... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

#SayaPribumi Ngetren di Twitter, Kicauan Akun Ahok Ikut Nongol

Foto: Pribumi (Ilustrasi, foto: Arahjuang.com)

KIBLAT.NET, Jakarta – Pidato perdana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Senin (16/10/2017), menjadi sorotan. Dalam pidatonya, Anies baswedan menggunakan istilah “pribumi” untuk mengingat sejarah ketika perjuangan melawan kolonialisme.

Banyak dari netizen yang mempermasalahkan istilah tersebut, bahkan Organisasi sayap PDI-P, Banteng Muda Indonesia (BMI) melaporkan pidato perdana Anies tersebut ke Polda Metro Jaya.

Sementara, banyak juga publik yang memaklumi masalah tersebut, pasalnya Gubernur DKI tersebut bukanlah pertama kali yang menggunakan istilah ‘pribumi’, penggunaan istilah tersebut pernah juga diucapkan oleh Megawati, Jusuf Kalla, dan Mentri Kelautan Susi Pudjiastuti.

Setelah mencuatnya istilah ‘pribumi’ itu, kini netizen ramai-ramai meramaikan tagar #Sayapribumi dan menjadi trending topik di twitter pada Rabu (18/10). Banyak dari mereka menilai bahwa ‘pribumi’ dinilai sebutan untuk orang-orang yang berkewarganegaraan Indonesia. Tagar itu turut mengapungkan kicauan tentang pribumi yang muncul di akun twitter bekas gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Kalian gk perlu Kejang2 dg kata PRIBUMI,Kalian CINTA NKRI ya kalian PRIBUMI…sbb PRIBUMI itu Pemilik NKRI… GITU AJA KO REPOT #SayaPribumi,” tulis mahendra Gunawan.

Hal senada juga ditegaskan oleh akun @Adiguna yang menyebut bahwa kalau ada yang sewot dengan istilah pribumi dipastikan penyusup.

“Saya Indonesia Saya Pancasila Saya Pribumi titik gak pake koma. Kalo ada yg sewot dgn kata Pribumi dipastikan dia penyusup. #SayaPribumi,” ujarnya.

BACA JUGA  Sebelas Kementerian/Lembaga Negara Bentuk Satgas Penanganan Radikalisme ASN

Selain itu, akun @mbahuyok memunculkan kicauan akun Basuki Tjahja Purnama alias Ahok yang pernah merespon tweet yang menyebut istilah pribumi.

“Hati2 min @basuki_btp.. biarpun maksudnya ucapan terima kasih, krn. ada “pribumi” nya, bisa dilaporin polisi loh.. :-) #SayaPribumi,” tulisnya beserta menyertakan tangkapan layar tweetan Ahok pada (6/04/2016).

Terakhir cuitan dari akun @Tinurhidayah yang dengan bangga kalau dirinya disebut pribumi. “#SayaPribumi dan apa ada ang salah dengan “PRIBUMI”??? sebagai keturunan asli indonesia sebaiknya kita bangga di bilang pribumi,”tulisnya.

Reporter: Furqon Amrullah
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

3 comments on “#SayaPribumi Ngetren di Twitter, Kicauan Akun Ahok Ikut Nongol”

  1. Eep hidayat

    Buka apbd, dpa, rab dan laporan keuangan seluas luasnya pada web site pemda dki, bafu itu pribumi yang tidak akan maling, menutup informaai publik tentang uang rakyat/uang negata, anda tidak berhak menyebut diri sebagai pribimi.

  2. abu muhandis

    BARU SAJA DILANTIK …SIKECEBONG UDAH MEGAP-MEGAP…NIH GUE PRIBUMI ASLI INDONESIA ENGKONG MA MOYANG GUE ASLI INDONESIA…BUKAN SENGKE YG DI GLODOK.

  3. Yadi

    Saya pribumi…bukan asing maupun aseng

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

5 Fakta Penting tentang Raqqah, Bekas Ibukota ISIS di Suriah

Raqqa adalah provinsi di Suriah pertama yang direbut oleh pejuang Suriah setelah pecahnya revolusi di awal tahun 2011. 

Rabu, 18/10/2017 15:50 0

Opini

‘Pribumi’ di Zaman Nabi

Saat Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya hijrah dari Mekkah, mereka disambut baik oleh pribumi Madinah. Para pribumi memberikan rumah, harta, lapangan kerja bahkan jodoh bagi para pendatang, Nabi dan para sahabatnya.

Rabu, 18/10/2017 15:18 0

Turki

Bukan Jawab Kuis Presiden, Bocah-bocah Ini Dapat Sepeda Karena Rutin Shalat Shubuh

Anak-anak di Istanbul, Turki menerima hadiah sepeda karena telah beribadah Shalat Shubuh selama 40 hari berturut-turut secara berjamaah di masjid.

Rabu, 18/10/2017 14:42 0

Philipina

Apakah Perang Marawi Benar-benar Usai?

Presiden Filipina Rodrigo Duterte pada Selasa 17 Oktober 2017 menyatakan bahwa Kota Marawi telah dibebaskan setelah pertempuran selama lima bulan melawan militan Maute.

Rabu, 18/10/2017 13:33 1

Afghanistan

Bom Taliban Hantam Markas Kepolisian Paktia, Kapolda Jadi Korban

Dua serangan bom Taliban berhasil membunuh seorang Kapolda di provinsi Paktia. Selain itu, serangan terkoordinasi oleh tim skuat berani mati ini juga menewaskan puluhan aparat keamanan dan “collateral-damage” sejumlah warga sipil.

Rabu, 18/10/2017 10:11 0

Palestina

Israel Tolak Negosiasi dengan Pemerintahan Rekonsiliasi Palestina

"Pemerintah Israel tidak akan bernegosiasi secara politis dengan pemerintah Palestina apabila Hamas ikut serta di dalamnya," kata Kantor Perdana Menteri Israel pada Selasa (17/10).

Rabu, 18/10/2017 09:20 0

Suriah

Koalisi AS: 400 Anggota ISIS Raqqah Menyerahkan Diri

"Dalam beberapa hari terakhir saja, sekitar 350 militan di Raqqah menyerah diri kepada Pasukan Demokratik Suriah, termasuk beberapa pejuang asing, dan mereka ditahan setelah diinterogasi," kata Dillon sebuah teleconference kepada media, seperti dilansi Sky News Arabic.

Rabu, 18/10/2017 08:47 0

Yaman

Lagi, Jet UEA Jatuh di Yaman

Dua pilot pesawat tempur tentara Uni Emirat Arab (UEA) tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat di Yaman.

Rabu, 18/10/2017 08:00 0

Afrika

Syaikh Al-Azhar “Serang” Seruan Kesetaraan Gender di Tunisia

Grand Syaikh Al-Azhar, Ahmed Al-Tayeb, Selasa (17/10), kembali mengkritik keras seruan kesetaraan gender dan bolehnya Muslim menikah dengan non-Muslim oleh presiden Tunisia. Seruan itu dinilai menyerang ajaran Islam.

Rabu, 18/10/2017 07:31 0

Suriah

Raqqah Jatuh ke Tangan Milisi Kurdi

"Operasi militer di Raqqah telah selesai," kata juru bicara SDF, Thalal Salaw, kepada AFP.

Rabu, 18/10/2017 05:59 0

Close