... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Lumbung Desa Cigalontang Mantapkan Langkah Jadi Desa Wisata

Foto: Lumbung Desa Sinergi Foundation di Cigalontang.

KIBLAT.NET, Cigalontang – Kunjungan 114 pelajar SMA IT Insantama ke Lumbung Desa Sinergi Foundation (LD-SF) di Kampung Cibaeud Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Tasikmalaya semakin memantapkan langkah Sinergi Foundation untuk menjadikan LD Cigalontang sebagai desa wisata. Sebelumnya, secara berkala, banyak kalangan berkunjung dan tertarik dengan konsep lumbung desa. Apalagi, Cigalontang sendiri memiliki banyak potensi dan modal sosial yang bisa diunggulkan.

Menurut CEO Sinergi Foundation, Ima Rachmalia, desa wisata yang disebut sebagai komunitas atau masyarakat yang memiliki kepedulian serta kesadaran untuk berperan bersama sesuai keterampilan dan kemampuan masing-masing, harus memberdayakan potensinya secara kondusif. Dengan begitu, kepariwisataan bisa berkembang, sehingga tercapai peningkatan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Ketika cita-cita ini tercapai, Lumbung Desa dengan konsep walfare society bisa mendorong upaya kesejahteraan masyarakat desa terus meningkat, kemiskinan terkurangi, menguatnya aset desa, meningkatnya produktifitas lahan dan semakin menguatkannya kapasitas masyarakat desa dalam berbagai hal akan tercapai,” kata Ima dalam rilisnya pada Senin (09/10/2017).

Ia percaya LD Cigalontang mampu menjadi desa wisata, terutama karena kultur masyarakat Cigalontang yang begitu guyub. Hal ini didukung dengan testimoni para pengunjung yang menyatakan warga sekitar amat hangat, ramah, dan bersahaja, yang membuat mereka nyaman berlama-lama di Cigalontang. Ini, katanya, adalah modal sosial yang berperan besar dalam membangun desa wisata.

BACA JUGA  Dikenal Sebagai Oposan, Rocky Gerung Malah Dukung Caleg PDIP

Hingga saat ini, LD Cigalontang masih terus menggarap perbaikan menuju desa wisata. Pun, kini, mereka tengah membangun MCK-MCK berbasis bambu yang dibuat khusus untuk para tamu yang datang ke Lumbung Desa.

Reporter: Ibas Fuadi
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Jelang Musim Dingin, Bantuan untuk Pengungsi Suriah Semakin Dibutuhkan

Lukman Aziz Kurniawan, Maneger Komunikasi Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), mengungkapkan pengungsi Suriah banyak menempati wilayah Aleppo utara. 

Senin, 09/10/2017 16:38 0

Analisis

Membaca Langkah Turki di Suriah

Membaca langkah kebijakan yang diambil Turki di Suriah sebenarnya tidak rumit. Kita hanya perlu membaca rentetan kejadian-kejadian politik yang terjadi sebelumnya.

Senin, 09/10/2017 16:32 6

Suriah

ACT: Jet Tempur Rusia Hujani Bom Pengungsi Aleppo di Idlib

Suasana perang di Aleppo, Suriah masih membara. Hujan bom dari jet tempur Rusia masih menghantui warga sipil.

Senin, 09/10/2017 15:43 0

Suriah

Bersama Rusia, Turki Gencarkan Operasi Militer di Idlib

Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim, menekankan penting membuat zona penurunan ketegangan di dekat perbatasan. "Kami akan memastikan keamanan di Idlib, dan akan bekerja sama dengan Rusia," kata Yildirim.

Senin, 09/10/2017 14:41 0

Suriah

Operasi Militer Turki di Idlib Didukung Amerika Serikat

Departemen Pertahanan AS menyatakan dukungan terhadap operasi militer Turki di Idlib dengan dalih memastikan berlakunya zona de-eskalasi di wilayah tersebut. Operasi Turki menargetkan Haiah Tahrir Syam (HTS) dengan melibatkan Free Syrian Army.

Senin, 09/10/2017 14:08 0

Suriah

Tanggapi Operasi Turki, HTS: Bekerjasama dengan Rusia Artinya Mendukung Nushairiyah

Haiah Tahrir Syam (HTS) langsung memberikan respon tak lama setelah pernyataan Presiden Turki Erdogan untuk mengadakan operasi militer di Idlib yang melibatkan faksi Free Syirian Army (FSA).

Senin, 09/10/2017 13:07 0

Afrika

Empat Tentaranya Tewas, “Petualangan” Militer AS di Afrika Berjalan Lamban

Biasanya kematian tentara Amerika di suatu wilayah menjadi penanda bahwa misi berjalan lamban, dan indikasi semacam ini bukan yang pertama kali.

Senin, 09/10/2017 10:51 0

Afghanistan

Afghanistan Terima Black Hawk, Ini Tanggapan Taliban

“Kalian telah mengetahui sejarah! Pesawat-pesawat kalian hanya akan memperkuat kami dan akan bekerja untuk kepentingan dan tujuan kami, seperti kendaraan-kedaraan lapis baja kalian (Hamve dan Ford Renger),” ancam jubir Taliban, Zabihullah Mujahid, dalam keterangan persnya kepada media di Kabul.

Senin, 09/10/2017 08:41 0

Suriah

Dukungan terhadap Sejumlah Faksi di Suriah Utara Distop

Kelompok oposisi Suriah yang didukung negara-negara Timur Tengah di bawah koordinasi AS melalui ruang operasi MOM di Suriah Utara mengatakan bahwa dukungan logistik dan dana yang biasa mereka dapat berhenti dalam dua bulan terakhir. Faksi-faksi yang distop dananya mayoritas kelompok yang menentang kesepakatan Astana.

Senin, 09/10/2017 07:55 0

Suriah

Tim Survei Militer Turki Memasuki Idlib

Sekelompok tentara Turki dilaporkan mulai memasuki provinsi Idlib di Suriah pada Ahad (08/10). Pergerakan ini bagian dari penerapan konferensi Astana VI yang memutuskan tiga negara penjamin (Turki, Rusia dan Iran) menempatkan militernya untuk mengawasi zona de-eskalasi di dalam wilayah Suriah.

Senin, 09/10/2017 06:52 0

Close