... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Militer Turki Mulai Masuk Idlib

KIBLAT.NET, Idlib – Pasukan militer Turki mulai memasuki Idlib. Dilaporkan sebanyak 80 personil beserta 12 kendaraan lapis baja tentara nasional Turki melintasi perbatasan menuju wilayah Suriah yang mayoritas di bawah kendali oposisi itu pada Kamis malam (12/10).

Kantor berita Al-Jazeera melaporkan bahwa sebanyak 40 tentara lainnya akan menyusul. Sebelumnya, Turki hanya mengirim delegasi militer untuk mensurvei titik-titik yang akan menjadi pos militer Turki. Misi militer negara tetangga Suriah itu untuk memantau penerapan zona de-eskalasi yang disepakati di Astana, di mana Idlib termasuk bagian dari zona tersebut.

Bersamaan dengan itu, Ankara memobilisasi pasukan di sepanjang perbatasan dengan Idlib. Pasukan dan armada tempur itu ditempatkan di distrik Rihaniyah, provinsi Hatay. Tak hanya kendaraan militer, ambulan juga disiapkan di daerah perbatasan ini.

Sementara di pedesaan Aleppo, militer Turki sudah memasuki wilayah yang dikontrol oposisi non-jihadis itu beberapa waktu lalu. Wartawan Al-Jazeera di Ghaziantep melaporkan, sebanyak 30 kendaraan militer telah memasuki perlintasan Bab Al-Hawa yang diiringi dengan personil militer. Rombongan militer lainnya yang terdiri dari lima kendaraan lapis baja juga memasuki Suriah melalui pintu Dar Izzah di pedesaan Aleppo Barat. Rombongan ini menuju front perbatasan antara oposisi dan milisi Kurdi PKK.

Sebelumnya, militer Turki dan pasukan Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) yang mengontrol Turki sempat terlibat baku tembak terbatas di perbatasan. Pejuang HTS menyerang sebuah tank militer Turki yang dikira hendak bergerak memasuki Idlib. Tidak ada laporan korban dalam insiden itu.

BACA JUGA  Kelompok Jihadis Baru di Idlib Luncurkan Operasi Perdana

Beberapa saat kemudian, militer Turki dan HTS dilaporkan berkomunikasi. Militer Turki dibolehkan memasuki wilayah kontrol HTS di Idlib untuk mensurvei lokasi. Namun, HTS dikabarkan hanya mengizinkan Turki mendirikan pos di wilayah-wilayah yang berbatasan dengan milisi Kurdi.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Warganet: Penyerang Kemendagri Non Muslim, Jadi Tak Ada Label Radikal

"Kalo dulu yang bakar masjid di Tolikara diundang ke istana...kira2 yang menyerang kantor Kemendagri diundang juga... ?" tulis akun Diyan Aqorib.

Jum'at, 13/10/2017 05:59 0

Indonesia

Singgung Kasus Hate Speech, Komisi III: Polisi Seakan Tajam ke Umat Islam

Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil mempertanyakan kinerja polisi dalam menangani kasus hate speech atau ujaran kebencian.

Kamis, 12/10/2017 19:15 0

Indonesia

Ditagih Penyelesaian Kasus Pembacokan Hermansyah, Ini Jawaban Tito Karnavian

Kapolri Tito Karnavian tak banyak berkomentar saat ditanya soal penyelesaian kasus pembacokan yang menimpa saksi ahli kasus Ahok, Hermansyah

Kamis, 12/10/2017 18:13 0

Indonesia

Minta Keadilan, Istri Jonru Temui Fadli Zon di Gedung DPR

Terkait kasus yang menjerat Jonru tersebut, keluarga meminta agar Fadli memberikan perlindungan. Hal ini disampaikan oleh istrinya saat pertemuan tersebut.

Kamis, 12/10/2017 17:46 1

Indonesia

Dalam Kasus Hate Speech, Komisi III Khawatir Polisi Jadi Alat Kekuasaan

Anggota Komisi III DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad memberikan komentar soal kasus ujaran kebencian yang ramai akhir-akhir ini.

Kamis, 12/10/2017 17:07 1

Indonesia

Dalam Penindakan Pelaku Ujaran Kebencian, Kapolri Merasa Tak Tebang Pilih

Kapolri Tito Karnavian merasa tidak melakukan pilih kasih dalam penegakan hukum. Menurutnya, dalam penindakan, polisi mempertimbangkan tingkat tindakan pelaku.

Kamis, 12/10/2017 16:50 0

Indonesia

Bentuk Densus Anti Korupsi, Polri Minta Anggaran Rp 2,6 Triliun

Kepolisian Republik Indonesia berencana membuat Densus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Dalam hal ini, Kapolri Tito Karnavian mengatakan bahwa dana menjadi hal penting dalam program.

Kamis, 12/10/2017 14:20 0

Indonesia

Timses Anies-Sandi: 23 Janji Akan Segera Diwujudkan

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan dilantik pada 16 Oktober 2017 mendatang. Keduanya akan memimpin Ibu Kota untuk periode 2017-2022 menggantikan Djarot Syaiful Hidayat.

Kamis, 12/10/2017 14:03 0

Indonesia

Sidang Terorisme Klaten, TPM: Tak Ada Bukti Teror

Pengacara terdakwa terorisme Klaten, Winarno dan Murjianto merasa janggal dengan kasus yang menimpa kliennya. Sebab, kedua kliennya didakwa dengan pasal terorisme, sementara keduanya tidak melakukan tindakan teror.

Kamis, 12/10/2017 13:20 0

Indonesia

Anies-Sandi Diminta Tidak Pencitraan dan Jaga Amanah

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan dilantik pada 16 Oktober 2017 mendatang.

Kamis, 12/10/2017 12:20 0

Close