... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dikirim Latihan Militer di AS, Banyak Perwira Afghanistan Kabur

Foto: Tentara Afghanistan/ilustrasi

KIBLAT.NET, Kabul – Dalam laporan terbarunya, Inspektorat Jenderal Khusus untuk Rekonstruksi Afghanistan (SIGAR) memperingatkan upaya AS mengirim tentara Afghan untuk berlatih di Amerika sedang menghadapi masalah besar. Masalah besar yang berpotensi bisa merusak program militer ini semakin mengemuka dengan banyaknya kasus tentara Afghan yang “kabur” tidak lama setelah tiba di daratan Amerika. Dikatakan bahwa jumlah kasusnya sangat tinggi hingga pada level yang tidak bisa diterima.

Sekitar 13 persen tentara Afghan yang menjadi peserta latihan militer di AS dinyatakan hilang. Sebagian besarnya merupakan perwira yunior berpangkat letnan dua atau satu. Sebanyak 152 peserta latihan hilang masuk dalam kategori AWOL, yaitu meninggalkan tugas tanpa ijin maupun pemberitahuan, tetapi bukan desersi. Dari jumlah tersebut, lebih dari setengahnya sebanyak 83 orang belum ditemukan.

SIGAR kembali memperingatkan, banyaknya kasus tentara yang hilang/kabur ini bisa berdampak menurunkan moral pasukan lainnya sesama peserta training, termasuk tentara nasional Afghan di dalam negeri Afghanistan. Lebih jauh menurut SIGAR bahwa angka kasus serupa bisa terus merangkak naik bersamaan dengan tren meningkatnya tingkat kekerasan yang mendorong semakin banyak orang-orang Afghan yang ingin mencari suaka ke negara lain.

Banyak di antara para pencari suaka itu terbang ke Kanada. Mereka menganggap Kanada sebagai tempat yang aman untuk mencari suaka & perlindungan dari sanksi penahanan oleh militer karena telah meninggalkan tugas. Dalam banyak kasus, orang mudah beralasan dengan isu keamanan, termasuk bawa-bawa nama Taliban yang dianggap mengancam mereka, sehingga upaya mencari suaka tersebut bisa berhasil. [hun]

BACA JUGA  Taliban Serbu Kompleks Departemen Pertahanan Afghanistan

Sumber: Antiwar
Redaktur: YasinMuslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Tak Temui Mahasiswa, Nawacita Jokowi Berubah Dukacita

"Nawacita telah berubah jadi dukacita. Saya menyayangkan kenapa kemudian petinggi negara, presiden, wapres, atau pembantu presiden, tidak ada yang berani menemui mereka," ungkap Nasir Jamil usai diskusi bertema ‘Perlukah Densus Tipikor?’ di Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2017).

Ahad, 22/10/2017 06:54 0

Indonesia

Ricuh Demo Mahasiwa di Depan Istana, Ini Kata Nasir Jamil

Politisi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Nasir Djamil mengungkapkan, aksi masyrakat mengkritik pemerintahan seperti yang dilakukan para mahasiswa ini harus dijaga, bahkan dikawal.

Ahad, 22/10/2017 06:14 0

Indonesia

Pembentukan Densus Tipikor Polri Dipertanyakan

Pengamat hukum dari Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Umar Husein SH, MH mempertanyakan fokus Detasemen Khusus Anti Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) Polri

Sabtu, 21/10/2017 20:31 0

Indonesia

Ricuh Demo BEM-SI Peringati 3 Tahun Jokowi, Polisi Tak Patuh Instruksi

Aksi Sidang Rakyat Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia, Jumat (20/10/2017) dilakukan sebagai evaluasi tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK

Sabtu, 21/10/2017 20:05 0

Video News

Masjid di Yangon Tak Boleh Adzan Pakai Speaker

KIBLAT.NET – Dalam sebuah kesempatan, Tim KIBLAT TV berhasil mewawancari salah satu relawan One Care....

Sabtu, 21/10/2017 18:52 0

Video News

Begini Gambaran Kamp Pengungsian Rohingya

KIBLAT.NET – Dalam sebuah kesempatan, Tim KIBLAT TV berhasil mewawancari salah satu relawan One Care....

Sabtu, 21/10/2017 18:41 0

Khazanah

Raja Nasrani ini Menangis Saat Pertama Kali Mendengar Al-Quran

KIBLAT.NET - Nama aslinya Ashamah bin Jabar, dia termasuk golongan sahabat dan yang baik Islamnya. Ia tidak sempat berhijrah dan tidak pernah bertemu dengan Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam. Maka jika dilihat dari satu sisi, ia lebih pantas masuk dalam jajaran para tabi’in, meskipun dilihat dari sisi yang lain ia layak disebut Sahabat.

Sabtu, 21/10/2017 17:41 0

Rohah

Sopir Taksi dan Kekuatan Doa Seorang Ibu

Kisah di bawah ini bukan mengada-ada. Dikutip dari Ilmfeed.com, Kamis 12 Oktober 2017, Omar Hajaj menceritakan sepenggal pengalaman dengan seorang sopir taksi di Madinah. Dari sinilah ia menemukan sesuatu yang berharga dari doa seorang ibu. Apa hubungannya? Simak kisahnya berikut ini!

Sabtu, 21/10/2017 14:44 0

Video News

Relawan One Care Ungkap Situasi Mencekam di Sittwe

KIBLAT.NET – Dalam sebuah kesempatan, Tim KIBLAT TV berhasil mewawancari salah satu relawan One Care....

Sabtu, 21/10/2017 14:16 0

Indonesia

Mahasiswa Nilai Pemerintah Jokowi-JK Gagal Penuhi Nawa Cita

Ribuan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa seluruh Indonesia (BEM-SI) melakukan aksi demonstrasi menandai tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK. Dalam aksinya mereka menggandeng serikat buruh dan nelayan.

Sabtu, 21/10/2017 13:51 0

Close