... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tingkatkan Mutu Pendidikan di Papua, AFKN Gandeng YDSF dan KPI

Foto: Pelatihan Smart Teaching untuk guru-guru di Papua.

KIBLAT.NET, Fakfak – Yayasan Al-Fatih Kaffah Nusantara (AFKN), menggandeng Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) dan Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) berkeliling Irian Jaya Barat dan Irian Jaya melaksanakan program pelatihan guru. Presiden AFKN, ustadz Fadlan Garamatan mengatakan kegiatan ini dalam rangka menjadikan para guru mampu mengajar siswa siswi dengan metode yang menyenangkan.

“Dengan konsep Smart Teaching, anak-anak Nuu Waar (Papua.red) harus mampu bersaing dengan sesama anak di NKRI. Maka guru harus dibekali ilmu mendidik. Sehingga rotan, kayu, sapu yang membunuh kecerdasan siswa itu diganti dengan senyum,” katanya kepada Kiblat.net melalui keterangan tertulis pada Rabu (18/10/2017).

“Artinya guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa itu adalah pabrik sumber daya manusia yang perlu secara terus-menerus diberikan berbagai metode ilmu jiwa, mendidik dan mengajar,” sambungnya.

Selain melatih puluhan guru di Fakfak di Irian Jaya Barat, AFKN, YDSF serta KPI juga melakukan pelatihan yang sama di Irian Jaya, yaitu kabupaten Jayawijaya, Wamena.

“Alhamdulillah puluhan guru dengan antusias menerima materi dari instruktur yang memang ahli di bidangnya. Yang kualitas standar internasional, yang akan mensejajarkan anak NKRI dengan dunia internasional,” ucapnya.

Ustadz Fadlan menegaskan bahwa pelatihan Smart Teaching di Wamena diikuti 53 peserta yang terdiri dari guru agama, baik Islam maupun Kristen. Pelatihan di Wamena, kata dia, akan berakhir tanggal 18 Oktober setelah pembukaan pada tanggal 16 Oktober.

BACA JUGA  Meme MUI Imbau Ulama Waspada Rapid Test Hoaks

Perjalanan dakwah ini, lanjutnya, juga menyalurkan 200 paket sembako di desa Walesi dan Tolikara dengan masing masing 100 paket. “Alhamdulillah diterima masyarakat Walesi dan Tolikara diterima imam Tolikara Ali Muktar,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa pelatihan tersebut juga mendapat pujian dari para pejabat setempat. Pelaksana harian Bupati Fakfak, H Suryanto mengatakan bahwa pelatihan Smart Teaching di Fakfak harus dilanjutkan, bukan hanya kali ini.

“Tetapi wajib melajutkan palatihan ini agar semua guru dapat membangun SDM dengan tujuan yang benar dan tepat, sesuai tujuan pembangunan bangsa,” ucap Suryanto

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Bom Taliban Hantam Markas Kepolisian Paktia, Kapolda Jadi Korban

Dua serangan bom Taliban berhasil membunuh seorang Kapolda di provinsi Paktia. Selain itu, serangan terkoordinasi oleh tim skuat berani mati ini juga menewaskan puluhan aparat keamanan dan “collateral-damage” sejumlah warga sipil.

Rabu, 18/10/2017 10:11 0

Palestina

Israel Tolak Negosiasi dengan Pemerintahan Rekonsiliasi Palestina

"Pemerintah Israel tidak akan bernegosiasi secara politis dengan pemerintah Palestina apabila Hamas ikut serta di dalamnya," kata Kantor Perdana Menteri Israel pada Selasa (17/10).

Rabu, 18/10/2017 09:20 0

Suriah

Koalisi AS: 400 Anggota ISIS Raqqah Menyerahkan Diri

"Dalam beberapa hari terakhir saja, sekitar 350 militan di Raqqah menyerah diri kepada Pasukan Demokratik Suriah, termasuk beberapa pejuang asing, dan mereka ditahan setelah diinterogasi," kata Dillon sebuah teleconference kepada media, seperti dilansi Sky News Arabic.

Rabu, 18/10/2017 08:47 0

Yaman

Lagi, Jet UEA Jatuh di Yaman

Dua pilot pesawat tempur tentara Uni Emirat Arab (UEA) tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat di Yaman.

Rabu, 18/10/2017 08:00 0

Afrika

Syaikh Al-Azhar “Serang” Seruan Kesetaraan Gender di Tunisia

Grand Syaikh Al-Azhar, Ahmed Al-Tayeb, Selasa (17/10), kembali mengkritik keras seruan kesetaraan gender dan bolehnya Muslim menikah dengan non-Muslim oleh presiden Tunisia. Seruan itu dinilai menyerang ajaran Islam.

Rabu, 18/10/2017 07:31 0

Suriah

Raqqah Jatuh ke Tangan Milisi Kurdi

"Operasi militer di Raqqah telah selesai," kata juru bicara SDF, Thalal Salaw, kepada AFP.

Rabu, 18/10/2017 05:59 0

Video News

Kiblat Review: Mungkinkah Perppu Ormas Batal?

KIBLAT.NET – Peraturan Pemerintah Pengganti  Perundang-undangan atau PERPPU nomor 2 tahun 2017, mengatur tentang Organisasi...

Selasa, 17/10/2017 18:17 0

Arab Saudi

Syaikh Abdul Majid al-Zindani di Bawah Tahanan Rumah Arab Saudi

Ulama terkemuka Yaman, Syaikh Abdul Majid al-Zindani berada di bawah tahanan rumah di Arab Saudi. Demikian menurut keterangan seorang sumber Yaman seperti dikutip Middle East Monitor, Selasa (17/10/2017).

Selasa, 17/10/2017 17:08 0

Myanmar

Kapal Rohingya Kembali Tenggelam, Enam Korban Belum Ditemukan

Dua belas warga Muslim Rohingya, termasuk enam anak dikabarkan meninggal karena tenggelam setelah kapal mereka terbalik saat melarikan diri dari Myanmar.

Selasa, 17/10/2017 15:15 0

Video News

Stabilnya Uang Dinar dan 14 Abad Harga Kambing (Dr. Imam Teguh Saptono)

KIBLAT.NET – Sejarah membuktikan, emas dan perak merupakan alat tukar paling stabil yang pernah dikenal...

Selasa, 17/10/2017 14:30 0

Close