... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Turki Lanjutkan Operasi Peninjauan Wilayah Idlib

Foto: Militer Turki

KIBLAT.NET, Ankara – Pasukan bersenjata nasional Turki mengumumkan, Senin (09/10), pihaknya telah melakukan operasi peninjauan di provinsi Idlib Suriah sejak Ahad kemarin yang bertujuan mendirikan sebuah zona untuk mengurangi ketegangan (de-eskalasi).

“Angkatan bersenjata Turki memulai survei sejak 8 Oktober dengan tujuan mendirikan pos-pos pengawas dalam kerangka proses (pembentukan zona de-eskalasi) di provinsi Idlib,” kata pernyataan militer Turki kepada media pada Senin.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan, Sabtu lalu, peluncuran operasi militer baru di Suriah menggunakan faksi-faksi oposisi Suriah dukungannya dengan dilindungi oleh militer Turki.

Operasi ini bagian dari upaya Turki, dengan Rusia dan Iran, untuk membangun zona tanpa kekerasan di Suriah. Zona itu disepakati dalam pembicaraan Astana antara oposisi dan rezim Suriah yang dijamin oleh ketiga negara tersebut.

Pembentukan zona ini dijadikan tahap awal menuju pembicaraan damai lebih serius untuk konflik Suriah.

Sampai saat ini, ada tiga wilayah yang sudah berhasil diterapkan kesepakatan zona de-eskalasi. Wilayah itu, Ghouta timur di dekat Damaskus dan pusat Homs, serta bagian selatan Suriah, di mana mereka dipantau oleh polisi militer Rusia.

Idlib sendiri mayoritas di bawah kendali Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS), yang oleh internasional secara tidak langsung masuk dalam daftar teroris karena “jelmaan” dari Jabhah Nusrah. HTS berhasil menguasai Idlib setelah berhasil memaksa faksi-faksi yang bekerja sama dengan Barat keluar.

BACA JUGA  Turki Mulai Terima Senjata dari Rusia, S-400 Rudal Pertahanan Udara

Pasukan oposisi dukungan Turki dan asing harus bisa merebut Idlib dari HTS untuk memungkinkan Turki, Rusia dan Iran menerapkan zona de-eskalasi di wilayah itu. Namun nampaknya mereka menunggu dukungan kekuatan asing untuk merealisasikan itu.

Sumber: Al-Sarq Al-Ausath
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Begini Perjalanan Yogi Setiadi, Bocah 8 Tahun Jadi Mualaf

Dengan diantar oleh ibunya, Yogi Setiadi mengucapkan dua kalimat syahadat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat

Senin, 09/10/2017 19:18 1

Indonesia

Lumbung Desa Cigalontang Mantapkan Langkah Jadi Desa Wisata

Kunjungan 114 pelajar SMA IT Insantama ke Lumbung Desa Sinergi Foundation (LD-SF) di Kampung Cibaeud Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Tasikmalaya semakin memantapkan langkah Sinergi Foundation untuk menjadikan LD Cigalontang sebagai desa wisata.

Senin, 09/10/2017 17:02 0

Analisis

Membaca Langkah Turki di Suriah

Membaca langkah kebijakan yang diambil Turki di Suriah sebenarnya tidak rumit. Kita hanya perlu membaca rentetan kejadian-kejadian politik yang terjadi sebelumnya.

Senin, 09/10/2017 16:32 6

Indonesia

Observasi Masyarakat Desa, SMA IT Insantama Kunjungi Lumbung Desa Cigalontang

Para pelajar dari SMA IT Insantama Bogor mengadakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Menengah (LKMM) di daerah terpadu Lumbung Desa Sinergi Foundation, kampung Cibaeud desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya.

Senin, 09/10/2017 11:07 0

Indonesia

Polisi Diminta Tak Ragu Berantas Prostitusi Gay

Bagus Riyono mengatakan bahwa polisi pasti akan mendapat kecaman dari kaum liberal karena membubarkan pesta gay di Harmoni, Jakarta Pusat.

Ahad, 08/10/2017 21:19 0

Indonesia

Undang-undang Dinilai Tak Tegas Sikapi Maraknya LGBT di Indonesia

Ketua Gerakan Indonesia Beradab (GIB) Bagus Riyono menegaskan bahwa saat ini undang-undang di Indonesia belum tegas menyikapi adanya LGBT.

Ahad, 08/10/2017 20:42 0

Indonesia

Kaum Liberal Jadi Penghambat Pemberantasan LGBT di Indonesia

Ketua Gerakan Indonesia Beradab (GIB), Bagus Riyono mengungkap cara untuk memberikan efek jera bagi pelaku Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT).

Ahad, 08/10/2017 20:12 0

Indonesia

Ngeri, GIB Sebut Bahaya LGBT Multidimensi dan Telah Jadi Gerakan Politik

Dengan bahaya multidimensi, LGBT telah jadi gerakan plitik hingga PBB pun terlibat

Ahad, 08/10/2017 19:37 0

Indonesia

Sebut Homoseks Sebagai Ancaman Bangsa, GIB Apresiasi Polisi Bubarkan Pesta Gay

Gerakan Indonesia Beradab (GIB) menyebut kelompok homoseksual merupakan ancaman bagi bangsa Indonesia

Ahad, 08/10/2017 18:49 0

Indonesia

Komisioner Komnas HAM Menduga Ada Impor Perilaku Homoseksual

Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) merupakan isu global, dan bukan tidak mungkin itu strategi global untuk merusak keadaban Indonesia

Ahad, 08/10/2017 18:02 0

Close