... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Meninggal Akibat Kurang Gizi, Bayi Suriah Ini Curi Perhatian Dunia

Foto: Foto Sahar Dofdaa, bayi perempuan berusia satu bulan meninggal akibat kelaparan.

KIBLAT.NET, Ghauta Timur – Penderitaan terus-menerus warga sipil yang tinggal di bawah pengepungan rezim Assad di Suriah masih mendapat sorotan tajam dunia. Yang terbaru adalah seorang bayi yang meninggal karena kekurangan gizi di Ghauta Timur, dekat Damaskus.

Foto Sahar Dofdaa, bayi perempuan berusia satu bulan yang diambil dari media AFP membuat hati miris. Dengan berat tidak sampai 2 kilogram, tulang dadanya terlihat jelas dibalut kulit tipis. Ibunya mengalami kekurangan gizi akut sehingga sulit untuk menyusui, sedangkan ayahnya tidak mampu membeli makanan untuk putrinya.

Sahar adalah bayi kedua yang meninggal selama akhir pekan. Pada hari Sabtu sebelumnya, seorang anak laki-laki yang tidak disebutkan namanya di Ghouta juga meninggal karena kelaparan menurut Observatorium untuk Hak Asasi Manusia Suriah.

 

Dokter di sebuah rumah sakit di Ghouta Timur merawat puluhan pasien yang kekurangan gizi setiap hari, karena harga bahan makanan pokok melonjak dan sedikitnya bantuan kemanusiaan yang masuk. Kondisi itu tentu tidak mencukupi kebutuhan untuk sebagian besar masyarakat.

Dokter Yahya Abu Yahya, kepala dinas medis untuk LSM Sosial Irlandia, yang memiliki beberapa pusat kesehatan di Ghouta, mengatakan bahwa pihaknya telah memeriksa sekitar 9.700 anak dalam beberapa bulan terakhir; 40 persen dari mereka menderita kekurangan gizi.

“Bantuan yang diterima mencakup hanya lima sampai sepuluh persen kebutuhan anak-anak yang kekurangan gizi,” imbuhnya seperti dikutip Middle East Monitor, Senin (23/10/2017).

BACA JUGA  Turki Dikabarkan Akan Melebur Faksi-faksi Oposisi Suriah yang Didukungnya

Ghouta Timur adalah satu dari empat zona de-eskalasi yang disepakati dalam perjanjian pada bulan Mei oleh Rusia, Iran dan Turki. Namun, wilayah tersebut tetap berada di bawah blokade ketat oleh pasukan Assad sejak tahun 2013, sehingga 400.000 warga sipil memiliki akses terbatas terhadap kebutuhan pokok.

Rezim Assad telah mengintensifkan blokade dalam beberapa bulan terakhir, menutup terowongan yang digunakan untuk menyelundupkan barang dan mencegah pedagang perantara untuk membawa kebutuhan masyarakat.

Tak hanya itu, Ghauta Timur juga tak luput dari serangan udara rezim Suriah, meskipun telah ada kesepakatan secara eksplisit pada bulan Mei. Harian Turki Anadolu melaporkan pekan lalu bahwa setidaknya satu anak terbunuh dan 14 orang terluka saat pesawat militer Suriah menyerang kota Kafr Batna pada hari Jumat.

Sumber: Middle East Monitor
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Din Syamsuddin Jadi Utusan Khusus Presiden Jokowi

Din Syamsuddin ditunjuk Jokowi sebagai Utusan Khusus Presiden dalam bidang dialog dan kerja sama antaragama serta peradaban

Selasa, 24/10/2017 08:18 0

Indonesia

Viral Video Penerbangan Jakarta-Sulawesi Penumpangnya 80% TKA Cina

Vokalis Seventeen, Riefian Fajarsyah menceritakan pengalamannya saat bertolak terbang dari Jakarta, Jumat (20/10) ke Kendari, Sulawesi Tenggara, melalui akun instagramnya, @ifanseventeen. Ifan menuturkan, di dalam pesawat yang ia tumpangi mayoritas penumpangnya TKA asli Cina. Kejanggalan itu pun ia abadikan dengan vidio berdurasi setengah menit.

Selasa, 24/10/2017 07:49 3

Indonesia

Jokowi: Negara Ini Kebanyakan Aturan

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia kebanyakan aturan

Senin, 23/10/2017 22:19 0

Indonesia

Fitnah Paham Wahabi Penyebab Pembakaran Masjid Muhammadiyah di Aceh

Persyarikatan Muhammadiyah adalah gerakan Islam Amar Makruf Nahi Munkar yang berdasarkan Quran dan Assunah

Senin, 23/10/2017 21:58 0

Indonesia

Masuk ke Kantor Facebook, Jokowi: Saya Syok

Presiden Jokowi mengaku syok saat diajak bermain pingpong virtual Facebook, Mark Zuckerberg

Senin, 23/10/2017 21:33 0

Indonesia

Polisi Didesak Usut Aktor Intelektual Pembakaran Masjid Muhammadiyah di Bireun Aceh

Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendesak kepolisian usut tuntas kasus pembakaran komplek Masjid At-Takwa Muhammadiyah di Bireun Aceh

Senin, 23/10/2017 20:51 0

Indonesia

Penuhi Janji Kampanye, Anies akan Realisasikan Ini

Anies akan merealisasikan janji pengiriman tenaga ahli medis untuk berkeliling kampung

Senin, 23/10/2017 20:26 0

Indonesia

3 Puting Beliung Muncul Bersamaan di Kepulauan Seribu, BNPB: Cuaca Ekstrem Meningkat

Munculnya tiga puting beliung di Kepulauan Seribu menunjukkan peningkatan cuaca ekstrem

Senin, 23/10/2017 20:01 0

Indonesia

Mahasiswa Jadi Tersangka, Pemuda Muhammadiyah Siap Berikan Bantuan Hukum

Dahnil Anzar Simanjuntak menyatakan Satgas Hukum dan Advokasi Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah siap membantu mahasiswa yang ditahan polisi

Senin, 23/10/2017 19:08 0

Indonesia

Polisi Papua Ditembaki KKB Usai Evakuasi Jenazah Briptu Berry, 4 Terluka

Timsus Polda Papua ditembaki usai mengevakuasi Briptu Berry Permana, anggota Brimob Polri yang tewas dalam baku tembak di Tembagapura

Senin, 23/10/2017 17:21 0

Close