... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Begini Alasan Turki Masuk Idlib

Foto: Militer Turki di Suriah.

KIBLAT.NET, Ankara – Menteri Luar Negeri Turki mengatakan pada hari Sabtu malam (07/10/2017) bahwa negaranya bertujuan untuk mencegah konflik di bagian barat laut Suriah, yaitu Idlib. “Tema tentang Idlib adalah, kami sudah mencapai kesepakatan di Astana. Mengapa? Kami ingin mencegah konflik di area ini (Idlib). Inilah yang disebut dengan zona de-konflik,” kata Mevlut Cavusoglu kepada para wartawan di barat Afyonkarahisar.

Menurut Cavusoglu, Astana merupakan platform untuk memperkuat langkah-langkah membangun kepercayaan diri, serta untuk mengakhiri konflik. “Tetapi sekarang, tujuan kami adalah menghidupkan kembali proses perundingan Jenewa,” imbuhnya.

Pada hari Sabtu, militer Turki dikerahkan terutama dari satuan-satuan komando lengkap dengan sistem persenjataan mereka sebagai bagian dari pasukan bantuan di provinsi Idlib, barat laut Suriah, di sepanjang perbatasan Turki dengan Suriah. Sejumlah elemen pasukan militer Turki yang juga disebut TSK akan ditempatkan di sepanjang perbatasan di zona de-konflik untuk mengurangi ketegangan di Idlib.

Sebelumnya, selama berlangsung pertemuan dan negosiasi pada tanggal 4 Mei lalu di ibukota Kazakhstan, negara-negara penjamin seperti Rusia, Turki, dan Iran menandatangani kesepakatan untuk menciptakan zona de-eskalasi di Suriah. Tiga negara penjamin, termasuk delegasi perwakilan rezim Assad di Damaskus, dan juga sejumlah faksi oposisi, bertemu di Astana pada bulan September lalu dalam sebuah pembicaraan enam putaran yang berupaya untuk mengakhiri konflik yang sudah berjalan selama 6 tahun itu.

BACA JUGA  Gli, Kucing Penghuni Hagia Sophia Jatuh Sakit

Gencatan senjata bulan Desember yang diprakarsai oleh tiga negara penjamin mendorong diselenggarakannya serangkaian perundingan di Astana. Negosiasi di Astana ini digelar bersamaan dengan diskusi di Jenewa yang disponsori PBB. Pertemuan di Astana dan Jenewa bertujuan untuk mencari “solusi politik” bagi konflik yang sudah berjalan enam tahun itu.

Di samping itu, Cavusoglu mengaku telah melakukan dialog dengan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson soal isu di Iraq utara, Suriah, Idlib, termasuk persoalan-persoalan di level konsulat kedua negara melalui telepon. “Kami berdiskusi dengan Rex Tillerson mengenahi berbagai topik sekali dalam sepuluh hari. Dialog kami sangat baik,” kata Cavusoglu. Ia menambahkan juga telah berbicara dengan Menlu Iran pada hari yang sama.

Perang sipil di Suriah pecah sejak 2011 ketika rezim Nushairiyah di bawah Bashar Assad dengan brutal membubarkan protes warga yang menuntut kebebasan. Aparat dan para pendukung Assad melakukan kekerasan terhadap warganya sendiri dengan cara di luar batas kemanusiaan. Menurut data PBB, ratusan ribu orang tewas akibat konflik tersebut.

Sumber: World Bulletin
Redaktur: Yasin Muslim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Lumbung Desa Cigalontang Mantapkan Langkah Jadi Desa Wisata

Kunjungan 114 pelajar SMA IT Insantama ke Lumbung Desa Sinergi Foundation (LD-SF) di Kampung Cibaeud Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Tasikmalaya semakin memantapkan langkah Sinergi Foundation untuk menjadikan LD Cigalontang sebagai desa wisata.

Senin, 09/10/2017 17:02 0

Analisis

Membaca Langkah Turki di Suriah

Membaca langkah kebijakan yang diambil Turki di Suriah sebenarnya tidak rumit. Kita hanya perlu membaca rentetan kejadian-kejadian politik yang terjadi sebelumnya.

Senin, 09/10/2017 16:32 6

Indonesia

Observasi Masyarakat Desa, SMA IT Insantama Kunjungi Lumbung Desa Cigalontang

Para pelajar dari SMA IT Insantama Bogor mengadakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Menengah (LKMM) di daerah terpadu Lumbung Desa Sinergi Foundation, kampung Cibaeud desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya.

Senin, 09/10/2017 11:07 0

Indonesia

Polisi Diminta Tak Ragu Berantas Prostitusi Gay

Bagus Riyono mengatakan bahwa polisi pasti akan mendapat kecaman dari kaum liberal karena membubarkan pesta gay di Harmoni, Jakarta Pusat.

Ahad, 08/10/2017 21:19 0

Indonesia

Undang-undang Dinilai Tak Tegas Sikapi Maraknya LGBT di Indonesia

Ketua Gerakan Indonesia Beradab (GIB) Bagus Riyono menegaskan bahwa saat ini undang-undang di Indonesia belum tegas menyikapi adanya LGBT.

Ahad, 08/10/2017 20:42 0

Indonesia

Kaum Liberal Jadi Penghambat Pemberantasan LGBT di Indonesia

Ketua Gerakan Indonesia Beradab (GIB), Bagus Riyono mengungkap cara untuk memberikan efek jera bagi pelaku Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT).

Ahad, 08/10/2017 20:12 0

Indonesia

Ngeri, GIB Sebut Bahaya LGBT Multidimensi dan Telah Jadi Gerakan Politik

Dengan bahaya multidimensi, LGBT telah jadi gerakan plitik hingga PBB pun terlibat

Ahad, 08/10/2017 19:37 0

Indonesia

Sebut Homoseks Sebagai Ancaman Bangsa, GIB Apresiasi Polisi Bubarkan Pesta Gay

Gerakan Indonesia Beradab (GIB) menyebut kelompok homoseksual merupakan ancaman bagi bangsa Indonesia

Ahad, 08/10/2017 18:49 0

Indonesia

Komisioner Komnas HAM Menduga Ada Impor Perilaku Homoseksual

Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) merupakan isu global, dan bukan tidak mungkin itu strategi global untuk merusak keadaban Indonesia

Ahad, 08/10/2017 18:02 0

Indonesia

Komnas HAM Desak Polisi Tuntaskan Kasus Prostitusi Gay di Harmoni

Tak hanya bertentangan dengan hukum nasional, homoseksual juga tidak sesuai dengan HAM Pancasila

Ahad, 08/10/2017 16:33 0

Close
CLOSE
CLOSE