... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Terinspirasi Katalonia, Venesia dan Lombardi Italia Utara Ingin Merdeka

KIBLAT.NET, Katalonia – Perkembangan politik di Katalonia yang berusaha memisahkan diri dari Spanyol hanyalah satu dari sekian gerakan politik-ekonomi berbasis massa yang ingin memisahkan diri dari pemerintah pusat di seluruh Eropa. Setelah sebelumnya Pulau Canvey di Inggris, akhir pekan lalu jajak pendapat yang tidak mengikat di wilayah Italia bagian utara bisa menjadi sebuah dasar bagi upaya selanjutnya menuju langkah pemisahan diri.

Dengan didukung oleh Partai Lega Nord (LNP), dua wilayah besar yaitu Venesia (Venice) dan Lombardy mengadakan voting untuk mengajukan petisi kepada pemerintah pusat Italia bagi otonomi yang lebih luas serta penguasaan yang lebih besar atas pendapatan di sektor pajak. Diperkirakan petisi tersebut akan disetujui oleh 90 persen suara rakyat yang mendukung.

Kedua provinsi yang bertetangga tersebut berambisi mendirikan sebuah entitas wilayah bernama Padania dengan Partai Lega Nord sebagai kendaraan politik utamanya. Padania adalah nama lain dari Lembah Po di Italia. Istilah ini digunakan sampai awal 1990an ketika Partai Lega Nord mengusulkan Padania sebagai nama yang cocok untuk sebuah “negara otonomi” Italia Utara. Meskipun referendum merupakan langkah termudah menuju pemisahan diri, voting yang digelar saat ini dianggap sebagai langkah awal untuk memobilisasi dukungan menuju kemerdekaan.

Hal ini menyerupai situasi di Katalonia, dan hanya berbeda dalam eskalasi dan skala. Baik dalam kasus di Spanyol maupun Italia, wilayah-wilayah yang menginginkan otonomi maupun kemerdekaan penuh merupakan wilayah kaya di negara masing-masing. Mereka merasa dibebani secara tidak adil dengan pajak yang sangat tinggi sementara hasilnya lebih banyak dilarikan ke wilayah lain.

Kedua wilayah Italia ini memiliki sejarah otonomi yang cukup panjang. Lombardy pernah diperintah oleh tuan tanah kaya raya secara terpisah di Milan dan Mantua. Sementara Republik Venesia (Venice) pernah eksis sebagai negara hingga masa pendudukan Napoleon. [hun]

Sumber: Antiwar
Editor: YasinMuslim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Viral Video Penerbangan Jakarta-Sulawesi Penumpangnya 80% TKA Cina

Vokalis Seventeen, Riefian Fajarsyah menceritakan pengalamannya saat bertolak terbang dari Jakarta, Jumat (20/10) ke Kendari, Sulawesi Tenggara, melalui akun instagramnya, @ifanseventeen. Ifan menuturkan, di dalam pesawat yang ia tumpangi mayoritas penumpangnya TKA asli Cina. Kejanggalan itu pun ia abadikan dengan vidio berdurasi setengah menit.

Selasa, 24/10/2017 07:49 3

Indonesia

Jokowi: Negara Ini Kebanyakan Aturan

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia kebanyakan aturan

Senin, 23/10/2017 22:19 0

Indonesia

Fitnah Paham Wahabi Penyebab Pembakaran Masjid Muhammadiyah di Aceh

Persyarikatan Muhammadiyah adalah gerakan Islam Amar Makruf Nahi Munkar yang berdasarkan Quran dan Assunah

Senin, 23/10/2017 21:58 0

Indonesia

Masuk ke Kantor Facebook, Jokowi: Saya Syok

Presiden Jokowi mengaku syok saat diajak bermain pingpong virtual Facebook, Mark Zuckerberg

Senin, 23/10/2017 21:33 0

Indonesia

Polisi Didesak Usut Aktor Intelektual Pembakaran Masjid Muhammadiyah di Bireun Aceh

Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendesak kepolisian usut tuntas kasus pembakaran komplek Masjid At-Takwa Muhammadiyah di Bireun Aceh

Senin, 23/10/2017 20:51 0

Indonesia

Penuhi Janji Kampanye, Anies akan Realisasikan Ini

Anies akan merealisasikan janji pengiriman tenaga ahli medis untuk berkeliling kampung

Senin, 23/10/2017 20:26 0

Indonesia

3 Puting Beliung Muncul Bersamaan di Kepulauan Seribu, BNPB: Cuaca Ekstrem Meningkat

Munculnya tiga puting beliung di Kepulauan Seribu menunjukkan peningkatan cuaca ekstrem

Senin, 23/10/2017 20:01 0

Indonesia

Mahasiswa Jadi Tersangka, Pemuda Muhammadiyah Siap Berikan Bantuan Hukum

Dahnil Anzar Simanjuntak menyatakan Satgas Hukum dan Advokasi Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah siap membantu mahasiswa yang ditahan polisi

Senin, 23/10/2017 19:08 0

Indonesia

Polisi Papua Ditembaki KKB Usai Evakuasi Jenazah Briptu Berry, 4 Terluka

Timsus Polda Papua ditembaki usai mengevakuasi Briptu Berry Permana, anggota Brimob Polri yang tewas dalam baku tembak di Tembagapura

Senin, 23/10/2017 17:21 0

Indonesia

Demo Tiga Tahun Jokowi-JK, Dua Mahasiswa Dijadikan Tersangka

Usai demostrasi tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK di depan Istana Merdeka, Jumat 20 Oktober 2017, polisi mengamankan 14 mahasiswa. Mereka diamankan polisi lantaran tidak membubarkan diri hingga pukul 18.00 WIB.

Senin, 23/10/2017 14:46 0

Close