... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Empat Tentaranya Tewas, “Petualangan” Militer AS di Afrika Berjalan Lamban

Foto: Pasukan AS di Niger.

KIBLAT.NET, Niger – Unit-unit pasukan khusus AS yang dikirim ke Niger sebetulnya bukan rahasia lagi, bahkan sejak sebelum ada pengumuman tewasnya 4 tentara Amerika pekan lalu akibat serangan ambush militan Islam di dekat perbatasan Mali. Kendati demikian, keterlibatan pasukan tersebut tidak diumumkan secara luas kepada publik.

Kembali ke tahun 2015, saat itu laporan tentang pengiriman pasukan militer AS ke Niger yang diklaim untuk misi “pelatihan” hampir tidak diketahui. Indikasi awalnya ketika mereka memperluas misi dan terlibat dalam berbagai patroli bersamaan dengan insiden pertama kematian tentara Amerika.

Biasanya kematian tentara Amerika di suatu wilayah menjadi penanda bahwa misi berjalan lamban, dan indikasi semacam ini bukan yang pertama kali. Awal tahun 2017, AS kembali kehilangan personil militernya yang tewas ketika melakukan patroli di Samalia yang mengingatkan mereka pada trauma “Blackhawk Down” lebih dari 20 tahun yang lalu.

Urutannya: anggota pasukan khusus yang sebelumnya membantu menyelundupkan senjata kemudian menjadi pelatih militer, para pelatih militer ini ditanam atau disusupkan ke satuan-satuan pasukan sekutu lokal, dan akhirnya pasukan elit AS ikut terlibat dalam berbagai operasi kombat di seluruh wilayah suatu negara.

Konskuensi siklus semacam ini tidak bisa dihindari ketika pusat komando AFRICOM dibentuk. Tidak jauh berbeda dengan CENTCOM yang didirikan pada tahun 1983, yang kemudian memuluskan jalan bagi perang AS di Timur Tengah selama berpuluh-puluh tahun. AFRICOM yang dibentuk pada tahun 2007 mulai menebar benih peperangan di seluruh Afrika. (Rud)

Sumber: Antiwar
Redaktur: Yasin Muslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Polisi Diminta Tak Ragu Berantas Prostitusi Gay

Bagus Riyono mengatakan bahwa polisi pasti akan mendapat kecaman dari kaum liberal karena membubarkan pesta gay di Harmoni, Jakarta Pusat.

Ahad, 08/10/2017 21:19 0

Indonesia

Undang-undang Dinilai Tak Tegas Sikapi Maraknya LGBT di Indonesia

Ketua Gerakan Indonesia Beradab (GIB) Bagus Riyono menegaskan bahwa saat ini undang-undang di Indonesia belum tegas menyikapi adanya LGBT.

Ahad, 08/10/2017 20:42 0

Indonesia

Kaum Liberal Jadi Penghambat Pemberantasan LGBT di Indonesia

Ketua Gerakan Indonesia Beradab (GIB), Bagus Riyono mengungkap cara untuk memberikan efek jera bagi pelaku Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT).

Ahad, 08/10/2017 20:12 0

Indonesia

Ngeri, GIB Sebut Bahaya LGBT Multidimensi dan Telah Jadi Gerakan Politik

Dengan bahaya multidimensi, LGBT telah jadi gerakan plitik hingga PBB pun terlibat

Ahad, 08/10/2017 19:37 0

Indonesia

Sebut Homoseks Sebagai Ancaman Bangsa, GIB Apresiasi Polisi Bubarkan Pesta Gay

Gerakan Indonesia Beradab (GIB) menyebut kelompok homoseksual merupakan ancaman bagi bangsa Indonesia

Ahad, 08/10/2017 18:49 0

Indonesia

Komisioner Komnas HAM Menduga Ada Impor Perilaku Homoseksual

Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) merupakan isu global, dan bukan tidak mungkin itu strategi global untuk merusak keadaban Indonesia

Ahad, 08/10/2017 18:02 0

Indonesia

Komnas HAM Desak Polisi Tuntaskan Kasus Prostitusi Gay di Harmoni

Tak hanya bertentangan dengan hukum nasional, homoseksual juga tidak sesuai dengan HAM Pancasila

Ahad, 08/10/2017 16:33 0

Indonesia

Jenderal Gatot: Senjata Saja Dibuat Ribut

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan sudah melakukan komunikasi dengan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian terkait impor senjata.

Ahad, 08/10/2017 12:28 3

Indonesia

Begini Pandangan Ketum Muhammadiyah tentang TNI

Haedar menjelaskan, Islam, TNI dan kedaulatan bangsa adalah satu napas serta satu jiwa. Kedaulatan bangsa tidak akan lepas dari umat Islam dan TNI. Tanpa TNI dan umat Islam, tidak akan tegak kedaulatan Bangsa Indonesia.

Ahad, 08/10/2017 10:51 0

Indonesia

Di Hadapan Warga Muhammadiyah, Panglima TNI Bicara Sosok KH. Ahmad Dahlan

Pengajian bulanan Muhammadiyah mengundang Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai salah satu pembicara. Di hadapan ratusan warga Muhammadiyah, Gatot menceritakan perihal kemerdekaan Indonesia karena umat Islam.

Ahad, 08/10/2017 10:20 0

Close