... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Filipina: Pertempuran Marawi Telah Selesai

KIBLAT.NET, Manila – Pemerintah Filipina, Senin (23/10), mengumumkan berakhirnya pertempuran di kota Marawi di pulau Mindanao yang mayoritas Muslim. Pengumuman itu setelah kelompok Maute yang terkait dengan organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) diklaim berhasil dilumpuhkan.

Menteri Pertahanan Filipina Delphine Lorenzana mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa pasukannya telah menemukan 42 jenazah anggota Maute di salah satu bangunan, menyusul pertempuran yang diakhiri dengan sisa-sisa terakhir kelompok tersebut di kota Marawi.

Lorenzana mengatakan bahwa para sandera yang ditahan oleh militan Mouti telah ditemukan beberapa hari yang lalu. Kantor berita Associated Press, mengutip pernyataan dua pejabat keamanan, mengatakan bahwa militer Filipina menemukan jasad-jasad militant setelah merebut sebuah gedung yang dijadikan markas terakhir kelompok Maute di Marawi.

Menhan menambahkan bahwa enam batalyon tentara akan tetap tinggal di Marawi. Hal itu karena ancaman ideologi ekstremis masih nyata meskipun kelompok Maute kalah.

Lorenzana mengucapkan terima kasih kepada Amerika Serikat, Australia, Singapura dan China karena telah memberikan dukungan teknis dan senjata. Ia mengatakan bahwa konflik tersebut akan menjadi katalis bagi kerjasama internasional yang lebih dekat melawan militansi.

Konflik di Marawi sendiri telah membunuh lebih dari 920 orang yang disinyalir anggota kelompok bersenjata, 165 tentara dan 45 warga sipil. Selain itu, sebanyak 300.000 sipil mengungsi, sebagaimana data yang disebutkan pemerintah.

BACA JUGA  Filipina Akhiri Status Darurat Militer di Wilayah Mindanao 

Pengepungan Marawi dimulai pada tanggal 23 Mei ketika Maute membakar bangunan dan menembaki warga sipil dalam upaya untuk membangun sebuah wilayah ISIS. Hal itu pun segera direspon Manila dengan mengumumkan darurat militer. Ribuan tentara diterjunkan. Serangan darat dan udara terhadap kelompok Maute membuat Marawi terblokade.

Kelompok Maute didirkan pada 2012 oleh Abdullah Maute dan saudaranya, Umar Maute. Mereka ingin memisahkan diri dari pemerintah pusat dan mendirikan wilayah Islam. Namun mereka berbaiat ISIS sehingga umat Islam pun banyak tak mendukung.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Din Syamsuddin Jadi Utusan Khusus Presiden Jokowi

Din Syamsuddin ditunjuk Jokowi sebagai Utusan Khusus Presiden dalam bidang dialog dan kerja sama antaragama serta peradaban

Selasa, 24/10/2017 08:18 0

Indonesia

Viral Video Penerbangan Jakarta-Sulawesi Penumpangnya 80% TKA Cina

Vokalis Seventeen, Riefian Fajarsyah menceritakan pengalamannya saat bertolak terbang dari Jakarta, Jumat (20/10) ke Kendari, Sulawesi Tenggara, melalui akun instagramnya, @ifanseventeen. Ifan menuturkan, di dalam pesawat yang ia tumpangi mayoritas penumpangnya TKA asli Cina. Kejanggalan itu pun ia abadikan dengan vidio berdurasi setengah menit.

Selasa, 24/10/2017 07:49 3

Indonesia

Jokowi: Negara Ini Kebanyakan Aturan

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia kebanyakan aturan

Senin, 23/10/2017 22:19 0

Indonesia

Fitnah Paham Wahabi Penyebab Pembakaran Masjid Muhammadiyah di Aceh

Persyarikatan Muhammadiyah adalah gerakan Islam Amar Makruf Nahi Munkar yang berdasarkan Quran dan Assunah

Senin, 23/10/2017 21:58 0

Indonesia

Masuk ke Kantor Facebook, Jokowi: Saya Syok

Presiden Jokowi mengaku syok saat diajak bermain pingpong virtual Facebook, Mark Zuckerberg

Senin, 23/10/2017 21:33 0

Indonesia

Polisi Didesak Usut Aktor Intelektual Pembakaran Masjid Muhammadiyah di Bireun Aceh

Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendesak kepolisian usut tuntas kasus pembakaran komplek Masjid At-Takwa Muhammadiyah di Bireun Aceh

Senin, 23/10/2017 20:51 0

Indonesia

Penuhi Janji Kampanye, Anies akan Realisasikan Ini

Anies akan merealisasikan janji pengiriman tenaga ahli medis untuk berkeliling kampung

Senin, 23/10/2017 20:26 0

Indonesia

3 Puting Beliung Muncul Bersamaan di Kepulauan Seribu, BNPB: Cuaca Ekstrem Meningkat

Munculnya tiga puting beliung di Kepulauan Seribu menunjukkan peningkatan cuaca ekstrem

Senin, 23/10/2017 20:01 0

Indonesia

Mahasiswa Jadi Tersangka, Pemuda Muhammadiyah Siap Berikan Bantuan Hukum

Dahnil Anzar Simanjuntak menyatakan Satgas Hukum dan Advokasi Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah siap membantu mahasiswa yang ditahan polisi

Senin, 23/10/2017 19:08 0

Indonesia

Polisi Papua Ditembaki KKB Usai Evakuasi Jenazah Briptu Berry, 4 Terluka

Timsus Polda Papua ditembaki usai mengevakuasi Briptu Berry Permana, anggota Brimob Polri yang tewas dalam baku tembak di Tembagapura

Senin, 23/10/2017 17:21 0

Close