... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Densus Tipikor Potensial Abuse Of Power

Foto: Margarito Kamis berbicara Diskusi Perspektif Indonesia bertema “Perlukah Densus Tipikor?” di Menteng, Jakarta Pusat

KIBLAT.NET, Jakarta – Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis, mengungkapkan bahwa dengan adanya Hukum Acara yang sekarang, dan akan dibentuknya Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi, Polisi berpotensi melakukan Abuse Of Power.

“Potensial (melakukan Abuse Of Power, red), cukup beralasan menduga ada potensi itu, salah satu pencegahnya adalah dengan membenahi hukum acara perkara,” ungkapnya usai Diskusi Perspektif Indonesia bertema “Perlukah Densus Tipikor?” di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2017).

Menurutnya, jikapun Densus Tipikor tidak jadi dibentuk, Hukum Acara Perkara tetap harus dibenahi. “Bagaimana pun hukum acara ini perlu dibenahi, karena ini akan digunakan terus menerus, polisi diluar Densus itu kan punya penyidik-penyidik, harus dibenari hukum acara nya itu,” terangnya.

Karena Hukum Acara adalah hal yang luar biasa fundamental, dan ini harus dibikin beres. “ini luar biasa fundamental, ini harus dibikin beres, jika tidak, maka pertempuran ini bisa jadi pertempuran yang out of law,” lanjutnya.

Ia pun mencontohkan, kelemahan hukum Acara terlihat pada kasus beberapa waktu lalu. KPK menetapkan lima orang tersangka korupsi, namun hanya menyidangkan seorang tersangka, sedangkan keempatnya tidak disentuh.

“Ada lima tersangka diambil satu doang, diambil yang kecil-kecil, yang gede-gede dibiarin, kezaliman terjadi disitu, itu yang kita tidak mau, ya itu yang kita kritisi terus. karena dengan begitu, ada orang yang tidak bersalah jadi bersalah,” ungkapnya.

BACA JUGA  Ahok Lelang Batik yang Dikenakan Saat Sidang, Ditawar Sampai Rp 100 Juta

“Karena kelemahan hukum acara, kelemahan inilah yang mengakibatkan orang menentukan sikap sendiri, bisa bermain2 sendiri, kritik terhadap KPK sebenarnya karena akarnya lemahnya hukum acara, kurang mendetail, tidak dikasih step-stepnya penindakan,” tukasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Dikirim Latihan Militer di AS, Banyak Perwira Afghanistan Kabur

Sekitar 13 persen tentara Afghan yang menjadi peserta latihan militer di AS dinyatakan hilang.

Ahad, 22/10/2017 07:20 0

Video News

Masjid di Yangon Tak Boleh Adzan Pakai Speaker

KIBLAT.NET – Dalam sebuah kesempatan, Tim KIBLAT TV berhasil mewawancari salah satu relawan One Care....

Sabtu, 21/10/2017 18:52 0

Video News

Begini Gambaran Kamp Pengungsian Rohingya

KIBLAT.NET – Dalam sebuah kesempatan, Tim KIBLAT TV berhasil mewawancari salah satu relawan One Care....

Sabtu, 21/10/2017 18:41 0

Khazanah

Raja Nasrani ini Menangis Saat Pertama Kali Mendengar Al-Quran

KIBLAT.NET - Nama aslinya Ashamah bin Jabar, dia termasuk golongan sahabat dan yang baik Islamnya. Ia tidak sempat berhijrah dan tidak pernah bertemu dengan Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam. Maka jika dilihat dari satu sisi, ia lebih pantas masuk dalam jajaran para tabi’in, meskipun dilihat dari sisi yang lain ia layak disebut Sahabat.

Sabtu, 21/10/2017 17:41 0

Rohah

Sopir Taksi dan Kekuatan Doa Seorang Ibu

Kisah di bawah ini bukan mengada-ada. Dikutip dari Ilmfeed.com, Kamis 12 Oktober 2017, Omar Hajaj menceritakan sepenggal pengalaman dengan seorang sopir taksi di Madinah. Dari sinilah ia menemukan sesuatu yang berharga dari doa seorang ibu. Apa hubungannya? Simak kisahnya berikut ini!

Sabtu, 21/10/2017 14:44 0

Video News

Relawan One Care Ungkap Situasi Mencekam di Sittwe

KIBLAT.NET – Dalam sebuah kesempatan, Tim KIBLAT TV berhasil mewawancari salah satu relawan One Care....

Sabtu, 21/10/2017 14:16 0

Yaman

Ingin Tutup Sekolah, Syiah Hutsi Ajak Para Guru dan Siswa Berperang

Pemberontak Syiah Hutsi berniat untuk menutup sekolah-sekolah di wilayah yang dikuasai guna menempatkan anak-anak di dalam peperangan dan mempersenjatai mereka.

Sabtu, 21/10/2017 13:00 0

Afrika

Berisiko Besar, Kenapa Pentagon Bersikeras Pertahankan Pasukan di Niger?

Situasi ini memberi kesempatan AFRICOM untuk terus berkampanye sesuai keinginan mereka. Alih-alih menjawab pertanyaan mengapa pasukan AS berada di suatu tempat yang membahayakan seperti di Niger.

Sabtu, 21/10/2017 11:45 0

Mesir

35 Perwira Polisi Mesir Tewas Ketika Gerebek Militan Sinai

Sedikitnya 35 perwira polisi Mesir tewas dalam baku tembak saat melakukan penggerebekan terhadap sebuah basis militan Sinai.

Sabtu, 21/10/2017 11:11 0

Suriah

Zona De-Ekskalasi Jadi Target Serangan Assad, Satu Anak Tewas

Sedikitnya satu anak tewas ketika tentara rezim Assad menyerang wilayah Kafr Batna di Ghouta Timur yang termasuk bagian dari zona de-eskalasi.

Sabtu, 21/10/2017 10:17 0

Close