... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Delegasi Hamas-Fatah Bertolak ke Kairo

Foto: Rombongan delegasi Hamas melintasi perbatasan Rafah

KIBLAT.NET, Gaza – Delegasi Hamas di Jalur Gaza, Senin (09/10), bertolak menuju Mesir melintasi pintu perbatasan Rafah. Di waktu yang sama delegasi Gerakan Al-Fath di Tepi Barat dan Gaza juga bertolak menuju Kairo. Mereka dijadwalkan bertemu hari ini (Selasa) membahas pemerintahan rekonsiliasi di Gaza.

Anggota delegasi Hamas sekaligus anggota kantor biro politik gerakan tersebut, Khalil al-Hayya, mengatakan bahwa Hamas akan berdiskusi dengan gerakan Fatah mengenai mekanisme rekonsiliasi Palestina secara penuh, serta mendiskusikan pemerintahan rekonsiliasi Palestina yang paripurna.

Dia menunjukkan bahwa delegasi yang dipimpin oleh kepala Hamas di Gaza Yahya Alsnoar ini akan membahas pembentukan pemerintah persatuan nasional, di mana semua faksi Palestina berpartisipasi. Pemerintahan ini akan menghadiri pemilihan presiden dan legislatif dan pemilihan Dewan Nasional.

“Adapun pembicaraan ini fokus mengakhiri pengkotakan wilayah Palestina “untuk menghadapi kesulitan dan proyek Israel,” imbuhnya.

Sementara itu dari Tepi Barat dilaporkan, militer Israel menghalang-halangi delegasi Hamas yang berangkat dari kota Palestina itu. Pemimpin Hamas wilayah Tepi Barat, Hassan Yousef, mengatakan bahwa Israel mencegah anggotnya yang hendak menuju Kairo melalui Yordania.

Dijadwal ikut bergabung dengan delegasi Hamas, anggota biro politik gerakan tersebut di luar negeri. Mereka adalah Musa Abu Marzuq, Saleh al-‘Arori, Izzat al-Rishq dan Hussam Badran.

Pada gilirannya, juru bicara Hamas Fawzi Barhoum mengatakan bahwa perundingan akan membahas semua masalah, terutama isu kemanusiaan yang terkait dengan Jalur Gaza, seperti masalah personil, penyeberangan, kebebasan dan keamanan.

BACA JUGA  Rusia Umumkan Gencatan Senjata Bohongan di Pedesaan Idlib

Di waktu bersamaan, delegasi Fatah meninggalkan Jalur Gaza menuju Mesir, di mana pihak berwenang Mesir membuka penyeberangan Rafah secara khusus untuk kedua delegasi gerakan tersebut. Delegasi Fatah yang bertolak dari Gaza akan bergabung dengan Anggota Komite Pusat Fatah Ahmad Halas dan delegasi lainnya yang bertolak dari Tepi Barat.
Juru bicara Dewan Revolusioner Fatah, Osama Qawasmi, mengungkapkan bahwa pimbicaraan ini akan berlangsung selama tiga hari dan diawasi serta dibimbing oleh intelijen Mesir. Pembasan pokok menyangkut realisasi pemerintahan rekonsiliasi yang telah disepakati dan blokade terhadap Gaza.

Sebelumnya, perwakilan Fatah dan Hamas bertemu di Gaza membahas penerapan pemerintahan rekonsiliasi. Namun pertemuan itu tidak menghasilkan keputusan yang masih ngambang. Delegasi Fatah mengatakan bahwa hal-hal tersebut akan dibahas di pimbicaraan Kairo.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Begini Perjalanan Yogi Setiadi, Bocah 8 Tahun Jadi Mualaf

Dengan diantar oleh ibunya, Yogi Setiadi mengucapkan dua kalimat syahadat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat

Senin, 09/10/2017 19:18 1

Indonesia

Lumbung Desa Cigalontang Mantapkan Langkah Jadi Desa Wisata

Kunjungan 114 pelajar SMA IT Insantama ke Lumbung Desa Sinergi Foundation (LD-SF) di Kampung Cibaeud Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Tasikmalaya semakin memantapkan langkah Sinergi Foundation untuk menjadikan LD Cigalontang sebagai desa wisata.

Senin, 09/10/2017 17:02 0

Analisis

Membaca Langkah Turki di Suriah

Membaca langkah kebijakan yang diambil Turki di Suriah sebenarnya tidak rumit. Kita hanya perlu membaca rentetan kejadian-kejadian politik yang terjadi sebelumnya.

Senin, 09/10/2017 16:32 6

Indonesia

Observasi Masyarakat Desa, SMA IT Insantama Kunjungi Lumbung Desa Cigalontang

Para pelajar dari SMA IT Insantama Bogor mengadakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Menengah (LKMM) di daerah terpadu Lumbung Desa Sinergi Foundation, kampung Cibaeud desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya.

Senin, 09/10/2017 11:07 0

Indonesia

Polisi Diminta Tak Ragu Berantas Prostitusi Gay

Bagus Riyono mengatakan bahwa polisi pasti akan mendapat kecaman dari kaum liberal karena membubarkan pesta gay di Harmoni, Jakarta Pusat.

Ahad, 08/10/2017 21:19 0

Indonesia

Undang-undang Dinilai Tak Tegas Sikapi Maraknya LGBT di Indonesia

Ketua Gerakan Indonesia Beradab (GIB) Bagus Riyono menegaskan bahwa saat ini undang-undang di Indonesia belum tegas menyikapi adanya LGBT.

Ahad, 08/10/2017 20:42 0

Indonesia

Kaum Liberal Jadi Penghambat Pemberantasan LGBT di Indonesia

Ketua Gerakan Indonesia Beradab (GIB), Bagus Riyono mengungkap cara untuk memberikan efek jera bagi pelaku Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT).

Ahad, 08/10/2017 20:12 0

Indonesia

Ngeri, GIB Sebut Bahaya LGBT Multidimensi dan Telah Jadi Gerakan Politik

Dengan bahaya multidimensi, LGBT telah jadi gerakan plitik hingga PBB pun terlibat

Ahad, 08/10/2017 19:37 0

Indonesia

Sebut Homoseks Sebagai Ancaman Bangsa, GIB Apresiasi Polisi Bubarkan Pesta Gay

Gerakan Indonesia Beradab (GIB) menyebut kelompok homoseksual merupakan ancaman bagi bangsa Indonesia

Ahad, 08/10/2017 18:49 0

Indonesia

Komisioner Komnas HAM Menduga Ada Impor Perilaku Homoseksual

Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) merupakan isu global, dan bukan tidak mungkin itu strategi global untuk merusak keadaban Indonesia

Ahad, 08/10/2017 18:02 0

Close