... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Observasi Masyarakat Desa, SMA IT Insantama Kunjungi Lumbung Desa Cigalontang

Foto: Siswa SMA IT Insantama Kunjungi Lumbung Desa Cigalontang

KIBLAT.NET, Cigalontong – Para pelajar dari SMA IT Insantama Bogor mengadakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Menengah (LKMM) di daerah terpadu Lumbung Desa Sinergi Foundation, kampung Cibaeud desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya.

Dalam kegiatan yang berlangsung tanggal 3-5 Oktober 2017 ini, para siswa belajar memetakan dan memecahkan masalah yang terjadi di masyarakat desa.

“Kami memilih Cigalontang karena ini wilayah pemberdayaan Sinergi Foundation, yang pasti memiliki masalah-masalah menarik sebagai desa binaan,” kata Direktur Kesiswaan Insantama, Karebet Widjajakusuma seperti termuat dalam rilis Sinergi Foundation, Senin (09/10/2017).

Dari hasil observasi 114 siswa Insantama, mereka menemukan bahwa desa tersebut memiliki limpahan potensi yang menjanjikan, seperti pertanian. Sawah dan perkebunan menghampar di Cigalontang. Dan terutama, potensi sosial masyarakat yang amat bersahaja dan guyub.

“Satu hal yang tak bisa lepas dari warga Cibaeud, yaitu sifat ikhlas dan keguyuban mereka. Mereka sangat bersahaja terhadap sesama dan kami orang-orang baru,” katanya.

Kendati demikian, para siswa mendapati sejumlah masalah, salah satunya tidak optimalnya pengelolaan seluruh potensi yang ada. Dengan adanya pemetaan masalah oleh Insantama, Karebet berharap ini bisa menjadi bahan evaluasi agar masyarakat berbenah menuju lingkungan yang lebih baik.

Reporter: Ibas Fuadi
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Empat Tentaranya Tewas, “Petualangan” Militer AS di Afrika Berjalan Lamban

Biasanya kematian tentara Amerika di suatu wilayah menjadi penanda bahwa misi berjalan lamban, dan indikasi semacam ini bukan yang pertama kali.

Senin, 09/10/2017 10:51 0

Afghanistan

Afghanistan Terima Black Hawk, Ini Tanggapan Taliban

“Kalian telah mengetahui sejarah! Pesawat-pesawat kalian hanya akan memperkuat kami dan akan bekerja untuk kepentingan dan tujuan kami, seperti kendaraan-kedaraan lapis baja kalian (Hamve dan Ford Renger),” ancam jubir Taliban, Zabihullah Mujahid, dalam keterangan persnya kepada media di Kabul.

Senin, 09/10/2017 08:41 0

Suriah

Dukungan terhadap Sejumlah Faksi di Suriah Utara Distop

Kelompok oposisi Suriah yang didukung negara-negara Timur Tengah di bawah koordinasi AS melalui ruang operasi MOM di Suriah Utara mengatakan bahwa dukungan logistik dan dana yang biasa mereka dapat berhenti dalam dua bulan terakhir. Faksi-faksi yang distop dananya mayoritas kelompok yang menentang kesepakatan Astana.

Senin, 09/10/2017 07:55 0

Suriah

Tim Survei Militer Turki Memasuki Idlib

Sekelompok tentara Turki dilaporkan mulai memasuki provinsi Idlib di Suriah pada Ahad (08/10). Pergerakan ini bagian dari penerapan konferensi Astana VI yang memutuskan tiga negara penjamin (Turki, Rusia dan Iran) menempatkan militernya untuk mengawasi zona de-eskalasi di dalam wilayah Suriah.

Senin, 09/10/2017 06:52 0

Afghanistan

Upaya Sulit AS Bangun Kekuatan Militer dan Polisi Nasional Afghan

Kongres AS merilis sebuah laporan detil mengenai berbagai tantangan dan masalah yang saat ini dihadapi Pasukan Keamanan dan Pertahanan Nasional Afghan (ANDSF).

Ahad, 08/10/2017 19:06 0

Rusia

Peringatan 65 Tahun Vladimir Putin Disambut Demonstrasi

Demonstrasi digelar di 12 kota di Rusia, yang terbesar di St. Petersburg

Ahad, 08/10/2017 17:46 0

Amerika

Mengaku ISIS, Intel FBI Cegah Serangan Teror ke New York

Tiga orang ditangkap karena diduga akan merencanakan serangan terhadap konser, landmark, dan sistem kereta bawah tanah di New York City. Penangkapan dilakukan setelah seorang agen FBI menyamar sebagai pendukung ISIS.

Ahad, 08/10/2017 15:48 0

Myanmar

Gencatan Senjata ARSA Berakhir 9 Oktober

Bulan lalu, ARSA menyatakan gencatan senjata di tiga daerah, Maungdaw, Buthidaung, dan Rathedaung selama sebulan penuh.

Ahad, 08/10/2017 14:51 0

Amerika

Pasca Referendum, AS Hentikan Suntikan Dana bagi Kurdi

Pejabat Kurdi mengungkapkan pihaknya akan melakukan kesepakatan dengan Donald Trump untuk memperbarui pendanaan sebelum referendum berlangsung. Namun menjelang referendum, semua pembicaraan diputus dan uang dan persenjataan mengering.

Ahad, 08/10/2017 14:08 1

Arab Saudi

Penembakan di Istana Jeddah, Dua Petugas Keamanan dan Pelaku Tewas

Kejadian ini bertepatan saat Raja Salman masih dalam kunjungan kenegaraan ke Rusia.

Ahad, 08/10/2017 13:51 0

Close