... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

5 Fakta Pidato Anies Baswedan, Nomor Empat Tak Terduga

Foto: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

KIBLAT.NET, Jakarta- Pidato inagurasi Anies Baswedan masih menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Meski pidato itu hanya berlangsung kurang dari setengah jam, namun hingga saat ini masih terus menjadi pembicaraan hangat netizen. Oleh sebab itu, Kiblat.net menyajika 5 fakta seputar pidato Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

1. Diksi ‘Pribumi’ yang Hebohkan Netizen

Dalam pidato perdananya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bercerita tentang masa-masa kelam era kolonial di Jakarta. Ia menuturkan bahwa Jakarta salah satu kota di Indonesia yang merasakan dampak langsung dari penjajahan.

Anies pun mengungkapkan bagaimana kondisi masyarakat Indonesia saat itu dengan menggunakan kata “pribumi”. Kendati berbicara dalam konteks masa penjajahan, netizen seakan tak terima. Anies pun teruts dihujani kritisi atas ucapan tersebut. Hal itu terbukti ketika tagar #pribumi menduduki tangga trending topic di Twitter.

2. Diselingi Petuah-petuah dari Berbagai Daerah Indonesia

Selama 23 menit, Anies Baswedan menyampaikan pidato inagurasinya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Senin (16/10) di Balai Kota. Dalam kesempatan itu pula, Anies didapati menyelipkan beberapa petuah lokal dari sejumlah wilayah di Indonesia. Mulai dari petuah Aceh, Batak, Minang, Betawi, Madura hingga Minahasa.

Bahkan, pidato perdananya itu ditutup dengan sebuah pantun yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Betawi.

Bekerja giat di kali anyar
Mencuci mata di Kampung Rawa
Lusurkan niat teguhkan ikthiar
Bangun Jakarta bahagiakan warganya

Cuaca hangat di Ciracas
Tidur pulas di Pondok Indah
Mari berkeringat bekerja keras
Tulus ikhlas tunaikan amanah.

3. Berbicara Seputar Sejarah

BACA JUGA  Hingga Hari Kedua Lebaran, 135 Napi Asimilasi Kembali Ditangkap

Kurang dari setengah jam Anies berpidato di depan masyarakat Jakarta. Hampir sebagian pidatonya berbicara seputar sejarah. Anies menuturkan bahwa DKI Jakarta yang kini di bawah pimpinannya itu memiliki sejarah panjang.

Anies juga menyebutkan beberapa tempat bersejarah yang tak jauh dari lokasi ia berpidato. Misalnya, tempat Sumpah Pemuda, lokasi perumusan Pancasila, dan Pegangsaan Timur, tempat Ir. Soekarno dan Hatta membacakan teks proklamasi.

“Jakarta adalah tempat yang dipenuhi oleh sejarah, setiap sudut di kota ini menyimpan lapisan kisah sejarah yang dilalui ratusan bahkan ribuan tahun. Jakarta tidak dibangun baru kemarin sejak era Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia hingga kini Jakarta adalah sejarah pergerakan peradaban manusia,” ungkap Anies.

Pidato perdana Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan didamping Limbad di Balai Kota pada Senin (16/10). (Qari’ Aliga/Kiblat.net)

4. Anies Baswedan Didampingi Limbad

Tak banyak yang menduga, pesulap Limbad turut mendampingi Anies Baswedan saat tampil berpidato di Balai Kota DKI Jakarta. Bahkan, Limbad tampak mengenakan pakaian serba hitam dan berdiri tepat di belakang Anies.

Belum diketahui, apakah Limbad termasuk daftar tamu undangan Anies. Namun saat ditanya wartawan, ia hanya tersenyum seraya terus berjalan masuk menuju Balai Kota.

5. Dilaporkan ke Polisi karena Pidatonya

Diksi ‘pribumi’ dalam pidatonya, rupanya dimanfaatkan oleh sayap pemuda PDI-P untuk menghantarkan Anies ke polisi. Banteng Muda Indonesia pada Selasa (17/10) menyambangi Polda Metro Jaya untuk melakukan konsultasi dan mengeluhkan ucapan Anies ke kepolisian. BMI diwakili oleh Kepala Departemen Bidang Hukum dan HAM DPD Banteng Muda Indonesia Pahala Sirait dan Wakil Ketua Bidang Hukum Ronny Talapessy.

