... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AS Tolak Panglima TNI, Komnas HAM: Harus Ada Penjelasan Rinci

Foto: Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM Muhamadiyah, Maneger Nasution

KIBLAT.NET, Jakarta – Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution menegaskan bahwa Indonesia seharusnya memprotes Amerika Serikat atas penolakan kedatangan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Sebab, penolakan tersebut mencederai kehormatan bangsa.

“Pemerintah Indonesia sejatinya memprotes keras atas perlakuan yang mencederai kehormatan, tidak hanya pribadi Panglima TNI dan institusi TNI, tetapi juga NKRI,” katanya kepada Kiblat.net melalui rilisnya pada Selasa (24/10/2017).

Menurutnya, pemerintah AS tidak cukup hanya menyampaikan permohonan maaf melalui Duta Besar untuk Indonesia, Joseph Donovan. Namun harus ada penjelasan lebih rinci kenapa peristiwa tersebut bisa terjadi.

“Kalau ada kesalahan di internal AS yaitu US Customs and Border Protection, jenis kesalahan yang terjadi harus dijelaskan secara terbuka ke publik Indonesia,” imbuhnya.

Selain itu, Maneger menegaskan bahwa pemerintah Indonesia seharusnya dapat bersikap tegas. Jika perlu, kata dia, Presiden Jokowi memanggil Duta Besar AS untuk Indonesia guna menjelaskan peristiwa memalukan ini.

“Jika pemerintah Indonesia hanya mengirimkan nota diplomatik memprotes peristiwa sepenting ini, pemerintah Indonesia patut diduga tidak menunaikan mandatnya menjaga kehormatan bangsa,” tukasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Lagi, Komandan HTS Jadi Target Pembunuhan

Operasi pembunuhan terhadap komandan Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) kembali terjadi. Kali ini, korbannya seorang komandan HTS di kota Al-Dana, pedesaan Idlib Utara. Sebuah bom pinggir jalan menghancurkan mobil yang ditumpangi komandan tersebut.

Selasa, 24/10/2017 10:30 0

Suriah

Meninggal Akibat Kurang Gizi, Bayi Suriah Ini Curi Perhatian Dunia

Foto Sahar Dofdaa, bayi perempuan berusia satu bulan yang diambil dari media AFP membuat hati miris. Dengan berat tidak sampai 2 kilogram, tulang dadanya terlihat jelas dibalut kulit tipis. Ibunya mengalami kekurangan gizi akut sehingga sulit untuk menyusui, sedangkan ayahnya tidak mampu membeli makanan untuk putrinya.

Selasa, 24/10/2017 10:10 0

Philipina

Filipina: Pertempuran Marawi Telah Selesai

Pemerintah Filipina, Senin (23/10), mengumumkan berakhirnya pertempuran di kota Marawi di pulau Mindanao yang mayoritas Muslim. Pengumuman itu setelah kelompok Maute yang terkait dengan organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) diklaim berhasil dilumpuhkan.

Selasa, 24/10/2017 09:32 0

Eropa

Terinspirasi Katalonia, Venesia dan Lombardi Italia Utara Ingin Merdeka

Setelah sebelumnya Pulau Canvey di Inggris, akhir pekan lalu jajak pendapat yang tidak mengikat di wilayah Italia bagian utara bisa menjadi sebuah dasar bagi upaya selanjutnya menuju langkah pemisahan diri.

Selasa, 24/10/2017 08:12 0

Afrika

Buntut Serangan 4 Oktober, Militer AS di Niger Minta Anggaran Lebih

Insiden memalukan itu akhirnya memaksa Pentagon mengakui bahwa selama ini militer Amerika rutin menggelar patroli darat di negara wilayah Sahel Afrika

Selasa, 24/10/2017 07:15 0

Arab Saudi

Soal Kunjungan Bin Salman ke Israel, Begini Tanggapan Resmi Saudi

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada AFP pada Jumat (20/10/2017) bahwa Putra Mahkota Saudi Emir Mohammed bin Salman diam-diam mengunjungi Tel Aviv pada bulan September.

Senin, 23/10/2017 13:21 0

Afrika

Gandeng Amerika, Somalia Deklarasikan Perang Melawan Al-Syabab

Presiden Somalia akan mendeklarasikan peran melawan kelompok jihadis al-Syabab. Demikian menurut keterangan seorang pejabat militer pada Jumat (20/10/2017).

Senin, 23/10/2017 11:44 0

Palestina

Disebut Bersitegang dengan Qatar, Hamas: Itu Tidak Benar

Kelompok perlawanan rakyat Palestina, Hamas membantah sebuah laporan tentang ketegangan dengan Qatar.

Senin, 23/10/2017 10:31 0

Suriah

Kurdi YPG “Kuningkan” Raqqah

Hal yang sama juga dilakukan ISIS saat mengontrol Raqqah. Mereka mengecat dinding-dinding bangunan di pusat kota dengan bendera mereka.

Senin, 23/10/2017 08:44 0

Afghanistan

Dikirim Latihan Militer di AS, Banyak Perwira Afghanistan Kabur

Sekitar 13 persen tentara Afghan yang menjadi peserta latihan militer di AS dinyatakan hilang.

Ahad, 22/10/2017 07:20 0

Close