... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pembakaran Balai Muhammadiyah di Aceh Dipicu Isu Wahabi

Foto: Masjid Milik Muhammadiyah di Bireuen Aceh dibakar (Foto/Sang Pencerah)

KIBLAT.NET, Bekasi – Insiden pembakaran tempat ibadah kembali terulang. Kali ini terjadi di Aceh, sekumpulan warga membakar balai pengajian dan bangunan awal masjid milik organisasi Muhammadiyah.

Hal itu dibenarkan oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Muti. Ia mengatakan bahwa pembakaran adalah perbuatan melanggar hukum.

“Sesuai informasi dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh memang terjadi pembakaran. Balai pengajian itu sendiri sudah bertahun-tahun dipergunakan untuk kegiatan pengajian warga Muhammadiyah,” kata Muti dalam release yang diterima wartawan, Kamis (19/10/2017).

Tempat pengajian tersebut, ungkapnya, sudah berdiri bertahun-tahun. Begitupun masjid juga resmi mendapatkan izin pendirian bangunan, IMB. Untuk itu, dia berharap pemerintah, khususnya aparatur penegak hukum untuk menindak tegas pelaku, apapun motifnya.

“Ini sudah kedua kalinya. Muhammadiyah berharap kepada Pemerintah, khususnya aparatur penegak hukum, menindak tegas pelaku, apapun motifnya, dan siapapun pelakunya. Pemerintah tidak boleh membiarkan kekerasan keagamaan terus terjadi,” pintanya.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Bireun menolak pendirian Masjid Muhammadiyah. Hal itu memicu masyarakat untuk membakar balai pengajian dan bangunan awal masjid.

Abdul Muti menjelaskan pemicu lainnya, mereka menuduh Muhammadiyah sebagai Wahabi. Tuduhan itu menunjukkan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap Muhammadiyah dan dipicu pernyataan tokoh nasional yang begitu negatif terhadap Muhammadiyah dan menilai Muhammadiyah sebagai Wahabi.

“Polisi tidak boleh membiarkan pernyataan tokoh yang jelas-jelas menyerang kelompok lain. Pernyataan tersebut merupakan ujaran kebencian (hate speech) yang dapat ditindak sesuai undang-undang,” pungkasnya.

BACA JUGA  BPIP Sebut Pelajar yang Demo Omnibus Law Perlu Diterapi Khusus

Reporter: Hafidz Salman
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Pengecut Bukan Mental Umat Islam!

Khutbah Pertama: إنَّ الحَمْدَ لله، نَحْمَدُه، ونستعينُه، ونستغفرُهُ، ونعوذُ به مِن شُرُورِ أنفُسِنَا، وَمِنْ سيئاتِ...

Jum'at, 20/10/2017 10:03 0

Philipina

Filipina Mulai Bersihkan Dampak Perang di Marawi

Perang terus berlanjut di tengah-tengah reruntuhan kota Marawi di Filipina. Namun, operasi pemulihan dampak perang dilakukan.

Jum'at, 20/10/2017 09:26 0

Suriah

Menlu Saudi Urusan Teluk Kunjungi Raqqah

“Mereka berjanji berkontribusi dalam rekonstruksi Raqqah,” imbuh Sido.

Jum'at, 20/10/2017 08:09 0

Palestina

Hamas: Tak Ada yang Dapat Lucuti Senjata Kami

Pernyataan ini sebagai tanggapan atas pernyataan AS. Hamas juga menegaskan tak ada satupun yang dapat memaksanya mengakui Israel

Jum'at, 20/10/2017 07:15 0

Myanmar

Menhan: Militan di Arakan Kalau Tak Ditangani Bisa Jadi ISIS

Alih-alih berperan, nyatanya tujuan pemerintah untuk menyelesaikan kasus tersebut adalah agar tidak terbentuknya militansi ISIS di Negara tersebut.

Jum'at, 20/10/2017 06:45 0

Philipina

Ini Biaya Perang Marawi yang Harus Dikeluarkan Pemerintah Filipina

Pemerintah Filipina mengumumkan pihaknya telah menghabiskan PHP 5 miliar ($ 97,21 juta) dalam perang di Marawi melawan kelompok Abu Sayyaf dan Maute. Jika dirupiahkan, nilainya mencapai sekitar Rp 1, 3 triliun.

Kamis, 19/10/2017 17:07 0

Suriah

Jenderal Senior Assad Tewas di Deir Zour

Zahr al-Deen tewas bersama sejumlah pasukan Assad setelah sebuah alat peledak improvisasi meledak di Hweijeh Sakr di Deir Zour.

Kamis, 19/10/2017 13:41 0

Video Kajian

Inilah Kenapa Aku Memilih Islam – Risdo Matondang

KIBLAT.NET – Hari ini hijrah menjadi istilah populer di banyak kalangan. Ia telah menjadi semangat...

Kamis, 19/10/2017 13:35 1

Suriah

Dikabarkan Luka Parah, Al-Jaulani Muncul dalam Video Serangan HTS ke Hama

Abu Muhammad Al-Jaulani muncul dalam sebuah video operasi Haiah Tahrir Syam (HTS) terhadap pasukan Suriah di Mushayrifah dan Abu Dali, provinsi Hama.

Kamis, 19/10/2017 10:00 0

Opini

Sekulerisasi Seksualitas

Orientasi ekonomi yang sekuleristik akan melahirkan perilaku ekonomi yang melanggar etika agama

Rabu, 18/10/2017 17:11 0

Close
CLOSE
CLOSE