... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Perahu Pengungsi Rohingya Karam, Puluhan Tenggelam

Foto: Manusia perahu Rohingya/Ilustrasi

KIBLAT.NET. Dhaka – Setidaknya 12 warga Muslim Rohingya tewas dan puluhan lainnya hilang di dekat pantai Bangladesh dalam sebuah kecelakaan perahu, lapor pihak berwenang Bangladesh pada Senin (09/10). Kapal kayu tersebut mengangkut puluhan warga Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar.

Puluhan warga Rohingya tersebut merupakan korban kekerasan terakhir di Myanmar. Militer Myanmar masih terus menggulirkan kampanye mengusir Rohingya di tengah mulai meredupnya berita tersebut.

Pihak berwenang di Bangladesh mengatakan bahwa perahu tersebut tenggelam di dekat Shah Burir Dweib di selatan Bangladesh pada Ahad. Jumlah orang yang naik kapal tersebut masih belum diketahui, namun biasanya warga Rohingya menggunakan kapal nelayan untuk melarikan diri dari kebrutalan militer Myanmar dan ekstremis Budha.

Seorang perwira polisi di Bangladesh, Mohammad Moinuddin, mengatakan kepada Reuters bahwa pihak berwenang telah menemukan 12 mayat yang terdiri dari 10 anak, seorang pria dan seorang wanita. Sebelumnya, seorang fotografer Reuters melihat mayat empat anak, dua wanita dan seorang pria di pantai. Pihak berwenang mengatakan mereka telah menyelamatkan setidaknya delapan orang.

Sekitar 519.000 orang Rohingya telah meninggalkan Myanmar sejak 25 Agustus ketika militer Myanmar meluncurkan operasi militer menyusul serangan pejuang Rohingya. Rohingya menjadi etnis paling menderita di dunia, menurut pernyataan PBB.

Diskriminasi terhadap Rohingya sendiri berlangsung sejak wilayahnya mereka menjadi bagian negara Myanmar. Berbagai upaya pun sudah ditempuh Rohingya, melalui politik hingga mengadu internasional. Namun semuanya tak membawa hasil.

BACA JUGA  Kapal Nelayan Berisi Puluhan Muslim Rohingya Terdampar di Thailand

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Begini Perjalanan Yogi Setiadi, Bocah 8 Tahun Jadi Mualaf

Dengan diantar oleh ibunya, Yogi Setiadi mengucapkan dua kalimat syahadat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat

Senin, 09/10/2017 19:18 1

Indonesia

Lumbung Desa Cigalontang Mantapkan Langkah Jadi Desa Wisata

Kunjungan 114 pelajar SMA IT Insantama ke Lumbung Desa Sinergi Foundation (LD-SF) di Kampung Cibaeud Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Tasikmalaya semakin memantapkan langkah Sinergi Foundation untuk menjadikan LD Cigalontang sebagai desa wisata.

Senin, 09/10/2017 17:02 0

Analisis

Membaca Langkah Turki di Suriah

Membaca langkah kebijakan yang diambil Turki di Suriah sebenarnya tidak rumit. Kita hanya perlu membaca rentetan kejadian-kejadian politik yang terjadi sebelumnya.

Senin, 09/10/2017 16:32 6

Indonesia

Observasi Masyarakat Desa, SMA IT Insantama Kunjungi Lumbung Desa Cigalontang

Para pelajar dari SMA IT Insantama Bogor mengadakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Menengah (LKMM) di daerah terpadu Lumbung Desa Sinergi Foundation, kampung Cibaeud desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya.

Senin, 09/10/2017 11:07 0

Indonesia

Polisi Diminta Tak Ragu Berantas Prostitusi Gay

Bagus Riyono mengatakan bahwa polisi pasti akan mendapat kecaman dari kaum liberal karena membubarkan pesta gay di Harmoni, Jakarta Pusat.

Ahad, 08/10/2017 21:19 0

Indonesia

Undang-undang Dinilai Tak Tegas Sikapi Maraknya LGBT di Indonesia

Ketua Gerakan Indonesia Beradab (GIB) Bagus Riyono menegaskan bahwa saat ini undang-undang di Indonesia belum tegas menyikapi adanya LGBT.

Ahad, 08/10/2017 20:42 0

Indonesia

Kaum Liberal Jadi Penghambat Pemberantasan LGBT di Indonesia

Ketua Gerakan Indonesia Beradab (GIB), Bagus Riyono mengungkap cara untuk memberikan efek jera bagi pelaku Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT).

Ahad, 08/10/2017 20:12 0

Indonesia

Ngeri, GIB Sebut Bahaya LGBT Multidimensi dan Telah Jadi Gerakan Politik

Dengan bahaya multidimensi, LGBT telah jadi gerakan plitik hingga PBB pun terlibat

Ahad, 08/10/2017 19:37 0

Indonesia

Sebut Homoseks Sebagai Ancaman Bangsa, GIB Apresiasi Polisi Bubarkan Pesta Gay

Gerakan Indonesia Beradab (GIB) menyebut kelompok homoseksual merupakan ancaman bagi bangsa Indonesia

Ahad, 08/10/2017 18:49 0

Indonesia

Komisioner Komnas HAM Menduga Ada Impor Perilaku Homoseksual

Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) merupakan isu global, dan bukan tidak mungkin itu strategi global untuk merusak keadaban Indonesia

Ahad, 08/10/2017 18:02 0

Close