... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Setelah Raqqah Diambil Alih, Kemana Perginya Militan ISIS?

Foto: Grafiti ISIS di Hama. (AFP).

KIBLAT.NET, Raqqah – Pasukan Kurdi SDF yang didukung AS mengatakan bahwa operasi militer besar melawan ISIS di Raqqah telah berakhir pada Selasa (17/10/2017) lalu. Menurut SDF, pihaknya tengah berupaya membersihkan sisa-sisa sel tidur dan ranjau di kota tersebut.

Mosul di Iraq mungkin merupakan pusat populasi terbesar yang pernah dimiliki ISIS, namun Raqqah adalah pusat kekuasaan ISIS. Raqqah sendiri menjadi kota utama yang berhasil dikuasai ISIS pertama kali di Suriah.

Raqqah perlahan menjadi pusat operasi global kelompok tersebut, rumah sakit nasional dan stadionnya berfungsi sebagai markas tempat perencanaan operasi serangan terhadap target asing.

Meskipun ada kota-kota lain di padang pasir Suriah yang tetap dikendalikan ISIS, kali ini ISIS tidak lagi memiliki kota besar setelah Mosul dan Raqqah diambil alih. Hal itu secara tidak langsung mendelegitimasi klaim kekhalifahan mereka.

Namun di sisi lain, ISIS akan terus eksis selagi mereka memiliki tempat-tempat untuk bersembunyi. Beberapa di sepanjang Sungai Efrat, di mana pemimpin mereka yang sulit ditangkap dan mungkin terluka Abu Bakar al-Baghdadi diperkirakan bersembunyi.

Selain itu, para analis juga memperkirakan bahwa ISIS kemungkinan akan keluar dari gurun-gurun dan pusat-pusat kota kecil yang dikendalikannya menuju sebuah wilayah yang berada di perbatasan Suriah dan Iraq.

Tetapi yang jelas, militan ISIS masih berada di kota-kota Suriah timur seperti Deir Zour dan Mayadin. Dimana pasukan Assad yang dibantu milisi Syiah dan angkatan udara Rusia tengah mengepung kedua kota itu.

BACA JUGA  Mufti Damaskus Tewas dalam Ledakan Bom Mobil

Pertempuran selanjutnya tampaknya akan terbentuk di daerah timur ini, dengan para komandan ISIS tetap menjadi target. Termasuk pemimpin utama mereka, Abu Bakar Al-Baghdadi yang menjadi incaran Washington, Damaskus dan Moskow.

Sumber: Newsweek, CNN
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Khutbah Jumat : 6 Penyebab Kemaksiatan (Ust. Abu Muhammad Nabil, S.Pd.I)

KIBLAT.NET – Kita sebagai manusia tentu saja takkan terlepas dari dosa. Bahkan seorang ulama sekalipun...

Jum'at, 20/10/2017 16:04 0

Indonesia

Di DPR, MUI Sampaikan Sikap Tegas terkait Perppu Ormas

Dewan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan sikap terkait munculnya Perppu nomor 2 tahun 2017 tentang organisasi kemasyarakatan (ormas).

Jum'at, 20/10/2017 15:16 0

Indonesia

Amnesty International Soroti Kasus Pembakaran Balai Muhammadiyah di Aceh

Amnesty International Indonesia mengecam dan meminta kepolisian untuk mengusut tuntas peristiwa pembakaran balai dan bangunan awal masjid milik Muhammadiyah di Kabupaten Bireuen, Aceh.

Jum'at, 20/10/2017 14:50 0

Indonesia

Soal Reklamasi dan Meikarta, Komisi II: Jangan Ada Negara dalam Negara

Anggota Komisi II DPR, Ahmad Riza Patria memberikan komentar soal pelarangan meliput salah satu jurnalis stasiun televisi di kawasan reklamasi, Jakarta Utara. Ia menegaskan, hal itu berlebihan.

Jum'at, 20/10/2017 14:24 0

Opini

Menyoal Istilah Radikalisme

Radikalisme memiliki beberapa arti, yakni paham atau aliran yang radikal dalam politik; paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis; atau sikap ekstrem dalam aliran politik.

Jum'at, 20/10/2017 13:04 0

Indonesia

GP Ansor Angkat Bicara soal Pembakaran Balai Muhammadiyah di Aceh

Ketua PP GP Ansor Luthfi Thomafi mengatakan bahwa tidak benar telah terjadi pembakaran masjid di Desa Sanga, Biruen, Aceh. Menurut Luthfi, belum ada bangunan masjid di tempat tersebut.

Jum'at, 20/10/2017 12:12 3

Indonesia

Pembakaran Balai Muhammadiyah di Aceh Dipicu Isu Wahabi

Tempat pengajian tersebut, ungkap Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, sudah berdiri bertahun-tahun. Begitupun masjid juga resmi mendapatkan izin pendirian bangunan, IMB.

Jum'at, 20/10/2017 11:14 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Pengecut Bukan Mental Umat Islam!

Khutbah Pertama: إنَّ الحَمْدَ لله، نَحْمَدُه، ونستعينُه، ونستغفرُهُ، ونعوذُ به مِن شُرُورِ أنفُسِنَا، وَمِنْ سيئاتِ...

Jum'at, 20/10/2017 10:03 0

Indonesia

Polri Antisipasi Militan Marawi Sentuh Indonesia, Begini Caranya

"Ada dua strategi pengawasan yang kita lakukan, front door dan back door. Front Door merupakan jalur udara yang meliputi Jakarta, Manila, dan Filipina. Kemudian Back Door adalah pengawasan melalui kepulauan yang ada di utara Indonesia, yaitu Sulawesi Utara dan Kalimantan Utara," katanya dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9, di Gedung Staf Kepresidenan, Kamis, (19/10).

Jum'at, 20/10/2017 06:27 0

Indonesia

KSHUMI: Perppu Ormas Radikal, DPR Wajib Tolak

Ketua Komunitas Sarjana Hukum Muslim Indonesia (KSHUMI), Chandra Purna Irawan menegaskan bahwa Perppu Ormas sangat kejam.

Kamis, 19/10/2017 21:44 0

Close