... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Berisiko Besar, Kenapa Pentagon Bersikeras Pertahankan Pasukan di Niger?

Foto: Peta Niger.

KIBLAT.NET, Niger – Tanggal 4 Oktober lalu, pasukan khusus AS diberitakan terkena serangan ambush di Niger, dekat perbatasan Mali. Secara umum dinyatakan bahwa aksi militan Islam telah membuat empat tentara Amerika meregang nyawa, namun bagaimana peristiwa itu terjadi tidak banyak diketahui oleh publik. Pada hari Kamis (19/10/2017), Pentagon menyatakan akan membuka hasil penyelidikan atas insiden tersebut sebagai upaya mengungkap kebenaran dan fakta.

Awalnya, pasukan operasi khusus Amerika menggelar “patroli” biasa, tetapi kemudian di perjalanan mereka melakukan kunjungan ke tetua suku di daerah setempat menggunakan kendaraan militer yang tidak dilengkapi lapis baja. Setelah kunjungan itulah, pasukan terbaik AS yang dilatih secara profesional dan berbiaya tinggi itu terkena serangan ambush militan. Efek serangan dadakan ini tidak sampai fatal dan “hanya” memakan korban 4 tentara Amerika tewas karena pasukan Perancis datang menyelamatkan mereka.

Pusat Komando AS di Afrika (AFRICOM) kerap menyatakan mereka butuh lebih banyak pasukan dan peralatan militer di seluruh Afrika yang akan berfungsi sebagai “aset penyelamat”. Niger dianggap tidak mampu membantu ketika insiden terjadi, dan seandainya tidak ada pasukan Perancis di lokasi kejadian barangkali seluruh pasukan Amerika akan habis. Lalu narasi apa yang bisa diterima bagi eskalasi militer Amerika di benua Afrika, sementara hingga saat ini Pentagon masih tidak mau terbuka mengapa pasukan mereka berada di Niger.

BACA JUGA  AS Sanksi Pemimpin Kelompok Jihadis Mali Front Pembebasan Macina

Situasi ini memberi kesempatan AFRICOM untuk terus berkampanye sesuai keinginan mereka. Alih-alih menjawab pertanyaan mengapa pasukan AS berada di suatu tempat yang membahayakan seperti di Niger, petinggi-petinggi Pentagon melihat insiden itu sebagai peluang memperoleh lebih banyak anggaran.

Sumber: Antiwar
Redaktur: Yasin Muslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

5 Resep Mujarab Rekatkan Ukhuwah Ala Ustadz Abdus Shomad

Ustadz Abdus Shomad mengungkapkan lima resep untuk merekatkan ukhuwah Islamiyah di kalangan kaum muslimin saat ini. Hal tersebut ia sampaikan dalam kajian akbar yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid Jogokariyan, Yogyakarta pada Jum'at (20/10/2017).

Sabtu, 21/10/2017 10:45 2

Indonesia

Ustadz ABB Rawat Inap di RSCM

Ustadz ABB akan diperiksa selama satu dua hari ke depan. "Kita melanjutkan proses di Harapan Kita, sudah cek jantungnya dan bagus, di RSCM periksa kakinya, karena spesialis, dan semoga lebih baik," tegasnya.

Sabtu, 21/10/2017 09:15 0

Indonesia

Saat Matahari Terbit, Ustadz ABB Dilarikan ke Rumah Sakit

Sekira pukul 05.30 WIB ustadz Abu Bakar Baasyir dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat dari Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur, Bogor.

Sabtu, 21/10/2017 08:47 0

Opini

Dakwah Bukti Cinta

Adanya aktifitas dakwah dan saling mengingatkan ini tentu akan meminimalisasi salah dan lupa bahkan akan tertunjuki pada jalan yang haq.

Sabtu, 21/10/2017 08:27 0

Indonesia

Soal Perppu Ormas, LBH Jakarta Punya Penilaian Tersendiri

Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Alghiffari Aqsa menjelaskan dalam menyikapi Perppu ini, LBH Jakarta memberikan penilaian dalam dua hal; satu soal formal dan kedua adalah substansial.

Jum'at, 20/10/2017 19:38 0

Indonesia

Foto: Demo Mahasiswa Sikapi Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK, mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia berunjuk rasa di depan Istana Negara dengan tajuk "Sidang Rakyat". Ribuan massa pada Jumat (20/10/2017) terlihat memadati jalan dengan pengawalan ratusan aparat kepolisian. 

Jum'at, 20/10/2017 18:49 0

Indonesia

Kemenag: Liberalisme Lebih Berbahaya daripada Radikalisme

Kementerian Agama tidak setuju dengan istilah deradikalisasi untuk mencegah pemikiran radikal. Alasannya, kata Sekretaris Jenderal Kementrian Agama, Nur Syam, deradikalisasi hanya menstigma kepada satu kelompok saja, dalam hal ini agama Islam.

Jum'at, 20/10/2017 18:10 0

Indonesia

Tiga Tahun Jokowi-JK, Penegakan Hukum dan Ekonomi Dinilai Jalan di Tempat

"Kenaikan tarif dasar listrik beberapa kali dan pembangunan yang berfokus pada infrastruktur telah mengakibatkan konsumsi dan daya beli masyarakat menurun," tegas Riko.

Jum'at, 20/10/2017 17:40 0

Indonesia

Dewan Pertahanan Nasional Akan Kendalikan Usaha Bela Negara

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto membeberkan sejumlah terobosan untuk mewujudkan tugas pokok bidang polhukam. Terobosan itu, antara lain mengupayakan adanya usaha bela negara.

Jum'at, 20/10/2017 16:57 1

Video Kajian

Khutbah Jumat : 6 Penyebab Kemaksiatan (Ust. Abu Muhammad Nabil, S.Pd.I)

KIBLAT.NET – Kita sebagai manusia tentu saja takkan terlepas dari dosa. Bahkan seorang ulama sekalipun...

Jum'at, 20/10/2017 16:04 0

Close