... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

5 Resep Mujarab Rekatkan Ukhuwah Ala Ustadz Abdus Shomad

Foto: Ustadz Abdus Somad

KIBLAT.NET, Jogja – Ustadz Abdus Shomad mengungkapkan lima resep untuk merekatkan ukhuwah Islamiyah di kalangan kaum muslimin saat ini. Hal tersebut ia sampaikan dalam kajian akbar yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid Jogokariyan, Yogyakarta pada Jum’at (20/10/2017).

Alasan resep ini sampaikan berawal dari keprihatinan mendalam karena banyak dari kalangan kaum muslimin saat ini yang bertengkar dikarenakan masalah yang sepele. Dengan pertengkaran itu, membuat Islam semakin terpuruk oleh keadaan.

Pertama adalah saling mengenal. Ustadz Abdus Shomad mengjelaskan orang yang saling mengenal dituntut untuk saling menyapa dan saling berkomunikasi. Menurutnya komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam menuntaskan permasalahan yang ada. “Kalau ada masalah, mari dikomunikasikan. Jangan malah saling menghujat,” ujarnya.

Lalu yang kedua adalah menghindari suudzon (berprasangka buruk) agar ukhuwah terjalin. Ustadz Abdus Shomad mengatakan hal ini sangatlah penting untuk diterapkan. “Sifat khusnudzon (lawan dari suudzon) dalam diri umat Islam akan memberikan efek baik setelahnya,” imbuh dai asal Pekanbaru, Riau itu.

Ustadz Abdus Shomad sempat menceritakan pengalamannya ketika berada dalam sebuah perjalanan. Waktu itu, ia tengah berada di dalam pesawat dan duduk di samping seorang remaja yang berpenampilan trendi, dengan mengenakan celana jins dan memakai headset di telinga serta kepala yang mengangguk-angguk seperti tengah mendengarkan musik.

Ia mengaku suudzon terhadap remaja itu. Namun, tidak berselang lama ia dibuat terkesima oleh remaja tersebut. Bahkan ia merasa telah berbuat salah karena berprasangka buruk terhadapnya. “Remaja tersebut melepas headsetnya, kemudian melakukan shalat dalam keadaan duduk,” ujarnya.

BACA JUGA  Polri Duga Ada Tindak Pidana dalam Kebakaran Gedung Kejagung

Lantas, ia pun meminta maaf kepada remaja tersebut karena telah berprasangka yang tidak baik. “Makanya selalulah utamakan khusnudzon kepada orang lain,” imbuhnya.

Jamaah memadati kajian Abdus Shomad di Jalan Jogokariyan, Yogyakarta.

Adapun yang ketiga adalah berbuat baik, memanggil temannya dengan nama yang baik, serta menjaga karakter dengan perilaku yang baik pula.

Kemudian yang keempat, kata ustadz Abdus Shomad, adalah mengajak kepada kebaikan. “Karena dengan mengajak pada kebaikan akan mengurangi keburukan yang akan dilakukan saudaranya,” jelasnya sembari memberi catatan bahwa ajakan harus dilakukan dengan dengan sopan dan baik.

Dan yang terakhir adalah saling mendoakan, karena dengan saling mendoakan akan membawa berkah. “Yang kelima ini ilmu pengantarnya sedikit, tapi pengamalannya harus maksimal,” terangnya.

Menurut pantauan Kiblat.net, sekitar seribu lebih jamaah hadir dalam kajian tersebut. Jalan Jogokariyan juga terlihat dipadati jemaah yang tidak kebagian tempat. Kajian dibuka tepat pada pukul 15.00 WIB dan ditutup pada pukul 17.15 WIB.

Reporter: Reno Alfian
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

2 comments on “5 Resep Mujarab Rekatkan Ukhuwah Ala Ustadz Abdus Shomad”

  1. Irfan Dedi

    Luar biasa, SubhanAlloh…..

  2. Satu_jiwa

    Rapatkan barisan

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Zona De-Ekskalasi Jadi Target Serangan Assad, Satu Anak Tewas

Sedikitnya satu anak tewas ketika tentara rezim Assad menyerang wilayah Kafr Batna di Ghouta Timur yang termasuk bagian dari zona de-eskalasi.

Sabtu, 21/10/2017 10:17 0

Inggris

Terinspirasi Referendum Catalonia, Pulau di Inggris Ingin Merdeka

Sebuah komunitas di pulau kecil di muara Thames memilih untuk merdeka karena terinspirasi referendum Catalonia. Mayoritas penduduk di pulau diketahui juga memilih Brexit agar Inggris keluar dari Uni Eropa. 

Sabtu, 21/10/2017 09:51 0

Opini

Dakwah Bukti Cinta

Adanya aktifitas dakwah dan saling mengingatkan ini tentu akan meminimalisasi salah dan lupa bahkan akan tertunjuki pada jalan yang haq.

Sabtu, 21/10/2017 08:27 0

Palestina

Lanjutkan Rekonsiliasi, Hamas: Kami Takkan Berhenti Melawan Israel

Salah berkeyakinan bahwa para pejuang Hamas dan rakyat Palestina tidak akan meninggalkan perlawanan terhadap pemerintah Zionis Israel.

Sabtu, 21/10/2017 08:02 0

News

Fraksi Gerindra: Perppu Ormas Harus Ditolak

Riza mengaku pihaknya sudah menerima berbagai masukan ormas terkait Perppu ini. Oleh sebab itu, fraksi-fraksi lain juga diharapkan bisa memahami dan mengerti tentang bahaya Perppu nomor 2 tahun 2017 ini.

Jum'at, 20/10/2017 18:40 0

Suriah

Setelah Raqqah Diambil Alih, Kemana Perginya Militan ISIS?

Mosul di Iraq mungkin merupakan pusat populasi terbesar yang pernah dimiliki ISIS, namun Raqqah adalah pusat kekuasaan ISIS. Raqqah sendiri menjadi kota utama yang berhasil dikuasai ISIS pertama kali di Suriah.

Jum'at, 20/10/2017 16:37 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : 6 Penyebab Kemaksiatan (Ust. Abu Muhammad Nabil, S.Pd.I)

KIBLAT.NET – Kita sebagai manusia tentu saja takkan terlepas dari dosa. Bahkan seorang ulama sekalipun...

Jum'at, 20/10/2017 16:04 0

Palestina

Ketika Presiden Israel Bilang, “Kami Tidak Memerangi Islam”

Presiden Israel Reuven Rivlin mengklaim bahwa negaranya tidak memerangi Islam. Pernyataan ini ia sampaikan di hadapan seorang delegasi Kristen Zionis di Yerusalem.

Jum'at, 20/10/2017 13:54 0

Opini

Menyoal Istilah Radikalisme

Radikalisme memiliki beberapa arti, yakni paham atau aliran yang radikal dalam politik; paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis; atau sikap ekstrem dalam aliran politik.

Jum'at, 20/10/2017 13:04 0

Afghanistan

Taliban Serbu Markas Militer Afghanistan, Hanya 2 Tentara Selamat

Imarah Islam (Taliban) kembali menghentak dengan serangan malam spektakuler. Kali ini yang disasar adalah sebuah markas militer Afghan di propinsi bagian selatan, yaitu Kandahar.

Jum'at, 20/10/2017 11:37 0

Close