... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Polisi Didesak Usut Aktor Intelektual Pembakaran Masjid Muhammadiyah di Bireun Aceh

Foto: Masjid Milik Muhammadiyah di Bireuen Aceh dibakar (Foto/Sang Pencerah)

KIBLAT.NET, Yogyakarta – Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendesak kepolisian untuk melakukan penyelidikan dan pengusutan secara tuntas terkait pembakaran komplek Masjid At-Taqwa Muhammadiyah di Desa Sangso, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireun, Aceh.

“Berdasarkan informasi dan Laporan dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bireun dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Samalanga, bahwa peristiwa pembakaran Komplek Masjid At-Taqwa benar telah terjadi dan telah dilaporkan kepada pihak yang berwajib (Kepolisian Bireun),” ungkap Ketua PP Muhammadiyah, Busyro Muqoddas melalui rilis yang diterima Kiblat.net, Senin (23/10/2017).

“Untuk itu pihak Kepolisian perlu melakukan penyelidikan dan pengusutan secara tuntas sampai menindak pelaku dan aktor intelekrual sesuai dengan hukum yang berlaku,” lanjutnya.

Selain itu Busyro juga menambahkan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Bireun juga harus turut serta untuk menangani konflik pembakaran tempat ibadah ini. Dia merujuk pada Qonun Aceh Nomor 4 Tahun 2016 pasal 26 tentang Pedoman Permeliharaan Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Tempat Ibadah.

“Sebagaimana diatur dalam Qonun Aceh, Bupati bertanggung jawab untuk menyelesaikan sengketa atau konftik yang timbul atas pendirian dan pembangunan Masjid At-Taqwa di Desa Sangso Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireun Aceh karena telah diterbitkannya terhadap pembangunan tersebut,” ungkapnya.

Namun, jika kedepannya musyawarah tidak mencapai kata sepakat, lanjut Busyro, maka pihak yang berkeberatan dengan pembangunan masjid dengan kata lain yaitu para pembakar tempat ibadah itu, disebut Busyro hendaknya menempuh upaya hukum melalui pengadilan setempat.

BACA JUGA  Covid-19 Meningkat, Menag Minta Umat Patuhi Aturan Pemerintah

Sebelumnya diberitakan, fondasi dan beranda serta tiang Masjid At-Taqwa Muhammadiyah Bireuen, Aceh yang baru dibangun dibakar oknum tak bertanggungjawab pada Selasa (17/10) sekitar pukul 20.00 WIB. Tempat nantinya akan dijadikan tempat pengajian yang sudah berjalan selama bertahun-tahun. Begitupun masjid itu juga resmi mendapatkan izin pendirian bangunan (IMB).

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Soal Kunjungan Bin Salman ke Israel, Begini Tanggapan Resmi Saudi

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada AFP pada Jumat (20/10/2017) bahwa Putra Mahkota Saudi Emir Mohammed bin Salman diam-diam mengunjungi Tel Aviv pada bulan September.

Senin, 23/10/2017 13:21 0

Afrika

Gandeng Amerika, Somalia Deklarasikan Perang Melawan Al-Syabab

Presiden Somalia akan mendeklarasikan peran melawan kelompok jihadis al-Syabab. Demikian menurut keterangan seorang pejabat militer pada Jumat (20/10/2017).

Senin, 23/10/2017 11:44 0

Palestina

Disebut Bersitegang dengan Qatar, Hamas: Itu Tidak Benar

Kelompok perlawanan rakyat Palestina, Hamas membantah sebuah laporan tentang ketegangan dengan Qatar.

Senin, 23/10/2017 10:31 0

Suriah

Kurdi YPG “Kuningkan” Raqqah

Hal yang sama juga dilakukan ISIS saat mengontrol Raqqah. Mereka mengecat dinding-dinding bangunan di pusat kota dengan bendera mereka.

Senin, 23/10/2017 08:44 0

Afghanistan

Dikirim Latihan Militer di AS, Banyak Perwira Afghanistan Kabur

Sekitar 13 persen tentara Afghan yang menjadi peserta latihan militer di AS dinyatakan hilang.

Ahad, 22/10/2017 07:20 0

Video News

Masjid di Yangon Tak Boleh Adzan Pakai Speaker

KIBLAT.NET – Dalam sebuah kesempatan, Tim KIBLAT TV berhasil mewawancari salah satu relawan One Care....

Sabtu, 21/10/2017 18:52 0

Video News

Begini Gambaran Kamp Pengungsian Rohingya

KIBLAT.NET – Dalam sebuah kesempatan, Tim KIBLAT TV berhasil mewawancari salah satu relawan One Care....

Sabtu, 21/10/2017 18:41 0

Khazanah

Raja Nasrani ini Menangis Saat Pertama Kali Mendengar Al-Quran

KIBLAT.NET - Nama aslinya Ashamah bin Jabar, dia termasuk golongan sahabat dan yang baik Islamnya. Ia tidak sempat berhijrah dan tidak pernah bertemu dengan Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam. Maka jika dilihat dari satu sisi, ia lebih pantas masuk dalam jajaran para tabi’in, meskipun dilihat dari sisi yang lain ia layak disebut Sahabat.

Sabtu, 21/10/2017 17:41 0

Rohah

Sopir Taksi dan Kekuatan Doa Seorang Ibu

Kisah di bawah ini bukan mengada-ada. Dikutip dari Ilmfeed.com, Kamis 12 Oktober 2017, Omar Hajaj menceritakan sepenggal pengalaman dengan seorang sopir taksi di Madinah. Dari sinilah ia menemukan sesuatu yang berharga dari doa seorang ibu. Apa hubungannya? Simak kisahnya berikut ini!

Sabtu, 21/10/2017 14:44 0

Video News

Relawan One Care Ungkap Situasi Mencekam di Sittwe

KIBLAT.NET – Dalam sebuah kesempatan, Tim KIBLAT TV berhasil mewawancari salah satu relawan One Care....

Sabtu, 21/10/2017 14:16 0

Close