... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Luhut: Hasil Tambang Freeport Tidak Begitu Penting

Foto: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pandangannya terkait ekonomi maritim Indonesia. Dia juga menyebut nilai hasil tambang tidak begitu penting.

“Benar kata presiden, ekonomi kemaritiman kita ini sudah lama dipunggungi pihak lain. Kenapa tidak dari dulu, sehingga bisa mengeksploitasi potensi yang ada untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Luhut dalam acara Forum Merdeka Barat di Gedung Binagraha Kantor Staf Presiden, Rabu (18/10/2017).

Dia menjelaskan hingga kini potensi ekonomi maritim baru mencapai USD1,33 triliun atau sekitar Rp17 ribu triliun per tahun. Luhut menduga masih ada 83 persen lainnya dapat dihasilkan dari kekayaan maritim Indonesia.

Dia menjabarkan angka tersebut terdiri dari sektor pertambangan dan energi USD210 juta, agrikultural USD210 juta. Selain itu industri jasa maritim USD200 juta, sumber daya nonkonvensional USD200 juta, dan industri bioteknologi USD180 juta.

Kemudian sumber daya pulau-pulau kecil USD120 juta, industri pengolahan ikan USD100 juta, wisata bahari USD60 juta, transportasi laut USD30 juta, hutan mangrove USD8 juta, serta perikanan tangkap USD12 juta.

Dalam kesempatan itu luhut juga menyinggung soal pertambangan Freeport. “Saya menilai hasil tambang Freeport tidak begitu penting, karena kontribusi untuk negara tidak begitu besar. Jadi jangan dinilai Freeport menggunakan perasaan tetapi hitung-hitungan nominal,” ungkapnya.

Menurut Luhut permasalahannya adalah pada kemanuan bangsa Indonesia untuk mengolahnya dengan benar atau tidak. “Jangan melulu konflik internal, masalah kita di depan besar dan itu yang harus kita selesaikan agar ekonomi tumbuh dan masyarakat sejahtera,” ujar Luhut.

BACA JUGA  Meme MUI Imbau Ulama Waspada Rapid Test Hoaks

“Kita harus bertarung dengan dunia luar untuk meyakinkan investor, naruh duit di sini,” tandasnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu terjadi pembicaraan terkait pengambilalihan saham mayoritas di PT Freeport Indonesia oleh pemerintaah. Namun belakangan muncul informasi belum ada kesepakatan final dalam pembicaraan itu.

Reporter : Hafidz Salman
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

‘Pribumi’ di Zaman Nabi

Saat Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya hijrah dari Mekkah, mereka disambut baik oleh pribumi Madinah. Para pribumi memberikan rumah, harta, lapangan kerja bahkan jodoh bagi para pendatang, Nabi dan para sahabatnya.

Rabu, 18/10/2017 15:18 0

Turki

Bukan Jawab Kuis Presiden, Bocah-bocah Ini Dapat Sepeda Karena Rutin Shalat Shubuh

Anak-anak di Istanbul, Turki menerima hadiah sepeda karena telah beribadah Shalat Shubuh selama 40 hari berturut-turut secara berjamaah di masjid.

Rabu, 18/10/2017 14:42 0

Philipina

Apakah Perang Marawi Benar-benar Usai?

Presiden Filipina Rodrigo Duterte pada Selasa 17 Oktober 2017 menyatakan bahwa Kota Marawi telah dibebaskan setelah pertempuran selama lima bulan melawan militan Maute.

Rabu, 18/10/2017 13:33 1

Afghanistan

Bom Taliban Hantam Markas Kepolisian Paktia, Kapolda Jadi Korban

Dua serangan bom Taliban berhasil membunuh seorang Kapolda di provinsi Paktia. Selain itu, serangan terkoordinasi oleh tim skuat berani mati ini juga menewaskan puluhan aparat keamanan dan “collateral-damage” sejumlah warga sipil.

Rabu, 18/10/2017 10:11 0

Palestina

Israel Tolak Negosiasi dengan Pemerintahan Rekonsiliasi Palestina

"Pemerintah Israel tidak akan bernegosiasi secara politis dengan pemerintah Palestina apabila Hamas ikut serta di dalamnya," kata Kantor Perdana Menteri Israel pada Selasa (17/10).

Rabu, 18/10/2017 09:20 0

Suriah

Koalisi AS: 400 Anggota ISIS Raqqah Menyerahkan Diri

"Dalam beberapa hari terakhir saja, sekitar 350 militan di Raqqah menyerah diri kepada Pasukan Demokratik Suriah, termasuk beberapa pejuang asing, dan mereka ditahan setelah diinterogasi," kata Dillon sebuah teleconference kepada media, seperti dilansi Sky News Arabic.

Rabu, 18/10/2017 08:47 0

Yaman

Lagi, Jet UEA Jatuh di Yaman

Dua pilot pesawat tempur tentara Uni Emirat Arab (UEA) tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat di Yaman.

Rabu, 18/10/2017 08:00 0

Afrika

Syaikh Al-Azhar “Serang” Seruan Kesetaraan Gender di Tunisia

Grand Syaikh Al-Azhar, Ahmed Al-Tayeb, Selasa (17/10), kembali mengkritik keras seruan kesetaraan gender dan bolehnya Muslim menikah dengan non-Muslim oleh presiden Tunisia. Seruan itu dinilai menyerang ajaran Islam.

Rabu, 18/10/2017 07:31 0

Suriah

Raqqah Jatuh ke Tangan Milisi Kurdi

"Operasi militer di Raqqah telah selesai," kata juru bicara SDF, Thalal Salaw, kepada AFP.

Rabu, 18/10/2017 05:59 0

Video News

Kiblat Review: Mungkinkah Perppu Ormas Batal?

KIBLAT.NET – Peraturan Pemerintah Pengganti  Perundang-undangan atau PERPPU nomor 2 tahun 2017, mengatur tentang Organisasi...

Selasa, 17/10/2017 18:17 0

Close