... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Anies Bukan Pertama, Megawati hingga Jokowi Pernah Katakan ‘Pribumi’

Foto: Pribumi (Ilustrasi, foto: Arahjuang.com)

KIBLAT.NET, Jakarta – Pidato pertama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang perjuangan pribumi melawan kolonialisme menjadi polemik di kalangan masyarakat. Kata ‘pribumi’ dipersoalkan karena disebut melanggar Inpres No. 26 tahun 1998.

“Jakarta ini satu dari sedikit kota di Indonesia yang merasakan polarisme dari dekat. Di Jakarta, bagi orang Jakarta, yang namanya kolonialisme itu di depan mata, dulu kita semua pribumi ditindas, dikalahkan, kini saatnya kita menjadi tuan rumah di negeri Indonesia,” ucapnya dalam acara Selamatan Jakarta yang digelar di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2017)

Namun ternyata, Anies bukan satu-satunya pejabat dan publik figur yang pernah menggunakan kata ‘pribumi’ dalam berpidato. Jauh hari, wakil Presiden Jusuf Kalla juga pernah menggunakan istilah ‘pribumi’ pada saat ada pengusaha pribumi yang bertemu dengan petinggi Freeport-McMoRan, James R Moffett alias Jim Bob.

Hal tersebut seperti diberitakan oleh Tempo pada tanggal 28 Desember 2015 dengan judul berita “Jusuf Kalla: Jangan Anti-pengusaha Pribumi”.

Selain itu Ketua Umum PDI, Megawati Soekarno putri juga menggunakan istilah pribumi dalam pidato ilmiahnya pada 27 September 2017 seperti yang dimuat di situs pdiperjuangan.id dengan judul “Pidato Ilmiah Megawati Soekarnoputri Dalam Penganugerahan Gelar Doctor Honoris Causa Dari UNP”.

Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti juga menggunakan istilah ‘pribumi’ seperti yang dimuat Tribunnews.com pada 19 Januari 2017 dengan judul “Menteri Susi Siap Bantu Pengusaha Pribumi”.

BACA JUGA  Cegah Second Wave, Anies Akan Batasi Arus Balik

“Affirmative policy. Policy keberpihakan, karena harus melindungi pribuminya. Kenapa? Karena pribumi belum siap bertarung dengan non pribumi, dan sekarang pemerintah akan menggulirkan program membangun konglomerasi pribumi, membangun perusahaan pribumi, supaya kuat,” ujar Susi.

Terakhir, Radar Banten melaporkan bahwa Presiden Jokowi juga pernah menggunakan istilah pribumi. Hal itu diberitakan pada Jum’at 6 Oktober 2017 lalu. Setelah muncul polemik kata “pribumi” kini berita itu diubah menjadi “warga lokal.” Kendati demikian, jejak digitalnya masih bisa dilihat di laman pencarian Google dan Twitter.

Reporter: Furqon Amrullah
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

2 comments on “Anies Bukan Pertama, Megawati hingga Jokowi Pernah Katakan ‘Pribumi’”

  1. Rahmad Santoso

    Giliran emaknya yg ngomong, pd diem bae..

  2. Catur

    Sdh.lah ksh kesempatan anis mimpin…utuk bang anis…juga jg bicaranya jgn sampe ,jdi bumerang…

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Kiblat Review: Mungkinkah Perppu Ormas Batal?

KIBLAT.NET – Peraturan Pemerintah Pengganti  Perundang-undangan atau PERPPU nomor 2 tahun 2017, mengatur tentang Organisasi...

Selasa, 17/10/2017 18:17 0

Arab Saudi

Syaikh Abdul Majid al-Zindani di Bawah Tahanan Rumah Arab Saudi

Ulama terkemuka Yaman, Syaikh Abdul Majid al-Zindani berada di bawah tahanan rumah di Arab Saudi. Demikian menurut keterangan seorang sumber Yaman seperti dikutip Middle East Monitor, Selasa (17/10/2017).

Selasa, 17/10/2017 17:08 0

Myanmar

Kapal Rohingya Kembali Tenggelam, Enam Korban Belum Ditemukan

Dua belas warga Muslim Rohingya, termasuk enam anak dikabarkan meninggal karena tenggelam setelah kapal mereka terbalik saat melarikan diri dari Myanmar.

Selasa, 17/10/2017 15:15 0

Video News

Stabilnya Uang Dinar dan 14 Abad Harga Kambing (Dr. Imam Teguh Saptono)

KIBLAT.NET – Sejarah membuktikan, emas dan perak merupakan alat tukar paling stabil yang pernah dikenal...

Selasa, 17/10/2017 14:30 0

Philipina

Rodrigo Duterte Sebut Marawi Telah Berhasil Direbut

Presiden Filipina Rodrigo Duterte hari ini, Selasa (17/10/2017) mengatakan bahwa Kota Marawi telah dibebaskan dari militan bersenjata setelah 148 hari pertempuran.

Selasa, 17/10/2017 14:14 0

Myanmar

Selidiki Krisis Rohingya, Jurnalis Lokal Myanmar Diintimidasi 

Selain ancaman pembunuhan, tentara Myanmar juga melakukan sejumlah pelecehan jika mereka menulis opini yang bertentangan dengan pemerintah Naypyidaw.

Selasa, 17/10/2017 13:42 0

Mesir

Baku Tembak Militan Sinai dan Polisi Mesir, Enam Tewas

Semenanjung Sinai yang berada di wilayah Mesir ini terus menjadi kawasan episentrum perlawanan insurjensi bagi kelompok-kelompok Islam sejak mid-2013. Saat itu, Presiden Muhammad Mursi yang merupakan presiden pertama Mesir yang dipilih secara bebas dengan paksa dilengserkan dan dipenjara melalui sebuah kudeta militer.

Selasa, 17/10/2017 12:33 0

Irak

Jerman Stop Misi Pelatihan Militer Kurdi Peshmerga

Angkatan Bersenjata Jerman dikabarkan telah menghentikan pelatihan militer pasukan Kurdi Peshmerga di Iraq utara.

Selasa, 17/10/2017 10:34 0

Info Event

Imam Badal dan Pengurus Masjid Ini Butuh Uluran Tangan Kita!

Adalah Hibatulloh (32 th) pemuda yang kesehariannya diisi untuk mengajar di sebuar madrasah juga merangkap sebagai Imam Badal di masjid Al Istiqomah Kp. Utan Tangerang Selatan tempat ia sementara tinggal. Pada Ahad (8/10) Allah memberikan ujian kepada Hibat. Ia mengalami kecelaakan parah di Cisauk saat kembali dari kampung halamannya menuju tempat ia mengabdi.

Selasa, 17/10/2017 09:48 0

Video Kajian

Hukum Membuat Patung & Lukisan – Ust. Anung Al Hamat, Lc, M.Pd.I.

KIBLAT.NET – Banyak kita temui lukisan dan patung yang dibuat oleh seorang muslim. Dengan berdalih...

Selasa, 17/10/2017 09:33 0

Close