perihal Pencabutan Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta adalah bagian dari pekerjaaannya sebagai Deputi Menko Bidang Kemaritiman dan tidak ada relevansinya dengan posisinya sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni ITB (IA ITB) karena IA ITB haruslah independen tidak bisa diintervensi oleh siapapun.

Tiga, Alumni ITB selalu mengedepankan kepentingan rakyat, dengan tegas menolak pelaksanaan reklamasi di Teluk Jakarta. Pernyataan yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, yang mengesankan bahwa pencabutan Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta berdasarkan hasil kajian Alumni ITB adalah tidak benar.

BACA JUGA  Sidang Praperadilan Kedua HRS Digelar Hari Ini

Empat, Alumni ITB mendesak Presiden Republik Indonesia untuk membatalkan pencabutan Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta oleh Menko Bidang Kemaritiman dan sekaligus menghentikan pelaksanaan proyek Reklamasi Teluk Jakarta yang masih berlangsung. Selanjutnya untuk menentukan nasib pulau-pulau hasil reklamasi di Teluk Jakarta yang sudah terlanjur dibangun perlu dikaji secara mendalam agar tidak merugikan kepentingan rakyat banyak dan berdampak terhadap lingkungan dengan memperhatikan sepenuhnya amanat konstitusi kita UUD 1945.

Lima, Reklamasi Teluk Jakarta bukan lagi masalah DKI Jakarta semata, melainkan sudah menjadi isu nasional, untuk itu Alumni ITB mengajak segenap mahasiswa dan alumni perguruan tinggi se-Indonesia serta elemen-elemen masyarakat lainnya, untuk bersama sama menolak pencabutan Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta dan mengawal proses dihentikannya proyek reklamasi tersebut untuk selamanya.

Reporter : Hafidz Salman
Editor: Hunef Ibrahim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat