... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Menteri Agama Resmikan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal

Foto: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Rabu (11-10-2017)

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Agama hari ini meresmikan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Peresmian Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) digelar Auditorium HM. Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta Pusat. BPJPH akan menjadi lembaga yang memegang kendali penyelenggaraan jaminan produk halal di Indonesia.

“Saya berharap BPJPH segera mengonsolidasikan tugas dan fungsi badan ini baik menyangkut perangkat kelembagaan, infrastruktur regulasi, prosedur kerja, layanan sertifikasi, sistem pengawasan maupun aspek pengembangan kerja sama domestik dan global,” kata Lukman Hakim Saifuddin Auditorium HM. Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2017).

BPJPH merupakan badan yang dibentuk Pemerintah untuk menyelenggarakan Jaminan Produk Halal (JPH). Lembaga tersebut diharapkan menjadi stimulan untuk membangkitkan dan menggairahkan perkembangan industri halal di Tanah Air yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menag minta pelayanan sertifikasi dan pengawasan Jaminan Produk Halal menerapkan secara konsisten prinsip integritas, transparansi, dan menghindari segala macam pungli dan gratifikasi. Badan yang lahir berdasarkan amanat UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal ini juga harus proaktif melakukan penguatan basis kerja sama dan pengembangan diplomasi halal, baik pada level nasional maupun global.

Penguatan kerja sama itu antara lain dilakukan dengan kementerian dan lembaga terkait, serta Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kerja sama dengan LPH, misalnya bisa dilakukan dalam hal pemeriksaan serta pengujian produk. Sedangkan kerja sama BPJPH dengan MUI, dilakukan dalam bentuk sertifikasi auditor halal; penetapan kehalalan produk; dan akreditasi LPH.

“Pasca beroperasinya BPJPH kewenangan MUI tetap penting dan strategis yaitu memberikan fatwa penetapan kehalalan suatu produk yang kemudian disampaikan kepada BPJPH sebagai dasar penerbitan Sertifikat Halal,” ujar Menag Lukman.

Menurut Menag dalam konteks ekonomi global, perkembangan industri halal dewasa ini telah menjadi trend dunia. Bahkan dalam proyeksi ke depan pemerintah menginginkan Indonesia bisa masuk kategori 10 besar negara produsen halal dunia.

“Saya yakin hal itu akan tercapai dengan adanya dukungan, kerja sama, sinergitas dan kebersamaan semua pihak. Pesan Al Quran tentang konsumsi produk halal merupakan pesan universal untuk kemashalatan umat manusia seluruhnya,” tuturnya.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

3 Aliansi Besar Kelompok Oposisi Suriah

Perkembangan konflik Suriah telah berubah secara dramatis sejak militer Rusia melakukan intervensi pada tahun 2015, yang mengakibatkan mayoritas wilayah dikendalikan oleh milisi-milisi bersenjata yang mendukung kekuatan rezim Suriah Bashar Assad.

Rabu, 11/10/2017 17:29 0

Irak

Presiden Kurdistan Tolak Dialog Bersyarat dengan Iraq

Presiden wilayah otonomi Kurdistan, Masoud Barzani, mengatakan dirinya siap untuk melakukan dialog terbuka dengan pemerintah pusat di Baghdad. Namun tanpa prasyarat.

Rabu, 11/10/2017 12:54 0

Rusia

Rusia Sebut AS Hanya Pura-pura Perangi ISIS di Iraq

Pemerintah Rusia menyebut AS hanya berpura-pura memerangi kelompok ISIS di Iraq. Jubir militer Rusia, Igor Konashenkov mengatakan bahwa pihaknya berusaha untuk mengusir ISIS di provinsi Deir Zour Suriah. Namun kedatangan ISIS dari Iraq meningkatkan jumlah mereka.

Rabu, 11/10/2017 11:48 0

Yaman

Pasukan Saudi dan Hutsi Saling Serang, 13 Warga Sipil Jadi Korban

Dengan artileri pemberontak (Hutsi) menargetkan pasukan Saudi, yang mengenai desa Mashnaqa dan menewaskan empat warga sipil lainnya dalam baku tembak perbatasan yang berlangsung beberapa jam pada hari Senin.

Rabu, 11/10/2017 10:33 0

Suriah

Mayoritas HTS Dikabarkan Tak Setuju Konfrontasi dengan Turki

Kabar tersebut beredar di saat HTS belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait perkembangan terbaru di wilayah yang mayoritas di kuasai oposisi itu. Sementara isu menjadi perhatian banyak pihak.

Rabu, 11/10/2017 08:30 0

Suriah

SU-24 Rusia Jatuh Saat Lepas Landas di Suriah

"Pesawat Su-24 berguling dari landasan pacu dan putus saat mempercepat lepas landas. Awak pesawat tidak sempat keluar dan meninggal," katanya dalam sebuah pernyataan.

Rabu, 11/10/2017 07:15 0

Myanmar

Perjalanan Tim Kemanusiaan ONECARE untuk Rohingya Tembus Myanmar

Demi meringankan beban etnis muslim Rohingya, ONECARE kembali mengutus tim relawan kemanusiaan langsung ke Myanmar

Selasa, 10/10/2017 16:27 0

Foto

Penampakan Masjid Tertua di Arab Saudi Selatan

Masjid Sadreed, yang terletak di utara provinsi Al-Namas di Arab Saudi Selatan, dianggap sebagai salah satu masjid tertua dan bersejarah yang dibangun pada tahun 787 Masehi.

Selasa, 10/10/2017 14:00 0

Palestina

Recoki Proses Rekonsiliasi, Israel Halangi 3 Pemimpin Hamas Berangkat ke Mesir

KIBLAT.NET, Ramallah – Pemerintah Israel dilaporkan telah melarang tiga pemimpin Hamas yang berada di Tepi...

Selasa, 10/10/2017 12:39 0

Video Kajian

Wanita Keluar Rumah Tanpa Mahram – Ust. Dr. A. Zain An Najah .MA.

KIBLAT.NET – Sering muncul pertanyaan, bolehkah perempuan keluar rumah tanpa ada Mahram ? Anda punya...

Selasa, 10/10/2017 10:33 0