... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Panglima Militer Myanmar: Muslim Rohingya Bukan Penduduk Asli

Foto: Panglima militer Myanmar Min Aung Hlaing. (Global News)

KIBLAT.NET, Naypyidaw – Muslim Rohingya bukan penduduk asli Myanmar, ia dibawa oleh penjajah Inggris. Demikian kata panglima militer Myanmar Min Aung Hlaing kepada duta besar AS Scot Marciel seperti dikutip dari laman Facebook-nya, Kamis (12/10/2017).

Jenderal Buddha yang memiliki kekuasaan tertinggi di Myanmar itu menyebut Rohingya sebagai etnis Bengali. “Orang-orang Bengali tidak dibawa ke negara itu oleh Myanmar tapi oleh penjajah,” katanya kepada Marciel.

“Mereka bukan penduduk asli dan catatan membuktikan bahwa mereka bahkan tidak disebut Rohingya tapi hanya orang Bengali selama masa penjajahan,” imbuhnya.

Min Aung Hlaing mengatakan orang-orang Bengali lokal terlibat dalam serangan di bawah kepemimpinan ARSA. Karena itulah mereka mungkin telah melarikan diri karena mereka merasa tidak aman. Ia bersikeras bahwa Rohingya harus kembali ke daerah asal mereka.

“Tempat asli orang Bengali benar-benar Bengal,” katanya. “Mereka mungkin telah melarikan diri ke negara lain dengan bahasa, ras dan budaya yang sama dengan mereka dengan anggapan bahwa mereka akan berada di sana dengan lebih aman.

Dewan hak asasi manusia PBB mengatakan bahwa pasukan keamanan Myanmar telah secara brutal mengusir setengah juta Rohingya dari negara bagian Rakhine utara ke Bangladesh, membakar rumah, tanaman dan desa mereka untuk mencegah mereka kembali.

Sementara itu, para sejarawan mengatakan bahwa komunitas Muslim Rohingya tercatat tinggal di wilayah Rakhine jauh sebelum era kolonial.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Ibas Fuadi

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Bentuk Densus Anti Korupsi, Polri Minta Anggaran Rp 2,6 Triliun

Kepolisian Republik Indonesia berencana membuat Densus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Dalam hal ini, Kapolri Tito Karnavian mengatakan bahwa dana menjadi hal penting dalam program.

Kamis, 12/10/2017 14:20 0

Indonesia

Timses Anies-Sandi: 23 Janji Akan Segera Diwujudkan

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan dilantik pada 16 Oktober 2017 mendatang. Keduanya akan memimpin Ibu Kota untuk periode 2017-2022 menggantikan Djarot Syaiful Hidayat.

Kamis, 12/10/2017 14:03 0

Indonesia

Sidang Terorisme Klaten, TPM: Tak Ada Bukti Teror

Pengacara terdakwa terorisme Klaten, Winarno dan Murjianto merasa janggal dengan kasus yang menimpa kliennya. Sebab, kedua kliennya didakwa dengan pasal terorisme, sementara keduanya tidak melakukan tindakan teror.

Kamis, 12/10/2017 13:20 0

Indonesia

Anies-Sandi Diminta Tidak Pencitraan dan Jaga Amanah

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan dilantik pada 16 Oktober 2017 mendatang.

Kamis, 12/10/2017 12:20 0

Profil

Ibnu Umar At-Turkistani, Singa Muda Uighur

Dia dikenal sebagai sosok yang pendiam. Dibalik sikapnya yang tidak banyak bersuara ternyata tersimpan bashirah yang mengagumkan. Seluruh pikirannya selalu berkutat akan keadaan umat Islam. Terlebih ia lahir dan hidup di tengah-tengah masyarakat Islam yang selalu terdzalimi oleh kaum tak bertuhan.

Kamis, 12/10/2017 12:00 0

Indonesia

Akhir Oktober, Data Pelanggan Kartu Prabayar Harus Sesuai KTP dan KK

Dalam peraturan yang akan berlaku mulai tanggal 31 Oktober 2017 tersebut, data yang dimasukkan oleh pelanggan akan disesuaikan oleh petugas penyelenggara jasa telekomunikasi dan divalidasi ke database Ditjen Dukcapil.

Kamis, 12/10/2017 10:43 0

Indonesia

5 Kejanggalan Seword.com yang Perlu Diketahui

kominfo.go.id pada 20 Februari 2017 telah mengingatkan bahwa Seword merupakan media abal-abal.

Kamis, 12/10/2017 08:26 0

Indonesia

Begini Komentar Netizen Soal Insiden Brimob di Blora

"Tak pantas diberi senjata yg lebih canggih, bisa habis rakyat...," ungkapnya.

Kamis, 12/10/2017 06:50 0

Indonesia

Majelis Hakim dan JPU Sidang Terorisme Jaringan Klaten Dinilai Langgar KUHAP

"Menurut kami, putusan majelis hakim dan saudara penuntut umum untuk membacakan keterangan saksi di persidangan ini melanggar ketentuan KUHAP pasal 162," katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Rabu (11/10).

Kamis, 12/10/2017 06:29 0

Indonesia

JPU Sidang Terorisme Kembali Tak Bisa Hadirkan Saksi, Pengacara Heran

Dalam sidang tuduhan terorisme dengan terdakwa Winarno dan Murjianto yang digelar Rabu (11/10), Jaksa Penuntut Umum (JPU) kembali tidak bisa menghadirkan saksi sesama tahanan terorisme.

Kamis, 12/10/2017 05:53 0