... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Alumni BEM Unmul: Parlemen Jalanan Harus Dipertahankan!

Foto: Mahasiswa demo di depan Istana

KIBLAT.NET, Jakarta – Alumni Keluarga Mahasiswa BEM Universitas Mulawarman Samarinda tahun 2004-2016 menilai persoalan bangsa kian hari kian memprihatinkan. Untuk itu, gerakan mahasiswa dalam parlemen jalanan harus dipertahankan untuk mengawal kebijakan pemerintah.

“Perlu adanya dukungan moril dari berbagai pihak guna menjaga tensi gerakan di jalanan,” kata Perwakilan BEM KM Unmul, Muhammad Teguh Satria melalui rilis yang diterima Kiblat.net, Senin (23/10/2017).

BEM KM Unmul yang juga kerap memperagakan parlemen jalanan, menyatakan sikap tegas dan memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang masih memegang teguh komitmen sebagai agent of change dan social control melalui parlemen jalanan.

“Kami memberikan dukungan moril setinggi-tingginya kepada rekan-rekan mahasiswa yang masih keukeuh menjaga marwah gerakan mahasiswa dengan mengawal setiap kebijakan pemerintah,” ungkapnya.

Teguh kemudian merasa prihatin atas tindakan represif aparat keamanan terhadap aksi demonstrasi mengawal tiga tahun Jokowi-JK pada 20 Oktober 2017 di Jakarta. Sebab telah mencederai semangat kehidupan demokrasi yang berkeadilan.

“BEM KM Unmul mendesak pihak Polda Metro Jaya untuk segera melepaskan rekan mereka yaitu Muhammad Ardy Sutrisbi mahasiswa Institut Pertanian Bogor dan Ihsan Munawwar dari STEI SEBI yang saat ini masih ditahan atas tuduhan yang tidak objektif dan jauh dari nilai keadilan,” ujarnya.

Ia pun menyeru kepada rekan-rekan mahasiswa Universitas Mulawarman untuk turut melakukan solidaritas melalui sikap tegas dalam parlemen jalanan. “Ataupun dengan cara apapun untuk menyatakan keberpihakan mahasiswa terhadap garis perjuangan melawan penindasan dan kesewenang-wenangan terhadap rakyat,” imbuhnya.

BACA JUGA  Apel Siaga Ganyang Komunis, TNI-Polri Didesak Tolak RUU HIP

Pernyataan sikap tegas ini, lanjut Teguh, sebagai bentuk nyata dukungan moril kepada rekan-rekan mahasiswa untuk merawat demokrasi di Indonesia. “Kehadiran mahasiswa masih dibutuhkan Indonesia,” katanya sembari mengingatkan sumpah mahasiswa.

“Nyanyikan melodi perjuangan di jalanan. Indonesia tak hanya Jakarta, buktikan mahasiswa Kaltim siap bersolidaritas untuk setiap perjuangan menegakkan keadilan sesuai Pancasila, UUD 1945 dan cita-cita kemerdekaan Indonesia. Merdeka!!” tutup Teguh.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Lagi, Komandan HTS Jadi Target Pembunuhan

Operasi pembunuhan terhadap komandan Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) kembali terjadi. Kali ini, korbannya seorang komandan HTS di kota Al-Dana, pedesaan Idlib Utara. Sebuah bom pinggir jalan menghancurkan mobil yang ditumpangi komandan tersebut.

Selasa, 24/10/2017 10:30 0

Suriah

Meninggal Akibat Kurang Gizi, Bayi Suriah Ini Curi Perhatian Dunia

Foto Sahar Dofdaa, bayi perempuan berusia satu bulan yang diambil dari media AFP membuat hati miris. Dengan berat tidak sampai 2 kilogram, tulang dadanya terlihat jelas dibalut kulit tipis. Ibunya mengalami kekurangan gizi akut sehingga sulit untuk menyusui, sedangkan ayahnya tidak mampu membeli makanan untuk putrinya.

Selasa, 24/10/2017 10:10 0

Philipina

Filipina: Pertempuran Marawi Telah Selesai

Pemerintah Filipina, Senin (23/10), mengumumkan berakhirnya pertempuran di kota Marawi di pulau Mindanao yang mayoritas Muslim. Pengumuman itu setelah kelompok Maute yang terkait dengan organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) diklaim berhasil dilumpuhkan.

Selasa, 24/10/2017 09:32 0

Eropa

Terinspirasi Katalonia, Venesia dan Lombardi Italia Utara Ingin Merdeka

Setelah sebelumnya Pulau Canvey di Inggris, akhir pekan lalu jajak pendapat yang tidak mengikat di wilayah Italia bagian utara bisa menjadi sebuah dasar bagi upaya selanjutnya menuju langkah pemisahan diri.

Selasa, 24/10/2017 08:12 0

Afrika

Buntut Serangan 4 Oktober, Militer AS di Niger Minta Anggaran Lebih

Insiden memalukan itu akhirnya memaksa Pentagon mengakui bahwa selama ini militer Amerika rutin menggelar patroli darat di negara wilayah Sahel Afrika

Selasa, 24/10/2017 07:15 0

Arab Saudi

Soal Kunjungan Bin Salman ke Israel, Begini Tanggapan Resmi Saudi

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada AFP pada Jumat (20/10/2017) bahwa Putra Mahkota Saudi Emir Mohammed bin Salman diam-diam mengunjungi Tel Aviv pada bulan September.

Senin, 23/10/2017 13:21 0

Afrika

Gandeng Amerika, Somalia Deklarasikan Perang Melawan Al-Syabab

Presiden Somalia akan mendeklarasikan peran melawan kelompok jihadis al-Syabab. Demikian menurut keterangan seorang pejabat militer pada Jumat (20/10/2017).

Senin, 23/10/2017 11:44 0

Palestina

Disebut Bersitegang dengan Qatar, Hamas: Itu Tidak Benar

Kelompok perlawanan rakyat Palestina, Hamas membantah sebuah laporan tentang ketegangan dengan Qatar.

Senin, 23/10/2017 10:31 0

Suriah

Kurdi YPG “Kuningkan” Raqqah

Hal yang sama juga dilakukan ISIS saat mengontrol Raqqah. Mereka mengecat dinding-dinding bangunan di pusat kota dengan bendera mereka.

Senin, 23/10/2017 08:44 0

Afghanistan

Dikirim Latihan Militer di AS, Banyak Perwira Afghanistan Kabur

Sekitar 13 persen tentara Afghan yang menjadi peserta latihan militer di AS dinyatakan hilang.

Ahad, 22/10/2017 07:20 0

Close