BACA JUGA  Meme MUI Imbau Ulama Waspada Rapid Test Hoaks

“Ada penghentian penggunaan istilah pribumi dan non-pribumi di dalam berbagai kegiatan kebijakan atau penyelenggaraan urusan pemerintahan,” ucap Pahala.

 

Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: Jon Muhammad

 


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Kiblat Review: Mungkinkah Perppu Ormas Batal?

KIBLAT.NET – Peraturan Pemerintah Pengganti  Perundang-undangan atau PERPPU nomor 2 tahun 2017, mengatur tentang Organisasi...

Selasa, 17/10/2017 18:17 0

Arab Saudi

Syaikh Abdul Majid al-Zindani di Bawah Tahanan Rumah Arab Saudi

Ulama terkemuka Yaman, Syaikh Abdul Majid al-Zindani berada di bawah tahanan rumah di Arab Saudi. Demikian menurut keterangan seorang sumber Yaman seperti dikutip Middle East Monitor, Selasa (17/10/2017).

Selasa, 17/10/2017 17:08 0

Myanmar

Kapal Rohingya Kembali Tenggelam, Enam Korban Belum Ditemukan

Dua belas warga Muslim Rohingya, termasuk enam anak dikabarkan meninggal karena tenggelam setelah kapal mereka terbalik saat melarikan diri dari Myanmar.

Selasa, 17/10/2017 15:15 0

Video News

Stabilnya Uang Dinar dan 14 Abad Harga Kambing (Dr. Imam Teguh Saptono)

KIBLAT.NET – Sejarah membuktikan, emas dan perak merupakan alat tukar paling stabil yang pernah dikenal...

Selasa, 17/10/2017 14:30 0

Philipina

Rodrigo Duterte Sebut Marawi Telah Berhasil Direbut

Presiden Filipina Rodrigo Duterte hari ini, Selasa (17/10/2017) mengatakan bahwa Kota Marawi telah dibebaskan dari militan bersenjata setelah 148 hari pertempuran.

Selasa, 17/10/2017 14:14 0

Myanmar

Selidiki Krisis Rohingya, Jurnalis Lokal Myanmar Diintimidasi 

Selain ancaman pembunuhan, tentara Myanmar juga melakukan sejumlah pelecehan jika mereka menulis opini yang bertentangan dengan pemerintah Naypyidaw.

Selasa, 17/10/2017 13:42 0

Mesir

Baku Tembak Militan Sinai dan Polisi Mesir, Enam Tewas

Semenanjung Sinai yang berada di wilayah Mesir ini terus menjadi kawasan episentrum perlawanan insurjensi bagi kelompok-kelompok Islam sejak mid-2013. Saat itu, Presiden Muhammad Mursi yang merupakan presiden pertama Mesir yang dipilih secara bebas dengan paksa dilengserkan dan dipenjara melalui sebuah kudeta militer.

Selasa, 17/10/2017 12:33 0

Irak

Jerman Stop Misi Pelatihan Militer Kurdi Peshmerga

Angkatan Bersenjata Jerman dikabarkan telah menghentikan pelatihan militer pasukan Kurdi Peshmerga di Iraq utara.

Selasa, 17/10/2017 10:34 0

Info Event

Imam Badal dan Pengurus Masjid Ini Butuh Uluran Tangan Kita!

Adalah Hibatulloh (32 th) pemuda yang kesehariannya diisi untuk mengajar di sebuar madrasah juga merangkap sebagai Imam Badal di masjid Al Istiqomah Kp. Utan Tangerang Selatan tempat ia sementara tinggal. Pada Ahad (8/10) Allah memberikan ujian kepada Hibat. Ia mengalami kecelaakan parah di Cisauk saat kembali dari kampung halamannya menuju tempat ia mengabdi.

Selasa, 17/10/2017 09:48 0

Video Kajian

Hukum Membuat Patung & Lukisan – Ust. Anung Al Hamat, Lc, M.Pd.I.

KIBLAT.NET – Banyak kita temui lukisan dan patung yang dibuat oleh seorang muslim. Dengan berdalih...

Selasa, 17/10/2017 09:33 0

Close