... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jokowi: Negara Ini Kebanyakan Aturan

Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi)berbicara dalam Rembuk Nasional 2017, 3 Tahun Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla' di Arena JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (23-10-2017)

KIBLAT.NET, Jakarta – Saat berpidato dalam acara ‘Rembuk Nasional 2017, 3 Tahun Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla’, Presiden Joko Widodo menyebut di Indonesia kebanyakan aturan.

“Negara ini kebanyakan aturan, kebanyakan regulasi,” kata Jokowi di Arena JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2017) malam.

Dia lantas menyebut ada 42.000 aturan baik itu berupa Undang undang, Peraturan Pemerintah, maupun Peraturan Presiden. Jokowi juga menyebut peraturan gubernur dan walikota banyak yang tumpang tindih. “Ada yang bertentangan,” sambung mantan Walikota Solo.

Jokowi mengungkapkan pemerintah pernah berupaya untuk menghapus 3.153 Peraturan Daerah (Perda). Namun, ketika ada pihak yang mengajukan uji materi atau judicial review di Mahkamah Konstitusi pemerintah kalah.

Jokowi juga mengimbau kepada jajaran kabinet kerja untuk menghapus aturan tanpa melakukan kajian. Sebab, menurutnya kajian-kajian yang dilakukan hanya akan memperlambat proses penghapusan.

“Kalau itu dihapus pake kajian, 100 tahun nggak selesai. Nggak usah kajian, lihat hapus, lihat hapus,” ujarnya.

Banyaknya aturan itu dinilai Jokowi menjadi problem di lapangan. “Saya sampaikan gubernur, walikota, nggak usah buat Perda lagi. Setahun cukup. Saya katakan ke DPR setahun cukup, asal berkualitas. Jangan UU dijadikan proyek,” ucapnya.

Perlu diketahui, di era Jokowi pernah muncul kebijakan penghapusan Perda yang dianggap bertentangan dengan aturan di atasnya, termasuk Perda larangan Miras. Belakangan, Menteri Hukum dan HAM juga mengeluarkan Perppu Nomor 2 tahun 2017 tentang organisasi kemasyarakatan yang kontroversial, meski sebelumnya telah ada Undang-undang tentang ormas.

BACA JUGA  Kiblatorial: Kisruh Tentara Urus Dakwah

Masa pemerintahan Jokowi- Jusuf Kalla telah berlangsung selama tiga tahun, dan akan berakhir pada 2019 mendatang. Memasuki tahun ketiga ini banyak pihak yang melayangkan kritikan terhadap kinerja pemerintah, termasuk demo yang dilakukan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia yang berakhir ricuh beberapa waktu lalu.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Soal Kunjungan Bin Salman ke Israel, Begini Tanggapan Resmi Saudi

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada AFP pada Jumat (20/10/2017) bahwa Putra Mahkota Saudi Emir Mohammed bin Salman diam-diam mengunjungi Tel Aviv pada bulan September.

Senin, 23/10/2017 13:21 0

Afrika

Gandeng Amerika, Somalia Deklarasikan Perang Melawan Al-Syabab

Presiden Somalia akan mendeklarasikan peran melawan kelompok jihadis al-Syabab. Demikian menurut keterangan seorang pejabat militer pada Jumat (20/10/2017).

Senin, 23/10/2017 11:44 0

Palestina

Disebut Bersitegang dengan Qatar, Hamas: Itu Tidak Benar

Kelompok perlawanan rakyat Palestina, Hamas membantah sebuah laporan tentang ketegangan dengan Qatar.

Senin, 23/10/2017 10:31 0

Suriah

Kurdi YPG “Kuningkan” Raqqah

Hal yang sama juga dilakukan ISIS saat mengontrol Raqqah. Mereka mengecat dinding-dinding bangunan di pusat kota dengan bendera mereka.

Senin, 23/10/2017 08:44 0

Afghanistan

Dikirim Latihan Militer di AS, Banyak Perwira Afghanistan Kabur

Sekitar 13 persen tentara Afghan yang menjadi peserta latihan militer di AS dinyatakan hilang.

Ahad, 22/10/2017 07:20 0

Video News

Masjid di Yangon Tak Boleh Adzan Pakai Speaker

KIBLAT.NET – Dalam sebuah kesempatan, Tim KIBLAT TV berhasil mewawancari salah satu relawan One Care....

Sabtu, 21/10/2017 18:52 0

Video News

Begini Gambaran Kamp Pengungsian Rohingya

KIBLAT.NET – Dalam sebuah kesempatan, Tim KIBLAT TV berhasil mewawancari salah satu relawan One Care....

Sabtu, 21/10/2017 18:41 0

Khazanah

Raja Nasrani ini Menangis Saat Pertama Kali Mendengar Al-Quran

KIBLAT.NET - Nama aslinya Ashamah bin Jabar, dia termasuk golongan sahabat dan yang baik Islamnya. Ia tidak sempat berhijrah dan tidak pernah bertemu dengan Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam. Maka jika dilihat dari satu sisi, ia lebih pantas masuk dalam jajaran para tabi’in, meskipun dilihat dari sisi yang lain ia layak disebut Sahabat.

Sabtu, 21/10/2017 17:41 0

Rohah

Sopir Taksi dan Kekuatan Doa Seorang Ibu

Kisah di bawah ini bukan mengada-ada. Dikutip dari Ilmfeed.com, Kamis 12 Oktober 2017, Omar Hajaj menceritakan sepenggal pengalaman dengan seorang sopir taksi di Madinah. Dari sinilah ia menemukan sesuatu yang berharga dari doa seorang ibu. Apa hubungannya? Simak kisahnya berikut ini!

Sabtu, 21/10/2017 14:44 0

Video News

Relawan One Care Ungkap Situasi Mencekam di Sittwe

KIBLAT.NET – Dalam sebuah kesempatan, Tim KIBLAT TV berhasil mewawancari salah satu relawan One Care....

Sabtu, 21/10/2017 14:16 0

Close