... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jelang Musim Dingin, Bantuan untuk Pengungsi Suriah Semakin Dibutuhkan

Foto: Aksi Cepat Tanggap (ACT) kirim bantuan untuk pengungsi Suriah.

KIBLAT.NET, Aleppo – Lukman Aziz Kurniawan, Maneger Komunikasi Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), mengungkapkan pengungsi Suriah banyak menempati wilayah Aleppo utara.

“Pengungsi di Aleppo utara makin hari tak ada habisnya, membeludak makin banyak dalam beberapa pekan terakhir. Ada satu kota kecil yang sebelumnya hanya dihuni 30 ribu pengungsi, sekarang membeludak jadi 160 ribu pengungsi,” ujarnya yang mengutip laporan dari sumber Suriah.

Kondisi yang makin genting di tenda-tenda pengungsian di Aleppo jelas butuh respons cepat, apalagi dalam beberapa pekan ke depan musim dingin yang menggigil bakal segera datang. Saat ini, laporan mitra ACT menyebutkan suhu di Aleppo ada di antara 12-20 derajat Celsius.

Merespons kebutuhan mendesak ribuan jiwa pengungsi Suriah yang baru masuk ke wilayah sebelah Aleppo utara, mulai Jum’at (06/10/2017) lalu ACT sudah menyiapkan 1.000 porsi makanan siap saji yang dimasak langsung di dapur umum ACT di Aleppo.

“InsyaAllah dapur umum ACT di Aleppo dalam posisi siap mengolah 1.000 porsi makanan per hari untuk para pengungsi yang baru berhijrah pasca serangan hebat tiga minggu belakangan,” ungkap Andika Rahman, Kepala Cabang ACT Turki.

Bantuan pangan yang disiapkan dapur umum ACT di Turki akan didistribusikan langsung ke wilayah rural Aleppo, sebuah zona aman ribuan keluarga pengungsian yang berada di bawah perlindungan ketat militer Turki.

BACA JUGA  Mufti Damaskus Tewas dalam Ledakan Bom Mobil

“Terhitung hari ini hingga tiga hari ke depan, kita buka dapur umum di Aleppo. Per harinya, akan disiapkan 1.000 porsi nasi biryani. Semuanya untuk para pengungsi yang baru datang,” kata Andika berkorespondensi dengan ACTNews langsung dari Istanbul.

Untuk sementara, logistik berupa bahan pangan dan makanan siap saji memang sangat dibutuhkan demi mengisi lambung-lambung kosong ribuan pengungsi baru yang masuk ke Aleppo. Tapi, musim dingin sudah di depan mata, tenda pengungsian yang ada sangat-sangat terbatas. Andika mengingatkan tentang krisis yang amat mungkin terjadi dalam bulan-bulan ke depan.

“Ribuan pengungsi baru di Aleppo bakal menghadapi musim dingin tanpa tenda yang layak,” ujarnya.

Atas dasar itu, kebutuhan mendesak lanjutan yang bakal dibawa ACT untuk Aleppo berupa tenda-tenda pengungsian, dengan tikar, kasur untuk satu keluarga, juga selimut dan baju hangat untuk balita.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Analisis

Membaca Langkah Turki di Suriah

Membaca langkah kebijakan yang diambil Turki di Suriah sebenarnya tidak rumit. Kita hanya perlu membaca rentetan kejadian-kejadian politik yang terjadi sebelumnya.

Senin, 09/10/2017 16:32 6

Indonesia

Observasi Masyarakat Desa, SMA IT Insantama Kunjungi Lumbung Desa Cigalontang

Para pelajar dari SMA IT Insantama Bogor mengadakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Menengah (LKMM) di daerah terpadu Lumbung Desa Sinergi Foundation, kampung Cibaeud desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya.

Senin, 09/10/2017 11:07 0

Indonesia

Polisi Diminta Tak Ragu Berantas Prostitusi Gay

Bagus Riyono mengatakan bahwa polisi pasti akan mendapat kecaman dari kaum liberal karena membubarkan pesta gay di Harmoni, Jakarta Pusat.

Ahad, 08/10/2017 21:19 0

Indonesia

Undang-undang Dinilai Tak Tegas Sikapi Maraknya LGBT di Indonesia

Ketua Gerakan Indonesia Beradab (GIB) Bagus Riyono menegaskan bahwa saat ini undang-undang di Indonesia belum tegas menyikapi adanya LGBT.

Ahad, 08/10/2017 20:42 0

Indonesia

Kaum Liberal Jadi Penghambat Pemberantasan LGBT di Indonesia

Ketua Gerakan Indonesia Beradab (GIB), Bagus Riyono mengungkap cara untuk memberikan efek jera bagi pelaku Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT).

Ahad, 08/10/2017 20:12 0

Indonesia

Ngeri, GIB Sebut Bahaya LGBT Multidimensi dan Telah Jadi Gerakan Politik

Dengan bahaya multidimensi, LGBT telah jadi gerakan plitik hingga PBB pun terlibat

Ahad, 08/10/2017 19:37 0

Indonesia

Sebut Homoseks Sebagai Ancaman Bangsa, GIB Apresiasi Polisi Bubarkan Pesta Gay

Gerakan Indonesia Beradab (GIB) menyebut kelompok homoseksual merupakan ancaman bagi bangsa Indonesia

Ahad, 08/10/2017 18:49 0

Indonesia

Komisioner Komnas HAM Menduga Ada Impor Perilaku Homoseksual

Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) merupakan isu global, dan bukan tidak mungkin itu strategi global untuk merusak keadaban Indonesia

Ahad, 08/10/2017 18:02 0

Indonesia

Komnas HAM Desak Polisi Tuntaskan Kasus Prostitusi Gay di Harmoni

Tak hanya bertentangan dengan hukum nasional, homoseksual juga tidak sesuai dengan HAM Pancasila

Ahad, 08/10/2017 16:33 0

Indonesia

Jenderal Gatot: Senjata Saja Dibuat Ribut

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan sudah melakukan komunikasi dengan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian terkait impor senjata.

Ahad, 08/10/2017 12:28 3

Close
CLOSE
CLOSE