... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tantangan Reklamasi: Komitmen dengan Janji atau Patuhi Pemerintah Pusat

Foto: Gubernur Anies dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies Baswedan-Sandiaga Uno

KIBLAT. NET, Jakarta– Seusai dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur, janji-janji Anies-Sandi ditunggu oleh warga Jakarta. Hal itu diutarakan oleh Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman.

“Memimpin adalah menderita, memimpin adalah pengorbanan. Apalagi janji-janji sudah terucap, maka itu menjadi hutang yang harus dilunasi” , ungkap Pedri Kasman kepada Kiblat.net pada Selasa (17/10) dalam keterangan tertulis.

Menurut Pedri, bila janjinya dulu tidak ditepati maka komitmen moral sebagai pemimpin akan dipertanyakan. Ditambah lagi, janji-janji tersebut membuahkan harapan masyarakat akan adanya perubahan di Jakarta.

Ditambah lagi, tantangan selanjutnya yang akan dihadapi oleh seorang pemimpin adalah kelompok oposisi. Terutama pihak-pihak yang belum siap menerima kemenangan Anies dalam Pilkada DKI Jakarta.

“Tantangan teranyar adalah soal Reklamasi Teluk Jakarta. Sangat jelas Anies-Sandi menjanjikan akan menghentikan mega proyek yang kontroversial ini”, tutur Pedri.

Sementara itu, ia mengatakan pemerintah pusat melalui Menko Maritim sudah mencabut moratorium reklamasi hanya beberapa hari sebelum Anies-Sandi dilantik. Di satu sisi pemerintah provinsi tidak elok berbeda sikap dengan pemerintah pusat, apalagi sampai konfrontasi. Namun janji akan dihentikannya mega proyek itu tentu akan ditagih oleh warga Jakarta.

“Apakah ia (Anies-Sandi. red) akan tunduk pada kenyataan atau bertahan dengan komitmen keberpihakan pada rakyat. Atau ia memilih jalan lain, jalan kompromi misalnya,” ungkapnya.

Pedri menambahkan bahwa problem permasalahan akan semakin banyak di Jakarta. Mulai dari kemacetan, problem kemiskinan, pengangguran, kepemilikan lahan yang didominasi korporasi dan lain sebagainya.

BACA JUGA  Pengamat Politik: Kerja Politik Staf Khusus Jokowi Belum Teruji

“Pemilik modal makin berkuasa, rakyat kecil makin terjepit dan tersingkir” , katanya.

Untuk itu, ia menegaskan pemimpin yang benar dan idealis akan menjawabnya dengan kerja keras dan komitmen moral yang tinggi. Sebaliknya, kata dia pemimpin pragmatis dan oportunis akan mencari segudang alasan untuk menghindar.

 

Reporter: Julian
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Kiblat Review: Mungkinkah Perppu Ormas Batal?

KIBLAT.NET – Peraturan Pemerintah Pengganti  Perundang-undangan atau PERPPU nomor 2 tahun 2017, mengatur tentang Organisasi...

Selasa, 17/10/2017 18:17 0

Arab Saudi

Syaikh Abdul Majid al-Zindani di Bawah Tahanan Rumah Arab Saudi

Ulama terkemuka Yaman, Syaikh Abdul Majid al-Zindani berada di bawah tahanan rumah di Arab Saudi. Demikian menurut keterangan seorang sumber Yaman seperti dikutip Middle East Monitor, Selasa (17/10/2017).

Selasa, 17/10/2017 17:08 0

Myanmar

Kapal Rohingya Kembali Tenggelam, Enam Korban Belum Ditemukan

Dua belas warga Muslim Rohingya, termasuk enam anak dikabarkan meninggal karena tenggelam setelah kapal mereka terbalik saat melarikan diri dari Myanmar.

Selasa, 17/10/2017 15:15 0

Video News

Stabilnya Uang Dinar dan 14 Abad Harga Kambing (Dr. Imam Teguh Saptono)

KIBLAT.NET – Sejarah membuktikan, emas dan perak merupakan alat tukar paling stabil yang pernah dikenal...

Selasa, 17/10/2017 14:30 0

Philipina

Rodrigo Duterte Sebut Marawi Telah Berhasil Direbut

Presiden Filipina Rodrigo Duterte hari ini, Selasa (17/10/2017) mengatakan bahwa Kota Marawi telah dibebaskan dari militan bersenjata setelah 148 hari pertempuran.

Selasa, 17/10/2017 14:14 0

Myanmar

Selidiki Krisis Rohingya, Jurnalis Lokal Myanmar Diintimidasi 

Selain ancaman pembunuhan, tentara Myanmar juga melakukan sejumlah pelecehan jika mereka menulis opini yang bertentangan dengan pemerintah Naypyidaw.

Selasa, 17/10/2017 13:42 0

Mesir

Baku Tembak Militan Sinai dan Polisi Mesir, Enam Tewas

Semenanjung Sinai yang berada di wilayah Mesir ini terus menjadi kawasan episentrum perlawanan insurjensi bagi kelompok-kelompok Islam sejak mid-2013. Saat itu, Presiden Muhammad Mursi yang merupakan presiden pertama Mesir yang dipilih secara bebas dengan paksa dilengserkan dan dipenjara melalui sebuah kudeta militer.

Selasa, 17/10/2017 12:33 0

Irak

Jerman Stop Misi Pelatihan Militer Kurdi Peshmerga

Angkatan Bersenjata Jerman dikabarkan telah menghentikan pelatihan militer pasukan Kurdi Peshmerga di Iraq utara.

Selasa, 17/10/2017 10:34 0

Info Event

Imam Badal dan Pengurus Masjid Ini Butuh Uluran Tangan Kita!

Adalah Hibatulloh (32 th) pemuda yang kesehariannya diisi untuk mengajar di sebuar madrasah juga merangkap sebagai Imam Badal di masjid Al Istiqomah Kp. Utan Tangerang Selatan tempat ia sementara tinggal. Pada Ahad (8/10) Allah memberikan ujian kepada Hibat. Ia mengalami kecelaakan parah di Cisauk saat kembali dari kampung halamannya menuju tempat ia mengabdi.

Selasa, 17/10/2017 09:48 0

Video Kajian

Hukum Membuat Patung & Lukisan – Ust. Anung Al Hamat, Lc, M.Pd.I.

KIBLAT.NET – Banyak kita temui lukisan dan patung yang dibuat oleh seorang muslim. Dengan berdalih...

Selasa, 17/10/2017 09:33 0

Close