... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tim Survei Militer Turki Memasuki Idlib

Foto: Papan ucapan selamat datang di pintu masuk Idlib/ilustrasi

KIBLAT.NET, Idlib – Sekelompok tentara Turki dilaporkan mulai memasuki provinsi Idlib di Suriah pada Ahad (08/10). Pergerakan ini bagian dari penerapan konferensi Astana VI yang memutuskan tiga negara penjamin (Turki, Rusia dan Iran) menempatkan militernya untuk mengawasi zona de-eskalasi di dalam wilayah Suriah.

Sumber warga dan laporan media pro oposisi mengatakan bahwa sekelompok orang Turki yang disertai konvoi terlihat bertemu dengan anggota Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS), yang menguasai mayoritas Idlib. Orang-orang Turki tersebut merupakan militer yang bertugas mensurvei dan bernegosiasi faksi jihadis yang menolak kesepakatan Astana itu.
Sumber komandan senior oposisi Suriah mengatakan, seperti dilansir BBC Arabic, sebuah tim survei kecil militer Turki telah melintasi perbatasan menuju provinsi Idlib di Suriah pada Ahad. Pergerakan ini terjadi sebelum operasi militer besar-besaran yang diinginkan faksi oposisi dukungan Turki menargetkan HTS.

Warga setempat lainnya juga mengatakan bahwa sekelompok konvoi mobil militer telah memasuki Idlib. Konvoi itu kemudian diiringi konvoi anggota HTS.

Sumber oposisi mengungkapkan bahwa sekelompok tim survei itu bergerak menuju daerah Al-Syaikh Baarakat. Daerah ini berada di sepanjang wilayah kontrol oposisi di Aleppo dan sebagian masuk wilayah Idlib. Lokasi selanjutnya, kota Ifrin yang dikontrol Kurdi.

Sebelumnya, anggota HTS dan militer Turki terlibat baku tembak terbatas di wilayah pemisah antara Idlib dan Turki. Hal ini menunjukkan terjadi ketegangan antara kedua kekuatan tersebut.

BACA JUGA  Pejuang Suriah Rebut Kembali Kafr Nabudah, 60 Tentara Assad Tewas

Pada Sabtu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa pejuang oposisi Suriah yang didukung oleh pasukan Turki akan melancarkan operasi di Idlib. Erdogan memperingatkan bahwa tidak akan mengizinkan adanya basis “teroris” di dekat perbatasannya.

Pada bagiannya, Perdana Menteri Turki Ben Ali Yildirm menekankan pentingnya memastikan tidak ada eskalasi di dekat perbatasan. Dia pun mengungkapkan bahwa negaranya bekerja sama dengan Rusia untuk menjamin hal itu.

“Kami akan memastikan keamanan di Idlib dan kami akan bekerja sama dengan Rusia,” kata Yildirim.

Sumber: BBC Arabic
Redaktur: Sulhi El-Izzi

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Polisi Diminta Tak Ragu Berantas Prostitusi Gay

Bagus Riyono mengatakan bahwa polisi pasti akan mendapat kecaman dari kaum liberal karena membubarkan pesta gay di Harmoni, Jakarta Pusat.

Ahad, 08/10/2017 21:19 0

Indonesia

Undang-undang Dinilai Tak Tegas Sikapi Maraknya LGBT di Indonesia

Ketua Gerakan Indonesia Beradab (GIB) Bagus Riyono menegaskan bahwa saat ini undang-undang di Indonesia belum tegas menyikapi adanya LGBT.

Ahad, 08/10/2017 20:42 0

Indonesia

Kaum Liberal Jadi Penghambat Pemberantasan LGBT di Indonesia

Ketua Gerakan Indonesia Beradab (GIB), Bagus Riyono mengungkap cara untuk memberikan efek jera bagi pelaku Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT).

Ahad, 08/10/2017 20:12 0

Indonesia

Ngeri, GIB Sebut Bahaya LGBT Multidimensi dan Telah Jadi Gerakan Politik

Dengan bahaya multidimensi, LGBT telah jadi gerakan plitik hingga PBB pun terlibat

Ahad, 08/10/2017 19:37 0

Indonesia

Sebut Homoseks Sebagai Ancaman Bangsa, GIB Apresiasi Polisi Bubarkan Pesta Gay

Gerakan Indonesia Beradab (GIB) menyebut kelompok homoseksual merupakan ancaman bagi bangsa Indonesia

Ahad, 08/10/2017 18:49 0

Indonesia

Komisioner Komnas HAM Menduga Ada Impor Perilaku Homoseksual

Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) merupakan isu global, dan bukan tidak mungkin itu strategi global untuk merusak keadaban Indonesia

Ahad, 08/10/2017 18:02 0

Indonesia

Komnas HAM Desak Polisi Tuntaskan Kasus Prostitusi Gay di Harmoni

Tak hanya bertentangan dengan hukum nasional, homoseksual juga tidak sesuai dengan HAM Pancasila

Ahad, 08/10/2017 16:33 0

Indonesia

Jenderal Gatot: Senjata Saja Dibuat Ribut

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan sudah melakukan komunikasi dengan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian terkait impor senjata.

Ahad, 08/10/2017 12:28 3

Indonesia

Begini Pandangan Ketum Muhammadiyah tentang TNI

Haedar menjelaskan, Islam, TNI dan kedaulatan bangsa adalah satu napas serta satu jiwa. Kedaulatan bangsa tidak akan lepas dari umat Islam dan TNI. Tanpa TNI dan umat Islam, tidak akan tegak kedaulatan Bangsa Indonesia.

Ahad, 08/10/2017 10:51 0

Indonesia

Di Hadapan Warga Muhammadiyah, Panglima TNI Bicara Sosok KH. Ahmad Dahlan

Pengajian bulanan Muhammadiyah mengundang Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai salah satu pembicara. Di hadapan ratusan warga Muhammadiyah, Gatot menceritakan perihal kemerdekaan Indonesia karena umat Islam.

Ahad, 08/10/2017 10:20 0

Close